Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan UmumHindari Konsumsi Ini Saat Makan Malam agar Bisa Tidur Nyenyak
Kesehatan Umum

Hindari Konsumsi Ini Saat Makan Malam agar Bisa Tidur Nyenyak

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 27 Mei 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda ingin tidur nyenyak? Hindari konsumsi makanan dan minuman ini menjelang tidur, yah!

Hindari Konsumsi Ini Saat Makan Malam agar Bisa Tidur Nyenyak

Tidur malam hari merupakan waktu istirahat yang utama. Tidur nyenyak pada malam hari sangat diperlukan tubuh untuk menjadikan diri Anda lebih segar dan siap menjalani aktivitas keesokan harinya.

Namun, jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari, mungkin ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus Anda hindari karena justru akan memberikan efek tidak nyaman pada tubuh saat akan tidur.

Makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum tidur

Apa saja makanan yang lebih baik dihindari untuk tidur malam yang nyenyak? Simak di bawah ini:

1. Kopi 

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling disukai masyarakat luas. Jika dulu kopi identik dengan minuman untuk orang tua, kini kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda. Banyaknya kedai kopi yang dapat dipilih juga menjadikan minuman ini mudah didapat.

Tapi jangan sampai Anda minum kopi dalam jumlah yang terlalu banyak, yah, karena kandungan kafeinnya berpotensi menggangu tidur Anda. Terlalu banyak kopi dapat menyebabkan insomnia, atau kesulitan untuk tidur. Setiap kopi mengandung kafein dalam jumlah tertentu. Kafein inilah yang memiliki efek stimulan dan dapat menyebabkan sulit tidur.

Kafein bekerja dengan menghambat kerja reseptor adenosine dalam tubuh. Adenosine adalah senyawa yang bertanggung jawab dalam pengaturan siklus tidur manusia. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak atau beberapa jam sebelum tidur, dapat membuat Anda sulit untuk tidur dengan nyenyak.

2. Alkohol 

Banyak yang berpikir bahwa konsumsi alkohol dapat membantu seseorang menjadi lebih mudah tidur. Namun, penggunaan alkohol sebenarnya justu menyebabkan seseorang lebih sulit untuk mencapai tidur nyenyak pada fase dalam, juga dikenal sebagai tidur REM?

Tanpa tidur nyenyak, pikiran dan tubuh kita tidak dapat melakukan pekerjaan pada hari berikutnya. Jika Anda minum alkohol sebelum tidur, Anda bisa saja bangun dengan rasa kantuk dan kepala yang terasa pusing. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak minum alkohol jika Anda ingin memiliki tidur malam yang nyenyak.

3. Daging merah

Daging merah memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna dengan baik. Makan daging merah larut malam dapat menyebabkan keluhan pada pencernaan, seperti perut terasa begah, mual dan membuat Anda menjadi sulit untuk tidur.

Jika Anda lapar pada malam hari, Anda dapat memilih sumber makanan lain yang lebih sehat seperti irisan buah segar dengan yoghurt, yang baik untuk kesehatan dan kaya akan serat.

4. Makanan berlemak

Jika Anda adalah penderita gangguan asam lambung GERD (gastroesophageal reflux disease), makanan berlemak dapat merenggangkan sfingter esofagus Anda. Hal ini akan memudahkan asam lambung untuk naik ke kerongkongan saat Anda tidur.

Selain itu, asam lambung yang naik tersebut pun akan menyebabkan keluhan seperti terbakar pada daerah ulu hati. Rasa nyeri tersebut tentu akan menyebabkan Anda sulit untuk tidur nyenyak.

5. Makanan pedas dan asam

Layaknya makanan berlemak, makanan pedas dan asam dapat memperburuk gejala asam lambung pada penderita GERD.

Jika Anda makan makanan pedas dan asam menjelang tidur malam hari, maka keluhan nyeri ulu hati juga akan muncul. Oleh sebab itu, hindarilah makanan pedas dan asam, khususnya jika Anda adalah penderita gastritis atau ulkus lambung.

Kini Anda sudah mengetahui apa saja makanan yang patut dihindari untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari. Jadi, jangan sampai tidur Anda terganggu karena salah makan lagi, ya!

[MS/ RVS]

Tidur NyenyaktidurAsam Lambungnyeri ulu hatiGERD

Konsultasi Dokter Terkait