Sukses

Tips Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Berat badan naik secara signifikan hingga menimbulkan stretch mark? Jangan khawatir, ini dia tips menghilangkan stretch mark secara alami.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami oleh wanita yang naik berat badannya secara drastis atau setelah melahirkan adalah munculnya guratan stretch mark. Kemunculannya ini bisa bikin frustasi hingga kurang percaya diri. Tak perlu risau, simak tips menghilangkan stretch mark secara alami di sini.

Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, stretch mark terbentuk akibat peregangan kulit yang berlebihan. Awalnya, gangguan kulit ini berwarna kemerahan atau keunguan, kemudian akan menjadi tampak licin dan berubah menjadi keabu-abuan atau putih.

Stretch mark memang tidak berbahaya, tetapi kemunculannya bisa mengganggu penampilan. Tak ayal banyak wanita yang rela melakukan berbagai perawatan, baik ke klinik kecantikan maupun secara alami.

Bagi Anda yang lebih suka menghilangkan stretch mark secara alami, ikuti tips ini.

1. Pemijatan dengan minyak kelapa

Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk memijat stretch mark sehabis mandi. Minyak kelapa diserap dengan cepat oleh kulit dan dapat mengeliminasi sel kulit mati. Dikatakan oleh dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, bahan alami ini mengandung vitamin E dan asam lemak yang baik untuk kesehatan kulit.

2. Pemijatan dengan minyak zaitun

Sama seperti minyak kelapa, minyak zaitun juga mengandung vitamin E. Minyak ini juga mengandung antioksidan dan komponen lain yang dapat membantu proses penghilangan stretch mark.

Peregangan kulit stretch mark terkadang dapat menimbulkan sensasi gatal. Nah, ketika Anda mengoleskan minyak zaitun ke kulit, rasa gatal itu akan berkurang. Setelah melakukan pijatan, biarkan selama beberapa saat hingga minyak terserap sempurna ke dalam kulit.

3. Pemijatan dengan lidah buaya

Lidah buaya memiliki bagian dalam yang bersifat menenangkan dan menyembuhkan. “Ini karena bagian tersebut mengandung enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan,” ujar dr. Adeline.

Anda bisa memotong lidah buaya, lalu pisahkan bagian dalam yang berbentuk seperti gel. Setelahnya, oleskan gel tersebut ke area stretch mark dan lakukan pijatan secara perlahan. Diamkan selama beberapa saat agar gel lidah buaya yang tadi dioleskan terserap sempurna.

4. Kontrol berat badan dengan menjaga pola makan dan olahraga

Semakin tidak stabil berat badan Anda (cepat gemuk tapi cepat kurus dan begitu seterusnya), semakin besar kemungkinan stretch mark terbentuk. Itulah kenapa Anda disarankan untuk mengontrol berat badan dengan cara menjaga pola makan dan olahraga secara teratur.

5. Jangan biarkan kulit Anda kering

Stretch mark biasanya akan sulit timbul di kulit yang kelembapannya terjaga. Jadi, agar kulit terhidrasi dengan baik, perbanyak minum air putih dan jangan pernah lupa mengoleskan pelembap.

6. Jangan kebanyakan konsumsi kafein

Dokter Anita menyarankan Anda untuk mengurangi, bahkan kalau bisa menghindari kafein karena dapat meningkatkan risiko terciptanya stretch mark. Coba ganti kebiasaan mengonsumsi kafein, dan beralihlah ke makanan yang kaya kandungan zink, seperti ikan dan kacang-kacangan, serta makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E.

Perlu diketahui bahwa stretch mark sebetulnya tak bisa dihilangkan secara instan, apalagi hanya mengandalkan bahan alami. Namun, warnanya bisa disamarkan. Seiring berjalannya waktu, tips yang disebutkan di atas tadi akan membuat kulit yang mengalami stretch mark menjadi lebih halus dan lentur. Selain itu, secara bertahap guratan akan berubah menjadi garis yang makin halus mendekati warna kulit. Lamanya bisa bervariasi pada tiap wanita, karena terdapat faktor genetik yang berperan.

Itulah beberapa tips menghilangkan stretch mark secara alami yang bisa Anda jadikan referensi. Namun satu hal yang lebih penting, Anda juga harus berusaha mencintai tubuh sendiri apa adanya, dengan atau tanpa stretch mark.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar