Diet dan Nutrisi

Minyak Lintah, Benarkah Ada Manfaatnya untuk Kesehatan?

dr. Valda Garcia, 31 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minyak lintah mungkin dipercaya bisa memperbesar penis. Tapi, benarkah minyak ini memiliki manfaat lain bagi kesehatan?

Minyak Lintah, Benarkah Ada Manfaatnya untuk Kesehatan?

Jika Anda mencari manfaat minyak lintah di Internet, mungkin yang banyak muncul adalah khasiatnya untuk memperbesar penis atau memberikan solusi bagi masalah seksual yang dialami pria. Tapi benarkah minyak lintah bisa berguna untuk alat vital pria?

Lintah sendiri adalah binatang yang mirip dengan cacing dan hidup di daerah perairan atau area yang lembap. Jika lintah menempel di tubuh, biasanya akan mengisap darah.

Mayoritas lintah memang hidup di lingkungan air tawar. Namun, beberapa spesies lintah dapat ditemukan di lingkungan darat maupun laut. Salah satu jenis yang paling terkenal adalah lintah obat, Hirudo medicinalis.

Jenis lintah ini melekatkan diri pada inang kemudian mengisap darah, setelah terlebih dahulu mengeluarkan peptida hirudin untuk mencegah pembekuan darah.

Banyak orang melakukan terapi lintah untuk menyedot darah kotor di dalam tubuhnya. Tak mengherankan, mengingat lintah sendiri telah digunakan dalam pengobatan dari zaman kuno hingga abad ke-19 untuk mengambil darah dari pasien.

Mitos Manfaat Minyak Lintah untuk Penis

Minyak lintah selama ini lebih dikenal dengan khasiatnya untuk memperbesar penis. Sebab, banyak pria yang merasa tidak puas dengan ukuran penis yang dimilikinya, dan pada akhirnya memilih untuk menggunakan minyak lintah sebagai salah satu cara pengobatan.

Dari beberapa sumber, minyak ini terbuat dari ekstrak lemak lintah. Cairan inilah yang kemudian banyak digunakan untuk pengobatan atau obat tradisional.

Artikel Lainnya: Mengungkap Bahaya di Balik Produk Pembesar Penis

Namun, bagaimana sebenarnya manfaat minyak lintah dari kacamata medis? Sampai saat ini, belum ada penelitian terkait khasiat minyak lintah untuk kesehatan.

Alasan minyak lintah belum bisa dibilang memiliki manfaat kesehatan, karena segala sesuatu yang dianggap bisa bermanfaat bagi kesehatan harus melalui penelitian medis, harus diterima secara umum terlebih dahulu oleh para ahli.

Meski demikian, penggunaan minyak lintah bisa juga dikategorikan sebagai pengobatan alternatif di daerah tertentu.

Namun lagi-lagi dari kacamata medis, efektivitasnya belum bisa dibuktikan. Apalagi untuk memperbesar penis.

Selain itu, sebenarnya sampai saat ini tidak ada cara lain untuk memperbesar penis selain dengan tindakan operasi.

Efek Samping Minyak Lintah pada Penis

Minyak lintah belum terbukti bermanfaat secara ilmiah. Sebaliknya, ada berbagai efek minyak lintah yang sebaiknya diwaspadai:

1. Reaksi Alergi

Untuk Anda yang memiliki riwayat alergi yang cukup berat, sebaiknya perhatikan risiko terjadinya reaksi alergi sebelum menggunakan minyak lintah.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Kesehatan Anda

2. Risiko Iritasi

Selain itu, perhatikan juga kemungkinan terjadinya iritasi pada permukaan kulit.

3. Risiko Infeksi

Hingga saat ini, sebagian besar minyak lintah yang beredar di pasaran belum memiliki izin BPOM. Maka dari itu, bila Anda tertarik menggunakan minyak ini, sebaiknya Anda berhati-hati.

Perhatikan apakah minyak tersebut aman untuk digunakan dan apakah proses pembuatannya sudah cukup higienis.

Jika Anda tidak mewaspadainya, maka risiko terjadinya infeksi dari penggunaan minyak lintah bisa meningkat.

Kini Anda sudah mengetahui bahwa minyak lintah yang dijual bebas belum diketahui manfaatnya secara medis, termasuk untuk memperbesar penis. Namun, semuanya tergantung Anda, apakah tetap mempercayai khasiat tersebut atau tidak.

Bila tidak ingin mengalami efek samping minyak lintah untuk alat vital, konsultasikan dengan dokter sebelum penggunaan.

Anda dapat berkonsultasi secara daring kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

PenisMinyak Lintah

Konsultasi Dokter Terkait