Sukses

Buka Puasa dengan Air Kelapa, Ini Manfaatnya

Tertarik mencari minuman segar untuk buka puasa? Air kelapa yang kaya manfaat bisa Anda jadikan pilihan utama!

Klikdokter.com, Jakarta Momen buka puasa rasanya tidak lengkap tanpa ditemani segelas minuman segar. Tegukan pertama yang melepaskan dahaga seakan membayar lunas upaya menahan haus dan lapar demi menjalankan perintah agama. Berbagai pilihan minuman segar tersedia, sampai terkadang membuat bingung untuk memilihnya. Namun, salah satu yang patut dicoba adalah air kelapa.

Kelapa (Cocos nucifera L) memiliki kandungan air yang bermanfaat bagi kesehatan. Seluruh manfaat ini bisa Anda rasakan dengan menjadikannya sebagai minuman untuk buka puasa.

Manfaat air kelapa untuk buka puasa

Tidak sulit untuk memperoleh air kelapa segar di Indonesia. Semakin segar air kelapa yang diperoleh, semakin banyak manfaat yang bisa Anda peroleh.

Air kelapa memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, gula alami yang terkandung pada air kelapa juga lebih baik dibandingkan gula atau pemanis buatan pada minuman kemasan.

Keistimewaan air kelapa juga terletak pada kandungan kaliumnya yang tinggi. Inilah yang membuat air kelapa sangat sesuai untuk dijadikan sebagai santapan awal untuk berbuka puasa.

Kalium yang terkandung dalam air kelapa sebanding dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini sangat bermanfaat, mengingat tubuh berisiko mengalami kekurangan pasokan konsumsi buah dan sayur selama berpuasa.

Selain yang telah disebutkan, manfaat lain dari buka puasa dengan air kelapa adalah:

  1. Mengembalikan cairan tubuh dengan cepat

Penting sekali untuk mengonsumsi cairan yang bisa menggantikan cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa. Dengan menggantinya secara tepat, tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, misalnya kulit kering, badan lemas, serta keluhan tekanan darah rendah. Air kelapa sama baiknya dengan air putih dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama puasa.

  1. Mengembalikan energi lebih baik

Air kelapa terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah dengan lebih baik karena kandungan gula alami di dalamnya. Dengan kembalinya kadar gula darah ke rentang optimal, tubuh Anda akan terasa lebih berenergi. Hal ini akan membuat Anda mampu untuk melakukan ibadah Ramadan dengan tubuh lebih sehat.

  1. Bebas lemak dan kolesterol

Berbeda dengan santan (coconut milk), air kelapa bebas dari kandungan lemak dan kolesterol. Karena itu, bagi Anda yang sedang menjalani pola makan rendah lemak, air kelapa dapat dijadikan sebagai salah satu menu yang dikonsumsi secara rutin.

  1. Obat tradisional

Dalam sebuah tulisan yang dipublikasikan di jurnal kesehatan oleh Prades, air kelapa ternyata memiliki peran yang sangat luas di berbagai negara. Bahkan, air kelapa bukan hanya bisa diminum, namun juga bisa bermanfaat sebagai pengobatan tradisional.

  1. Isotonik alami

Air kelapa disebut sebagai minuman isotonik alami berkat kandungan air dan mineral di dalamnya. Namun jangan samakan air kelapa dengan minuman khusus olahraga, karena keduanya memiliki kandungan dan peran yang benar-benar berbeda.

Minuman olahraga dikenal memiliki kandungan gula dan sodium yang cukup tinggi. Di sisi lain, air kelapa mengandung gula dan sodium yang lebih sedikit.

Pada saat tubuh berkeringat, banyak sodium yang akan hilang. Sementara itu, air kelapa tidak mengandung sodium dalam jumlah yang cukup banyak untuk mengganti kehilangan sodium tubuh ketika berolahraga. Jadi, bila Anda berpuasa sambil berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat, air kelapa mungkin bukan pilihan yang cocok.

Setelah tahu bahwa air kelapa bisa membawa segudang manfaat tersebut, sudah pasti Anda tertarik untuk menjadikannya sebagai menu buka puasa hari ini.  Namun demikian tetap ingat untuk membatasi porsinya agar tidak berlebihan.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar