HomeGaya hidupSehat dan BugarLakukan Hal-Hal Ini Sebelum Olahraga
Sehat dan Bugar

Lakukan Hal-Hal Ini Sebelum Olahraga

dr. Valda Garcia, 26 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sederet hal ini wajib Anda lakukan sebelum berolahraga, agar manfaat aktivitas fisik ini semakin optimal Anda rasakan.

Lakukan Hal-Hal Ini Sebelum Olahraga

 

Rutin olahraga dapat menjaga massa otot dan kekuatan tulang. Hal tersebut sangat penting untuk bekal masa tua, sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya penurunan massa otot dan tulang.

Meski begitu, aktivitas fisik seperti olahraga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebelum berolahraga, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar terhindar dari cedera.

Dengan memperhatikan hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum olahraga, Anda pun akan mendapatkan manfaat aktivitas ini secara lebih optimal.

Nah, sebelum melakukan olahraga, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut:

1. Pemanasan

Ingatlah untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Bahkan jika Anda hanya berolahraga selama 10 menit, pemanasan tetap wajib. 

Pemanasan membantu meningkatkan suhu tubuh sebelum olahraga. Selain itu, aktivitas ini juga berguna untuk membantu mempersiapkan kondisi tubuh Anda.

Pemanasan juga membantu Anda mengurangi kemungkinan cedera saat berolahraga. Meningkatkan rentang gerak dapat membantu Anda memaksimalkan olahraga, karena akan ada banyak otot yang terlibat selama latihan.

2. Tidur yang Cukup

Istirahat yang baik tidak hanya memberi Anda energi, tapi juga membuat hormon lapar Anda terkendali.

Tak hanya sebelum, tidur nyenyak dan cukup juga sangat penting setelah berolahraga. Saat itulah otot Anda benar-benar pulih.

3. Minum Air Putih

Hal lainnya yang perlu dilakukan sebelum olahraga adalah konsumsi air putih. Dengan tetap terhidrasi, Anda akan lebih berenergi.

Pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya. Sementara, wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter atau 7 gelas setiap harinya. Namun, itu semua tergantung dengan kebutuhan dan aktivitas setiap orang.

4. Makan

Sebenarnya Anda tidak perlu memaksakan diri untuk makan sebelum berolahraga. Akan tetapi, jangan abaikan jika merasa tubuh Anda membutuhkan “bahan bakar”.

Jika tidak ada makanan di perut, tidak ada energi yang bisa dikeluarkan. Disarankan untuk mengonsumsi semangkuk oatmeal sebelum pergi berolahraga.

Artikel Lainnya: Camilan Terbaik untuk Pemulihan Tubuh Setelah Olahraga

5. Gunakan Pakaian dan Sepatu Olahraga yang Sesuai

Bergerak, melompat, berlari, dan meregangkan tubuh bukan cuma soal teknik dan kemampuan. Anda juga perlu perlengkapan yang sesuai untuk mendukung aktivitas itu.

Misalnya, menggunakan bra olahraga akan membuat Anda lebih nyaman bergerak ketimbang bra biasa. Atau kaki Anda akan terasa lebih ringan ketika mengenakan running shoes di trek berlari.

Mengenakan pakaian olahraga yang tepat akan membantu Anda merasa lebih nyaman, memiliki daya tahan yang lebih baik, dan membuat latihan lebih menyenangkan.

6. Menyiapkan Lagu

Pilihan lagu ketika berolahraga dapat membantu Anda untuk lebih bersemangat dalam berolahraga. Selain itu, tempo lagu juga dapat membantu Anda dalam membuat ritme olahraga.

7. Siapkan Handuk Kecil

Sebelum berolahraga, jangan lupa untuk menyiapkan handuk kecil untuk mengeringkan keringat Anda. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari risiko iritasi pada kulit dan infeksi jamur.

8. Siapkan Pakaian Ganti

Jika Anda tergolong orang yang mudah berkeringat atau mengeluarkan keringat berlebih ketika berolahraga, sangat penting untuk menyiapkan pakaian ganti.

Ketika pakaian yang sudah basah dibiarkan dalam waktu cukup lama, keluhan gatal pada kulit yang sering disebabkan oleh infeksi jamur dapat muncul.

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan sebelum berolahraga. Jadi, mulai sekarang jangan lupa pemanasan, minum air putih, hingga menyiapkan pakaian ganti sebelum Anda berolahraga. 

Punya pertanyaan seputar olahraga atau panduan gaya hidup sehat? Gunakan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi langsung kepada dokter.

[WA]

Olaharaga

Konsultasi Dokter Terkait