Sukses

Pilihan Makanan Sehat untuk Sahur Pertama Saat Puasa Ramadan

Puasa Ramadan segera tiba. Sudahkah Anda memilih menu makanan sehat untuk sahur pertama di bulan suci?

Klikdokter.com, Jakarta Bulan suci Ramadan tahun 2019 diperkirakan akan dimulai pada hari Senin (6/5). Bagi umat Muslim, Anda sebaiknya mempersiapkan diri dari sekarang. Karena saat puasa Ramadan tiba, Anda diwajibkan untuk menahan haus dan lapar selama kurang lebih 13 jam lamanya, sejak usai waktu sahur hingga tiba waktu berbuka puasa.

Pada awalnya, Anda mungkin akan menemukan beragam rintangan karena harus menahan haus dan lapar seharian. Nah, sebagai siasat agar Anda tak begitu kewalahan menghadapi hari pertama puasa, mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur adalah kuncinya.

Ingin tahu apa saja makanan sahur yang dapat membantu Anda menghadapi puasa hari pertama? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Oat

Merupakan makanan berbasis gandum utuh yang dapat dibuat dalam bentuk bubur, oat mengandung dan menyediakan cairan yang juga Anda butuhkan untuk menunjang aktivitas puasa. Selain itu, oats juga tersedia dalam bentuk muesli yang dapat dikonsumsi dengan susu maupun yoghurt.

Anda dapat bereksperimen dengan buah segar maupun kering, kacang maupun biji-bijian sebagai taburan di atas oat yang Anda konsumsi saat sahur.

2. Serealia kaya serat

Ingin makanan yang tidak terlalu “berat” namun kaya gizi untuk menunjang segala aktivitas di hari pertama puasa? Cobalah serealia yang mengandung banyak serat. Makanan jenis ini umumnya juga diperkaya vitamin dan mineral, sehingga menyediakan gizi lebih.

Karena serealia dikonsumsi bersama susu, Anda juga mendapatkan cairan tambahan serta gizi yang terkandung di dalamnya seperti kalsium, iodine, serta beragam vitamin B.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Makanan padat

Nasi yang terbuat dari beras atau couscous dapat Anda jadikan pilihan menu di sahur pertama. Anda dapat membuat puding nasi yang dikombinasikan dengan buah, atau bereksperimen menggunakan couscous maupun gandum lainnya menggunakan produk turunan susu dan buah.

Hindari pemakaian garam berlebihan, karena akan membuat Anda merasa haus lebih cepat. Ini karena garam bersifat menarik cairan sehingga Anda akan sering berkemih.

4. Yoghurt

Yoghurt menjadi pilihan yang baik dikonsumsi pada sahur, karena menyediakan beragam gizi seperti protein, kalsium, iodine, dan vitamin B. Selain itu, yoghurt juga mengandung cairan yang Anda butuhkan untuk “bertahan” saat berpuasa. Yoghurt sangat baik untuk dikombinasikan dengan serealia atau potongan buah.

5. Roti

Roti yang terbuat dari gandum utuh menyediakan banyak serat, sehingga mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Hindari mengombinasikan roti dengan makanan yang besifat asin, seperti keju keras atau daging yang diawetkan. Akan lebih baik bila Anda mengombinasikannya dengan keju lunak atau pisang.

Mana yang jadi pilihan untuk Anda konsumsi saat sahur di hari pertama puasa? Tetap ingat untuk memperhatikan porsi agar tidak berlebihan. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk cukup minum air putih agar kondisi tubuh tetap terhidrasi. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan!

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar