Sukses

Tips Atasi Kram Usai Nonton Konser Musik

Usai menonton konser musik, pastinya anda bisa mengalami kram. Lalu bagaimana tips mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Konser musik seperti halnya konser Ed Sheeran Sabtu malam (3/5) lalu, sudah menjadi hiburan yang ditunggu-tunggu semua kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua. Antre dan berdiri berjam-jam sudah menjadi hal yang biasa dan wajar ketika menonton konser. Tak jarang Anda mengalami kram setelah konser selesai. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kram otot adalah kontraksi otot yang terjadi secara tiba-tiba dan biasanya sangat nyeri hingga tak tertahankan. Otot dapat menonjol dan tampak tegang, serta keras atau kencang ketika dipegang.

Tempat terjadinya kram

Kram bisa menyerang otot mana pun, terutama bagian yang terlalu lama berkontraksi. Bagi Anda yang suka menonton konser, kemungkinan kram timbul di daerah berikut ini:

  • Betis, akibat berdiri lama atau berjalan.
  • Daerah bahu dan leher, akibat kepala mendongak saat menonton konser.
  • Lengan dan tangan, akibat mengangkat tangan, mungkin saat merekam menggunakan telepon genggam.
  • Daerah pinggang, jika Anda menonton sambil duduk tanpa sandaran terlalu lama.
  • Daerah kaki selain betis juga bisa mengalami kram akibat terlalu lama dan jauh berjalan

Penyebab utama kram otot saat konser adalah kontraksi terus-menerus. Biasanya akibat menetap pada satu posisi selama jangka waktu yang cukup panjang atau akibat pergerakan yang berlebih.

Selain kontraksi terus-menerus, penyebab yang tersering kedua adalah dehidrasi. Selama konser, banyak orang lupa untuk mengonsumsi banyak air putih. Padahal tubuh sangat memerlukan asupan cairan yang cukup untuk menjalankan fungsinya.

Cara mengatasi kram

Untuk mengatasi kram otot, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Istirahat

Lelah dan pegal-pegal usai menonton konser dapat diatasi dengan istirahat. Hentikan segala aktivitas dan posisikan tubuh dalam posisi yang nyaman sehingga otot menjadi rileks.

  1. Pijat

Hampir semua orang menyukai pijat, Anda dapat melakukannya usai menonton konser untuk melemaskan otot-otot yang tegang.

  1. Berendam air hangat

Berendam di bath up dengan air hangat dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar, pori-pori terbuka, dan juga melemaskan otot yang tegang. Setelah berendam pun tidur akan lebih nyenyak, sehingga kram otot akan hilang ketika bangun tidur.

  1. Banyak minum air putih

Otot-otot akan kembali berfungsi dengan maksimal jika tubuh terhidrasi dengan baik. Air putih merupakan minuman yang paling baik untuk menghidrasi tubuh.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung protein

Protein akan membantu tubuh mengembalikan sel-sel yang rusak pada kram otot. Anda bisa mendapatkan protein dari ikan, daging merah, serta kacang-kacangan.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri

Jika kram menimbulkan nyeri yang tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.

  1. Krim pereda nyeri atau koyo

Anda dapat menggunakan koyo atau krim yang bersifat hangat dan mengandung zat-zat yang dapat mengurangi nyeri.

Kram otot memang hal yang wajar terjadi ketika menonton konser. Namun bukan berarti tidak dapat dicegah. Baca juga artikel ini untuk mengetahui 4 Tips Cegah Kaki Kram Saat Nonton Konser. Jika mengalami kram terus-menerus dan mengganggu aktivitas, segeralah berkonsultasi dengan dokter terdekat agar dapat ditangani dengan baik.

[MS/RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar