Sukses

Panjang Umur berkat Olahraga Golf

Golf tak hanya bermanfaat untuk menjalin relasi bisnis, tetapi juga untuk kesehatan. Salah satunya adalah bikin panjang umur!

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini, golf dikenal sebagai olahraga populer pebisnis atau politisi. Kenapa? Karena olahraga ini kerap dimanfaatkan untuk mendukung aksi melobi atau berkontribusi dalam perkembangan bisnis. Namun, nyatanya olahraga ini juga menawarkan manfaat sehat bagi tubuh. Salah satunya adalah kemampuannya untuk membuat pelakunya panjang umur!

Untuk Anda yang sedang mencari cara untuk tetap fit, sehat, sekaligus menambah usia, menurut sebuah penelitian terbaru, olahraga golf bisa Anda coba. Sebuah penelitian di Universitas Edinburgh di Skotlandia mengemukakan bahwa golf dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, pernapasan, dan metabolik.

Golf kendalikan penyakit kronis

Menurut Dr. Andrew Murray, pemimpin utama dari proyek penelitian di bidang golf dan kesehatan, aktivitas fisik tingkat sedang seperti yang dilakukan pada olahraga golf dapat meningkatkan angka harapan hidup. Beliau juga menambahkan bahwa olahraga yang satu ini dapat mencegah dan membantu mengendalikan lebih dari 40 penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker payudara, dan pada saluran cerna.

Golf sendiri dapat dilakukan oleh individu dari berbagai kelompok usia, dari anak-anak hingga lansia. Pada permainan golf 18-hole course yang standar, sebagian besar pemain akan berjalan sekitar 6 sampai 12 kilometer. Jarak tersebut bisa membakar setidaknya 500 kalori. Karenanya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan buggy saat berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya saat bermain golf.

Dilihat dari segi lokasi, golf menawarkan pemandangan hijau. Lingkungan seperti ini membuat Anda menjadi terpapar udara segar dan sinar matahari, yang dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D di dalam tubuh. Sementara itu, aktivitas menggerakan stik golf dapat membantu menunjang ketahanan dan keseimbangan tubuh, terutama pada populasi lansia.

Golf baik untuk kesehatan mental

Para pakar juga mengemukakan bahwa manfaat dari golf tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik saja. Golf dikatakan dapat membantu menurunkan risiko terjadinya ansietas, depresi, dan demensia, serta dapat meningkatkan taraf kesejahteraan dan rasa percaya diri dari seseorang.

Dari data yang ada, diperkirakan bahwa sekitar 55 juta orang, atau kurang dari satu persen populasi dunia, melakukan aktivitas olahraga golf. Seperti yang disebut sebelumnya, golf dapat dilakukan oleh individu dari kelompok usia anak sampai lanjut usia, sehingga cakupan pelakunya makin banyak.

Sebagai tambahan, saat ini juga terdapat banyak permainan golf yang dimodifikasi untuk menjadi lebih singkat, seperti six-hote golf dan speedgolf. Untuk kelompok usia anak-anak, permainan mini golf juga dapat menjadi salah satu pilihan aktivitas olahraga.

Persepsi bahwa golf merupakan olahraga yang dikhususkan untuk para politisi, direktur, atau CEO saja sudah mulai ditinggalkan. Menurut artikel yang dilansir dari CNN, ekitar 78 persen dari lapangan golf yang ada di dunia dapat diakses oleh masyarakat umum, tak cuma eksklusif untuk anggota. Bahkan, permainan mini golf sering kali merupakan pilihan untuk aktivitas olahraga bersama keluarga. Jadi, memang tak bisa dimungkiri bahwa olahraga yang satu ini makin populer.

Dari penjelasan di atas, golf merupakan salah satu aktivitas yang memiliki sederet manfaat kesehatan, termasuk menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah, saluran pernapasan, metabolisme tubuh, sehingga bisa bikin panjang umur. Selain itu, golf juga baik untuk kesehatan mental, terutama dalam meningkatkan rasa percaya diri dan kesejahteraan, serta menurunkan risiko terjadinya kecemasan, depresi, dan demensia. Dengan banyaknya manfaat tersebut, rasanya sangat sayang untuk melewatkan olahraga ini. Jika belum pernah mencoba, jangan khawatir, karena banyak instruktur yang dapat memandu Anda.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar