Sukses

Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat Sehat yang Tidak Anda Sangka

Punya hobi berkebun? Terus lakukan ya, karena berkebun punya segudang manfaat sehat bagi tubuh dan mental Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Saat hari libur seperti saat ini, beberapa dari Anda mungkin menyalurkan hobi berkebun yang sedikit tertunda akibat padatnya aktivitas di tengah minggu. Tidak sekadar hobi, ternyata berkebun juga dapat membawa manfaat pada kesehatan Anda.

Diungkapkan oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter, aktivitas berkebun memang memiliki sejumah manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk koordinasi dan kekuatan tangan.

“Kekuatan, fleksibilitas, dan koordinasi tangan merupakan hal yang penting saat beraktivitas sehari-hari, seperti menggendong anak, membuka toples, dan memotong cabai. Nah, berkebun merupakan kegiatan yang tepat untuk melatih keterampilan otot dan motorik halus tersebut,” ujar dr. Nitish.

Selain itu, apa lagi manfaat sehat berkebun? Cek daftarnya di bawah ini.

1. Menyehatkan jantung

Saat mencangkul, menanam, menyiram tanaman, Anda sekaligus membakar kalori dan menguatkan jantung. Menurut WebMD, kegiatan seperti berkebun mungkin sama baiknya dengan olahraga kardio dalam hal mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

2. Mengurangi stres

Sebuah penelitian di Belanda meminta dua kelompok orang untuk menyelesaikan tugas yang membuat stres. Kemudian, satu kelompok diberi tugas tambahan berkebun, sementara yang lainnya tidak.

Hasilnya, aktivitas berkebun selama 30 menit pada kelompok menghasilkan kadar kortisol yang lebih rendah. Kortisol adalah hormon yang terkait dengan stres. Jadi, ketika Anda punya hari yang sulit, lakukan berkebun sejenak untuk mengurangi kadar stres Anda.

3. Meningkatkan fungsi sistem daya tahan tubuh

Dijelaskan dr. Nitish, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Science, aktivitas berkebun dapat membantu menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh. Penyebabnya adalah terdapat bakteri baik di tanah.

“Jadi, seseorang yang suka berkebun akan lebih mudah melawan infeksi dan mencegah penyakit,” kata dr. Nitish.

4. Kotor bisa membuat bahagia

Sebuah studi menunjukkan bahwa berkebun dapat membuat Anda lebih bahagia. Menurut hasil studi tersebut, menghirup M. vaccae, bakteri sehat yang hidup di tanah, dapat meningkatkan kadar serotonin (hormon yang berperan mengendalikan emosi dan suasana hati) dan mengurangi kecemasan.

Anda mendapatkan M. vaccae hanya dengan berjalan-jalan di alam liar atau berjalan-jalan di taman. Aktivitas sederhana ini dapat menciptakan keadaan pikiran yang bahagia.

5. Meningkatkan paparan vitamin D

“Vitamin D berperan dalam meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh, yang menunjang kesehatan tulang dan sistem daya tahan tubuh,” ujar dr. Nitish.

Menurut The National Institute of Health, sebuah penelitian yang dilakukan di Italia pada tahun 2014 menemukan bahwa ekspos terhadap sinar matahari membantu individu lanjut usia mencapai target kadar vitamin D dalam darah.

Karena itulah, menurut dr. Nitish, aktivitas di luar ruangan seperti berkebun merupakan hal yang ideal untuk mendapatkan ekspos sinar matahari, sembari melakukan hobi yang digemari. “Akan tetapi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dan kacamata hitam untuk mata, ya,” dr. Nitish mengingatkan.

Jika Anda punya hobi berkebun, terus lakukan kegemaran Anda itu karena berkebun punya segudang manfaat sehat bagi tubuh dan mental Anda. Yang perlu diperhatikan, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir setelah memegang tanah, pupuk, atau apa pun usai berkebun. Ini perlu dilakukan agar bakteri jahat yang ada di kebun tidak berpindah ke dalam tubuh Anda.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar