Sukses

Cara Mudah Basmi Kutu Kasur di Rumah

Meski tidak berbahaya, kutu kasur tetap mengganggu karena dapat menyebabkan gatal pada kulit. Anda perlu mengetahui beberapa cara membasmi kutu kasur berikut ini.

Anda sekeluarga pernah mengalami gatal yang hampir bersamaan? Apakah terasa lebih gatal saat malam hari? Jika Anda menjawab “ya”, bisa jadi Anda sudah menjadi korban gigitan kutu kasur. Ketahuilah cara membasmi kutu kasur sebelum serangga tersebut menyebabkan reaksi alergi yang parah.

Faktanya, kutu kasur sangat sering bersarang di tempat tidur, sofa, ataupun perabotan rumah tangga lainnya. 

Karena ukurannya kecil, tak sedikit orang yang menyadari bahwa serangga tersebut hinggap di kulit dan menyebabkan gatal-gatal, bahkan alergi. Berikut beberapa cara membasmi kutu kasur yang bisa Anda terapkan:  

1 dari 5 halaman

1. Bersih-Bersih dengan Vacuum Cleaner

Membersihkan rumah dan perabotan dengan vacuum cleaner bisa menjadi cara mengatasi kutu kasur. 

Kutu kasur biasanya jarang ada di benda-benda yang terawat benar. Hewan tersebut sering berada di benda-benda yang kotor, lembap, dan jarang dibersihkan. Bentuknya yang kecil pun membuatnya sulit dibersihkan dengan cara disapu biasa.

Oleh sebab itu, gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkan sofa, karpet, dan kasur. Alat tersebut lebih memiliki kemampuan untuk menyedot kotoran yang tak kasat mata, sehingga kemungkinan kutu kasur untuk tersedot juga lebih tinggi. 

Artikel Lainnya: Penyakit Jiggers (Kutu Kecil) Bisa Mengakibatkan Kematian, Benarkah?

Terlebih, musim kemarau mendorong pertumbuhan kutu kasur semakin pesat. Oleh sebab itu, tingkatkan frekuensi bersih-bersih Anda di musim kemarau.

2. Cuci Bed Cover dengan Baik dan Benar

Anda sebaiknya rajin mengganti dan mencuci bed cover minimal sebulan sekali, sebagai cara membasmi kutu kasur. Sebab, kutu kasur tidak mudah terlihat dengan mata telanjang, jadi anggapan bahwa bed cover Anda masih bersih bisa saja keliru.

Sebaiknya mencuci bed cover menggunakan air panas, jangan air dingin. Air panas digunakan agar benar-benar bisa membunuh serangga tersebut. Lalu, cara menjemurnya bukan diangin-angin, tetapi di bawah sinar matahari langsung.

2 dari 5 halaman

3. Jangan Bongkar Koper di Atas Tempat Tidur

Jangan pernah membongkar koper bekas liburan Anda di atas tempat tidur. Hal ini karena kotoran dan kutu kasur yang bersarang di koper, yang mungkin terbawa dari tempat Anda berlibur, dapat berpindah ke kasur.

Lebih baik, bongkar koper Anda di lantai yang jauh dari kamar. Lakukan kegiatan ini di ruang keluarga, lalu langsung masukkan baju-baju kotor ke tempatnya atau mesin cuci. 

Andai kata si Kecil sempat membawa boneka ke tempat berlibur, sebaiknya dicuci terlebih dahulu menggunakan air panas dan detergen sebelum ia kembali menjadi teman tidur dan teman bermain anak Anda.

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan 5 Gigitan Serangga Ini

4. Sewa Jasa Pembersih Kutu Kasur

Menyewa jasa pembersih bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai cara membasmi kutu kasur. Jadi, bila Anda terlalu letih atau sibuk dengan hal lain, tak ada salahnya untuk menyewa jasa pembersih serangga atau kutu kasur. 

Lagi pula, petugas pembersih kutu kasur pasti memiliki peralatan yang lebih canggih, sehingga debu dan kotoran lain yang sulit terjamah dapat dibersihkan dengan lebih optimal.

3 dari 5 halaman

5. Manfaatkan Kapur Barus dan Gel Silika

Khawatir bahwa kutu kasur berasal dari lemari? Kalau begitu, gunakan saja kapur barus. Faktanya, penggunaan kapur barus dapat mencegah pertumbuhan serangga, seperti kutu kasur.

Bila Anda tak terlalu suka dengan aroma kapur barus, gunakanlah gel silika. Anda bisa menaburkan gel silika ke sudut-sudut lemari. Dengan begitu, kutu akan menempel dengan sendirinya pada gel tersebut, dan dapat dengan mudah dibersihkan nantinya.

6. Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari

Cara membasmi kutu kasur yang satu ini sudah diterapkan sejak dulu dan terbukti ampuh. Faktanya, kutu kasur tidak tahan terhadap suhu panas yang tinggi. 

Oleh karena itu, rajinlah menjemur kasur Anda di bawah sinar matahari sekitar satu jam. Jangan lupa untuk menjemur, bantal, guling, dan juga selimut.

 Artikel Lainnya: Lakukan Ini Kalau Mau Bebas Alergi Tungau

7. Campurkan Kapur Barus dengan Minyak Tanah 

Langkah selanjutnya yang dapat Anda gunakan sebagai cara membasmi kutu kasur adalah dengan mencampurkan kapur barus dan minyak tanah. 

Setelah dicampur, semprotkan ke seluruh tempat yang menjadi sarang kutu kasur, seperti kasur, sofa, karpet, dan sebagainya. Selain bahan yang mudah didapat, cara ini juga terbukti ampuh.

4 dari 5 halaman

8. Semprot Air Garam

Air garam juga banyak manfaatnya, salah satunya dapat membasmi kutu kasur. Tidak jauh berbeda dengan minyak dan kapur barus, larutkan garam ke dalam air. Lalu, semprotkan pada area yang terpapar kutu kasur secara merata. 

9. Semprot Cuka

Selain digunakan sebagai bahan masakan, cuka juga bisa menjadi cara membasmi kutu kasur, lho. Pindahkan cuka ke dalam wadah semprotan, lalu semprotkan ke kasur, sofa, atau karpet Anda. Berbeda dengan garam dan kapur barus, cuka tidak perlu ditambahkan air.

10. Gunakan Insektisida

Cara membasmi kutu kasur yang terakhir adalah dengan menggunakan cairan insektisida, yang sudah mulai gampang didapatkan dan banyak dijual di pasaran. 

Anda dapat memanfaatkan cairan insektisida, asalkan sesuai dengan petunjuk penggunaan. Yang terpenting, pilihlah cairan insektisida yang terbukti aman agar tidak mengganggu pernapasan. 

Itulah beberapa cara membasmi kutu kasur yang bisa Anda terapkan. Intinya adalah, Anda wajib rajin untuk membersihkan benda-benda di rumah, khususnya bed cover, kasur, sofa, karpet, dan lemari. 

Khusus untuk penggunaan bahan kimia, Anda mesti sangat berhati-hati bila memiliki anak yang masih sangat kecil. Jangan sampai benda tersebut tersentuh, apalagi tertelan olehnya. Sebab, bukannya kutu yang terbasmi, justru keselamatan si Kecil yang terancam. 

Jangan ketinggalan informasi menarik lain seputar kesehatan dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar