Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan Umum10 Cara Mudah Basmi Kutu Kasur di Rumah
Kesehatan Umum

10 Cara Mudah Basmi Kutu Kasur di Rumah

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 21 Jul 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski tidak berbahaya, kutu kasur tetap mengganggu karena dapat menyebabkan gatal pada kulit. Kamu perlu mengetahui beberapa cara membasmi kutu kasur berikut ini.

10 Cara Mudah Basmi Kutu Kasur di Rumah

Apakah kamu pernah mengalami gatal di malam hari? Apakah rasa gatal juga dirasakan oleh pasangan ataupun anak yang tidur seranjang?

Jika iya, bisa jadi keluarga kamu baru saja digigit kutu kasur alias tungau. Kutu kasur sangat sering bersarang di tempat tidur, sofa, ataupun perabotan rumah tangga lainnya. 

Karena ukurannya kecil, banyak yang tidak menyadari bahwa serangga ini hinggap di kulit dan menyebabkan gatal hingga alergi. 

Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus memahami cara membasmi kutu kasur yang benar, di antaranya:

1. Bersih-Bersih dengan Vacuum Cleaner

Cara mengatasi kutu kasur bisa dilakukan dengan membersihkan rumah dan perabotan menggunakan vacuum cleaner. Soalnya, kutu kasur biasanya jarang menghinggapi benda yang dibersihkan dan dirawat. 

Serangga ini sering berada di benda-benda yang kotor, lembap, dan jarang dibersihkan. 

Karena memiliki ukuran tubuh yang kecil, tungau sulit dibersihkan menggunakan sapu biasa. 

Oleh sebab itu, gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkan sofa, karpet, dan kasur. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk menyedot kotoran yang tak kasat mata sehingga kemungkinan kutu kasur tersedot juga lebih besar. 

Artikel Lainnya: Cara Menjaga Kebersihan Kasur untuk Cegah Penyakit

2. Cuci Bed Cover dengan Baik dan Benar

Kamu sebaiknya rajin mengganti dan mencuci bed cover minimal sebulan sekali. Cara ini efektif mengatasi tungau yang sulit terlihat dengan mata telanjang. 

Jangan cuci bed cover menggunakan air dingin, ya! Sebaiknya, kamu mencuci bed cover menggunakan air panas. Soalnya, air panas bisa membunuh kutu kasur. 

Lalu, jemur bed cover di bawah sinar matahari langsung, bukan sekadar diangin-angin.

3. Jangan Bongkar Koper di Atas Tempat Tidur

Jangan pernah membongkar koper bekas liburan kamu di atas tempat tidur. Soalnya, ada kemungkinan kotoran dan kutu kasur dari tempat liburan hinggap di koper.

Nah, tungau dari koper dikhawatirkan bisa berpindah ke kasur. Karena itu, bongkar koper kamu di lantai yang jauh dari kamar, misalnya di ruang keluarga.

Setelah dibongkar, langsung masukkan baju-baju kotor kamu ke wadah baju kotor atau mesin cuci. 

Selain baju, benda lain yang perlu dibersihkan usai liburan adalah mainan dan boneka anak. Sebaiknya, cuci mainan dan boneka menggunakan air panas dan detergen sebelum kembali digunakan si kecil.

4. Sewa Jasa Pembersih Kutu Kasur

Cara menghilangkan tungau juga bisa dilakukan dengan menyewa jasa pembersih serangga. Terutama, jika kamu merasa lelah atau terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk bersih-bersih. 

Petugas pembersih serangga memiliki peralatan canggih yang bisa membersihkan debu, kotoran, maupun kutu kasur yang sulit terjamah secara lebih optimal.

5. Manfaatkan Kapur Barus dan Gel Silika

Apakah kamu khawatir kutu kasur berasal dari lemari? Jika ya, gunakan saja kapur barus. Manfaat kapur barus bisa mencegah pertumbuhan serangga, seperti kutu kasur.

Bila kamu tak terlalu suka dengan aroma kapur barus, gunakanlah gel silika. Kamu bisa menaburkan gel silika ke sudut-sudut lemari. 

Kutu akan menempel dengan sendirinya pada gel. Kamu pun dapat membersihkan tungau dengan lebih mudah.

6. Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari

Cara membasmi kutu kasur yang satu ini sudah diterapkan sejak dahulu dan terbukti ampuh. Ya, kamu bisa membasmi tungau dengan rutin menjemur kasur di bawah sinar matahari.

Faktanya, kutu kasur tidak tahan terhadap suhu panas yang tinggi. Oleh karena itu, rajinlah menjemur kasur di bawah sinar matahari sekitar satu jam. Jangan lupa untuk menjemur, bantal, guling, dan juga selimut.

Artikel Lainnya: Penyakit Jiggers (Kutu Kecil) Bisa Mengakibatkan Kematian, Benarkah?

7. Campurkan Kapur Barus dengan Minyak Tanah

Kamu bisa menggunakan campuran kapur barus dan minyak tanah untuk membasmi kutu kasur. Setelah dicampur, semprotkan larutan ke seluruh tempat yang menjadi sarang kutu kasur, seperti kasur, sofa, karpet, dan sebagainya. 

Selain bahannya mudah didapat, campuran kapur barus dan minyak tanah juga terbukti ampuh mematikan tungau.

8. Semprot Air Garam

Air garam juga banyak manfaatnya, salah satunya dapat membasmi kutu kasur. Untuk membuat air garam, kamu hanya perlu melarutkan garam ke dalam air. 

Lalu, semprotkan air garam pada area yang terpapar kutu kasur secara merata. 

9. Semprot Cuka

Selain digunakan sebagai bahan masakan, cuka juga bisa digunakan untuk membasmi kutu kasur. Kamu hanya perlu memasukkan cuka ke dalam wadah semprotan.

Lalu, semprotkan cuka ke kasur, sofa, atau karpet kamu. Berbeda dengan garam dan kapur barus, cuka tidak perlu ditambahkan air.

10. Gunakan Insektisida

Cara membasmi kutu kasur yang terakhir adalah dengan menggunakan cairan insektisida. Produk ini mudah didapat karena banyak dijual di pasaran. 

Pilihlah cairan insektisida yang terbukti aman sehingga tidak mengganggu pernapasan kamu. Selain itu, manfaatkan cairan insektisida sesuai dengan petunjuk penggunaan, ya!

10 cara membasmi kutu kasur tadi bisa kamu terapkan. Tidak ingin tungau mengganggu hidupmu? bersihkan benda-benda di rumah, khususnya bed cover, kasur, sofa, karpet, dan lemari secara rutin dan disiplin, ya! 

Khusus untuk penggunaan bahan kimia, kamu mesti sangat berhati-hati bila memiliki anak yang masih sangat kecil. Jangan sampai benda tersebut tersentuh, apalagi tertelan olehnya. Sebab, bukannya kutu yang terbasmi, justru keselamatan si kecil yang terancam. 

Yuk, #JagaSehatmu dan keluarga dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai topik kesehatan apa pun secara langsung melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter.

(ADT/JKT)

Kutu

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter