THT

Jenis Teh Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan

dr. Muhammad Isman S, 16 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat radang tenggorokan, Anda dapat meminum jenis teh tertentu untuk mengatasinya. Apa saja?

Jenis Teh Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Namun, pola makan dan minum sehari-hari juga bisa menjadi pencetusnya.

Selain mengonsumsi obat, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan. Minum teh adalah salah satunya.

Ya, teh untuk radang tenggorokan bukanlah hal yang baru. Sebab, terdapat banyak jenis teh yang mengandung antioksidan.

Antioksidan diketahui dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit. Komponen tersebut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan. 

Beberapa teh dan campuran herbal memberikan efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan saat radang tenggorokan. Apa saja jenis-jenis teh tersebut?

1. Teh Slippery Elm

Slippery elm adalah teh yang telah digunakan sebagai obat alami selama berabad-abad. Teh ini mengandung zat yang berubah menjadi seperti gel ketika dicampur dengan air.

Saat Anda minum teh elm, gel itu dapat membantu melapisi tenggorokan Anda, yang dapat meredakan peradangannya dan melindunginya saat sakit.

Artikel Lainnya: Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

2. Teh Akar Licorice

Seperti teh elm, teh akar licorice adalah obat alternatif umum untuk sakit tenggorokan. Anda bisa mencobanya dengan berkumur.

Untuk berkumur teh licorice, siapkan secangkir mengikuti petunjuk pabriknya, biarkan dingin hingga suhu ruangan.

Kemudian berkumurlah selama beberapa detik sebelum membuangnya. 

Teh licorice tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mencoba teh akar licorice.

3. Teh Horehound

Teh untuk sakit tenggorokan berikutnya adalah horehound. Teh ini merupakan ramuan kaya antioksidan dengan sifat antiinflamasi.

Secara tradisional, teh ini telah digunakan sebagai obat untuk sakit tenggorokan dan pilek. Teh horehound juga berfungsi seperti ekspektoran batuk ringan.

Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan penumpukan lendir, teh horehound mungkin bisa membantu.

Artikel Lainnya: Efektifkah Teh Peppermint untuk Atasi Radang Tenggorokan?

4. Teh Chamomile

Menurut Molecular Medicine Reports, teh chamomile dapat membantu melumasi tenggorokan Anda, sehingga bisa mengatasi suara serak dan sakit. 

Teh ini dikenal memiliki sifat antiinflamasi untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan, termasuk pada kondisi radang tenggorokan. 

Chamomile juga memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk perbaikan jaringan dan kesehatan.

Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh pilek, teh ini dapat meredakan gejala pilek Anda. Bahkan jika Anda tidak meminumnya, menghirup uap chamomile pun bisa membantu.

5. Teh Kunyit

Salah satu bumbu dapur ini sering dijual sebagai rempah-rempah, dikeringkan, dan ditumbuk menjadi bubuk kuning cerah. Anda juga bisa menyiapkan dan meminumnya sebagai teh. Teh kunyit baik untuk radang tenggorokan. 

Cari kantong teh kunyit atau tambahkan kunyit bubuk ke dalam air mendidih, didihkan selama beberapa menit, dan saring ke dalam cangkir. Anda dapat menambahkan madu sebagai perasa.

Menurut sebuah penelitian, kunyit memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antiseptik yang kuat. Karena itulah, kunyit dapat membantu meredakan sakit tenggorokan atau iritasi.

Artikel Lainnya: Minum Es Sebabkan Radang Tenggorokan pada Anak?

6. Teh Hijau

Teh hijau adalah sumber antioksidan yang kaya, serta memiliki sifat antiinflamasi alami.

Oleh sebab itu, beberapa orang percaya bahwa berkumur teh hijau dapat membantu meringankan sakit tenggorokan.

Penelitian dalam Anesthesiology and Pain Medicine menemukan bahwa berkumur teh hijau membantu menangkal gejala sakit tenggorokan pada pasien pascaoperasi.

Buatlah secangkir teh hijau, dan biarkan dingin. Kemudian berkumurlah selama beberapa detik sebelum membuangnya. Anda dapat mengulangi proses ini 2–3 kali.

7. Teh Jahe

Manfaat teh untuk radang tenggorokan bisa diperoleh dari rempah jahe. Khasiat ini ada berkat kandungan antioksidannya yang lebih dari 50 jenis.

Banyak di antara antioksidan tersebut bekerja dengan menurunkan produksi sitokin-sitokin tubuh, yang merupakan molekul proinflamasi. 

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi teh jahe setiap hari dalam 12 pekan, dapat membantu menurunkan berbagai mediator inflamasi, seperti CRP.

Karena itulah, teh jahe dipercaya mampu mengatasi radang tenggorokan.

Itulah tujuh jenis teh yang berkhasiat untuk mengatasi radang tenggorokan. 

Namun, sebelum Anda mencoba segala jenis obat herbal, termasuk teh, berkonsultasilah dulu dengan dokter. Pasalnya, beberapa herbal dapat berinteraksi dengan obat yang mungkin Anda gunakan.

Konsultasi lebih mudah kepada dokter bisa dilakukan melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

TehRadang Tenggorokan