Sukses

Jenis Teh Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan

Saat radang tenggorokan, Anda dapat meminum jenis teh tertentu untuk mengatasinya. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering menyerang. Penyakit ini dapat berhubungan dengan pola makan dan minum sehari-hari. Untuk mengatasinya, ada cara alami yang dapat Anda lakukan. Minum teh adalah salah satunya.

Banyak teh mengandung antioksidan. Senyawa ini dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit, seperti pilek dan virus lainnya. Mereka juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan penyembuhan. Antioksidan juga berguna untuk membantu penyembuhan jaringan.

Beberapa teh dan campuran herbal memberikan efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Apa saja jenis teh itu?

  1. Teh slippery elm

Slippery elm adalah teh yang telah digunakan sebagai obat alami selama berabad-abad. Teh ini mengandung zat yang berubah menjadi seperti gel ketika dicampur dengan air. Saat Anda minum teh elm, gel itu dapat membantu melapisi tenggorokan Anda, yang dapat menenangkan dan melindunginya saat sakit.

  1. Teh akar licorice

Seperti teh elm, teh akar licorice adalah obat alternatif umum untuk sakit tenggorokan. Anda bisa mencobanya dengan berkumur. Untuk berkumur teh licorice, siapkan secangkir mengikuti petunjuk pabriknya, biarkan dingin hingga suhu ruangan. Kemudian berkumurlah selama beberapa detik sebelum membuangnya. Teh licorice tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mencoba teh akar licorice.

  1. Teh horehound

Horehound adalah ramuan kaya antioksidan dengan sifat antiinflamasi. Secara tradisional, teh ini telah digunakan sebagai obat untuk sakit tenggorokan dan pilek. Teh horehound juga berfungsi seperti ekspektoran batuk ringan. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan penumpukan lendir, teh horehound mungkin bisa membantu. Teh horehound dapat ditemukan di apotek atau toko yang menjual makanan kesehatan setempat.

  1. Teh chamomile

Teh chamomile adalah favorit banyak pecinta teh. Tidak hanya itu, teh ini adalah salah satu teh herbal yang paling banyak tersedia sekaligus salah satu obat herbal tertua.

Menurut Molecular Medicine Reports, teh chamomile dapat membantu melumasi tenggorokan Anda, sehingga dapat mengatasi suara serak dan sakit. Teh chamomile dikenal memiliki sifat antiinflamasi untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Chamomile juga memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk perbaikan jaringan dan kesehatan. Efek antispasmodik chamomile juga dapat mengurangi batuk. Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh pilek, teh ini dapat meredakan beberapa gejala pilek Anda. Bahkan jika Anda tidak meminumnya, menghirup uap chamomile mungkin bisa membantu.

  1. Teh kunyit

Kunyit adalah anggota keluarga jahe. Salah satu bumbu dapur ini sering dijual sebagai rempah-rempah, dikeringkan, dan ditumbuk menjadi bubuk kuning cerah. Anda juga bisa menyiapkan dan meminumnya sebagai teh. Cari kantong teh kunyit atau tambahkan kunyit bubuk ke dalam air mendidih, didihkan selama beberapa menit, dan saring ke dalam cangkir. Anda dapat menambahkan madu sebagai perasa.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penelitian India mengenai Homeopati, kunyit memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antiseptik yang kuat. Karena itulah, kunyit dapat membantu meredakan sakit tenggorokan atau iritasi.

  1. Teh hijau

Teh hijau adalah sumber antioksidan yang kaya. Ini juga memiliki sifat antiinflamasi alami. Beberapa orang percaya bahwa berkumur teh hijau dapat membantu meringankan sakit tenggorokan.

Penelitian dalam Anesthesiology and Pain Medicine, para ilmuwan menemukan bahwa berkumur teh hijau membantu menangkal gejala sakit tenggorokan pada pasien pasca operasi. Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya yang dapat meningkatkan fungsi dan penyembuhan secara keseluruhan. Buatlah secangkir teh hijau, dan biarkan dingin. Kemudian berkumurlah selama beberapa detik sebelum membuangnya. Anda dapat mengulangi proses ini 2–3 kali.

Itulah enam jenis teh yang berkhasiat untuk mengatasi radang tenggorokan. Namun, sebelum Anda mencoba segala jenis obat herbal, termasuk teh, berkonsultasilah dulu dengan dokter. Beberapa herbal dapat berinteraksi dengan obat yang mungkin Anda gunakan. Dokter Anda dapat membantu Anda memahami risiko potensial dari mengonsumsi herbal tertentu.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar