Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatTHT14 Makanan untuk Radang Tenggorokan yang Aman Dikonsumsi
THT

14 Makanan untuk Radang Tenggorokan yang Aman Dikonsumsi

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 02 Des 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Radang tenggorokan memang bisa sangat mengganggu. Berikut adalah daftar 14 makanan untuk radang tenggorokan yang aman dikonsumsi.

14 Makanan untuk Radang Tenggorokan yang Aman Dikonsumsi

Radang tenggorokan memang menyiksa karena membuat aktivitas menelan jadi terasa tidak nyaman, sulit dan nyeri. Karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang tepat saat mengalami radang tenggorokan.

Perlu diketahui bahwa tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Jika radang tenggorokan kamu bertambah parah atau tidak kunjung sembuh. kamu dapat konsultasikan dengan dokter segera, ya. Namun, ada beberapa pilihan makanan yang bisa membantu meredakan iritasi dan pembengkakan sekaligus mempercepat penyembuhan. 

Jenis makanan yang baik untuk radang tenggorokan adalah yang lembut dan bergizi. Berikut adalah daftar makanan dan minuman untuk kamu yang sedang radang tenggorokan:

1. Camilan Beku

Sorbet dan es loli berbahan dasar buah dapat kamu konsumsi saat sedang radang tenggorokan. Makanan ini baik untuk penderita radang tenggorokan, karena membantu meredakan nyeri akibat peradangan.

Pilihlah camilan beku yang terbuat dari bahan dasar alami dan segar, seperti buah-buahan. Kamu dapat membuatnya sendiri di rumah agar lebih higienis dan sehat. Ingat, hindari camilan dengan bahan pemanis buatan.

2. Jus Delima

Jus delima juga baik dikonsumsi saat kamu mengalami radang tenggorokan. Laporan menunjukkan bahwa nutrisi dalam jus delima dapat membantu menurunkan infeksi dan mengurangi peradangan. 

Buah delima mengandung antioksidan polifenol yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, dan menurunkan peradangan.

Artikel Lainnya: Gejala Radang Tenggorokan yang Berbahaya

3. Pisang

Karena konsistensi buahnya yang lembut dan menyehatkan, pisang dapat menjadi camilan untuk kamu yang mengalami radang tenggorokan. 

Buah ini memiliki nutrisi bermanfaat bagi tubuh dan teksturnya yang lembut membuat nyaman tenggorokan.

Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi vitamin C, karbohidrat, kalium, tembaga, dan lainnya.

4. Sup Ayam

Sup ayam hangat dapat menjadi pilihan makanan untuk sakit radang tenggorokan. Nutrisi pada makanan ini bisa memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan.

Menurut penelitian, sup berisi sayuran dan ayam dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan, karena memiliki sifat antiinflamasi yang membantu membersihkan saluran udara.

Artikel Lainnya: Jenis Obat Sakit Tenggorokan yang Bisa Dibeli di Apotek

5. Sayuran yang Dimasak Sampai Lunak

Sayuran yang dimasak hingga lembut dan lunak dapat membantu mengurangi nyeri saat menelan. Oleh sebab itu, sayuran dapat menjadi pilihan makanan saat radang tenggorokan.

Beberapa sayuran yang dapat konsumsi, di antaranya adalah wortel, brokoli, kentang, dan lain-lain. Semuanya mudah dijumpai dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. 

6. Kunyit

Rempah yang satu ini bisa menjadi makanan yang tepat untuk meredakan radang tenggorokan. Banyak yang menggunakan kunyit sebagai campuran teh atau campuran herbal berbasis susu.

Kunyit dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan karena memiliki sifat penyembuhan, antiseptik, dan antiinflamasi. 

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

7. Madu

Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. 

Madu dapat dicampur dengan minuman teh atau menjadi pemanis di dalam makanan lainnya.

Kendati demikian, anak-anak di bawah usia 12 bulan tidak dianjurkan untuk konsumsi madu karena risiko botulisme.

8. Jahe

Meski rasanya pedas, jahe bisa membantu mengatasi radang tenggorokan. Itu karena jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. 

Jahe dapat diolah menjadi berbagai bentuk. Salah satunya berupa bubuk minuman hangat atau teh.

Artikel Lainnya: Obat Radang Tenggorokan yang Ampuh

9. Teh

Tidak hanya makanan, ada beberapa minuman yang baik untuk radang tenggorokan, salah satunya teh. 

Minum teh hangat dapat membantu tenggorokan terasa lebih nyaman, sehingga penderita sakit tenggorokan merasa lebih baik.

Sebuah studi menemukan bahwa berkumur dengan larutan teh hijau meredakan sakit tenggorokan setelah operasi. Teh hijau memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu menurunkan peradangan.

10. Smoothies dan Yoghurt

Smoothies dan yoghurt memiliki tekstur lembut, sehingga menjadi makanan yang baik untuk penderita radang tenggorokan. 

Kedua makanan ini dapat membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk penyembuhan, sekaligus mengurangi rasa sakit saat menelan.

11. Jeli atau Agar-Agar

Tak sedikit orang yang senang camilan jeli atau agar-agar. Makanan ini mudah ditelan serta mengandung gelatin, sumber protein yang baik, sehingga membuat tenggorokan lebih nyaman.

Namun berhati-hatilah, pilih jeli dengan kandungan gula yang tidak terlalu banyak agar aman bagi penderita diabetes

Kamu dapat membuat sendiri untuk memastikan jeli atau agar-agar tersebut rendah gula dan tidak menggunakan pemanis buatan.

Artikel Lainnya: Kenali Jenis-Jenis Sakit Tenggorokan

12. Telur Orak-arik

Jika kamu sedang radang tenggorokan, cobalah untuk sarapan dengan telur orak-arik. 

Telur adalah sumber protein yang baik dan dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh. 

Telur orak-arik biasanya punya tekstur yang cukup lembut dan baik dikonsumsi bagi yang sedang radang tenggorokan.

13. Air Putih

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap harinya. Bahkan, penderita radang tenggorokan dianjurkan untuk minum air putih sesering mungkin untuk membantu penyembuhan. 

Hidrasi tubuh yang baik dapat membantu proses penyembuhan peradangan. Karena itu, pastikan kamu minum air sebanyak 8 gelas per hari.

14. Kentang Tumbuk (Mashed Potatoes)

Kentang tumbuk sangat cocok untuk tenggorokan yang sedang tak sehat. Kulitnya mengandung sejumlah nutrisi seperti magnesium, vitamin C, dan antioksidan, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pastikan untuk mendinginkannya setelah dimasak dan sebelum mengonsumsinya, untuk menghindari iritasi tenggorokan lebih lanjut.

Itulah berbagai makanan yang dianjurkan untuk penderita radang tenggorokan. Jika keluhan tidak kunjung membaik, segera periksakan kondisi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar radang tenggorokan? Ajukan pertanyaanmu kepada dokter melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Radang Tenggorokan
Tanya Dokter