Sukses

8 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, delapan makanan ini sangat layak masuk dalam daftar diet Anda. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori dan lemak yang tepat adalah bagian penting dalam merawat jantung. Beberapa jenis makanan tertentu ternyata sangat baik dalam hal menjaga kesehatan jantung karena kandungannya.

Nah, Anda yang ingin menjaga atau memperbaiki kesehatan jantung, delapan makanan di bawah ini sangat layak masuk dalam daftar diet Anda, seperti dilansir dari Verywell Health.

  1. Apel merah

Apel dinilai mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Buah dengan tekstur renyah dan segar ini mengandung banyak senyawa yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Misalnya, apel mengandung phytochemical yang disebut quercetin yang bertindak sebagai agen antiinflamasi alami.

Apel mengandung serat larut, jenis yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Buah ini juga kaya polifenol, yang dikenal karena efek antioksidannya. Salah satu polifenol, yang disebut flavonoid epicatechin, bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Flavonoid lain terkait dengan penurunan risiko stroke dan penurunan kolesterol jahat.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun menurunkan risiko kardiovaskular. Minyak yang disebut olive oil ini bekerja menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

dr. Rio Aditya kepada KlikDokter menjelaskan, minyak zaitun memang memiliki kadar lemak baik yang tinggi. “Jadi, minyak zaitun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.”

  1. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung vitamin dan fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi jantung dan bagian tubuh lain. Asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat, dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama jantung.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi jantung dan sistem pembuluh darah Anda. Sayuran hijau juga kaya serat, yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi penyakit jantung.

Selain enak, sayuran hijau juga rendah kalori. Tambahkan sayuran hijau seperti bayam segar atau brokoli dalam semangkuk salad.

  1. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber terbaik dari dua asam lemak omega-3 rantai panjang, EPA dan DHA. EPA dan DHA telah lama dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi sel endotel.

Satu analisis studi pada 2012 menemukan bahwa 0,45 - 4,5 gram asam omega-lemak 3 (sekitar 3 ons salmon) dapat membawa peningkatan signifikan pada fungsi arteri.

“Selain itu, omega-3 juga dapat mencegah terjadinya kekentalan darah dan penyumbatan pembuluh darah di jantung, yang dapat menyebabkan terjadinya stroke sumbatan,” dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter menambahkan.

  1. Gandum utuh

Gandum utuh menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang akan membantu menjaga jantung tetap sehat sekaligus menurunkan kolesterol dan trigliserida. Oat, misalnya, mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang membantu mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL. Satu studi 2015 yang dilaporkan dalam American Journal of Nutrition menemukan, oat merupakan gandum utuh yang paling efektif untuk menurunkan kolesterol.

  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai, atau disebut juga dengan soya, ternyata memiliki manfaat lebih untuk kesehatan jantung. Menurut dr. Karin, soya mengandung omega-3, protein, vitamin, mineral, serta rendah lemak dan tinggi serat.

“Mengonsumsi protein soya setidaknya 30 gram per hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah,” dr. Karin menjelaskan.

Anda bisa mendapatkan protein soya dari tempe, tahu, susu kacang kedelai, serta makanan dan minuman yang terbuat dari kacang kedelai.

  1. Tomat

Tomat dikenal mengandung antioksidan likopen yang tinggi. Menambahkan likopen ke dalam diet Anda dapat membantu melindungi jantung. Hal tersebut dibenarkan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

“Selain dapat mencegah terjadinya beragam jenis kanker, penelitian memperlihatkan bahwa tomat membantu kesehatan jantung. Bila dikonsumsi secara teratur, tomat dapat mempertahankan kadar kolesterol Anda,” tutur dr. Nadia.

Jantung adalah salah satu organ vital manusia. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan jantung sehingga organ ini dapat bekerja secara optimal.

Kedelapan makanan yang disebutkan di atas dapat mendukung Anda mendapatkan jantung yang sehat dan terawat. Tentu saja, untuk membangun kesehatan jantung Anda perlu mengimbanginya juga dengan menjalankan pola hidup sehat lainnya serta rutin berolahraga.

[RVS]

2 Komentar