Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jalan Kaki Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung Wanita Lansia

Jalan Kaki Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung Wanita Lansia

Jangan sepelekan aktivitas jalan kaki. Menurut penelitian, jalan kaki bisa menurunkan risiko penyakit jantung pada wanita lansia.

Jalan kaki dapat menjadi olahraga pilihan bagi Anda yang tidak mau repot. Olahraga ini tidak membutuhkan sepatu atau baju olahraga khusus sehingga sangat mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, banyak orang memilih jenis olahraga aerobik ini.

Selain itu, jalan kaki sering dijadikan pilihan untuk beraktivitas fisik karena dapat membantu mencegah penyakit jantung. Olahraga aerobik ini memang disarankan untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa berjalan kaki dapat mencegah penyakit jantung pada wanita lansia.

Risiko Penyakit Jantung pada Wanita Lansia

Wanita memiliki risiko mengalami penyakit jantung lebih rendah dibandingkan dengan pria. Namun, memasuki masa menopause, angka kejadian penyakit jantung pada wanita meningkat. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Salah satu penyebabnya adalah karena penurunan hormon estrogen. Hormon estrogen dipercaya memiliki pengaruh baik terhadap lapisan dalam pembuluh darah arteri.

Artikel Lainnya: 4 Olahraga yang Cocok Dilakukan Lansia di Akhir Pekan

Pada wanita lansia, hormon ini akan menurun secara signifikan sehingga rentan mengalami peningkatan tekanan darah, penumpukan kolesterol jahat, dan kerusakan pembuluh darah. Peningkatan berbagai risiko penyakit pun ikut terjadi, termasuk penyakit jantung.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jalan Kaki untuk Gagal Jantung pada Wanita

Hubungan antara kesehatan jantung dan olahraga sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Seseorang yang terbiasa berolahraga aerobik dapat mempertahankan berat badan ideal, yang tentunya menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology: Heart Failure menyatakan, manfaat jalan kaki untuk lansia terbukti dalam upaya pencegahan penyakit gagal jantung pada wanita lansia.

Gagal jantung adalah kondisi ketika organ jantung tidak dapat memompa darah secara efisien. Hal ini dapat menyebabkan keluhan berupa sesak napas dan mudah lelah.

Artikel Lainnya: Perlukah Lansia Pergi Olahraga ke Gym?

Seseorang akan mendapatkan manfaat optimal dari olahraga jika dilakukan sebanyak 3-5 kali per minggu dengan total durasi 150 menit. Anda dapat memulai olahraga dengan berjalan cepat.

Jika dirasa masih kuat dan tidak memiliki gangguan kesehatan yang menghalangi, Anda dapat meningkatkan intensitas olahraga dengan jogging atau berlari. Konsultasikan jenis olahraga yang ideal dengan dokter pribadi Anda agar Anda dapat melakukannya dengan aman.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Berjalan Kaki untuk Kesehatan

Para peneliti menemukan, setiap tambahan 30-45 menit aktivitas fisik harian, risiko gagal jantung berkurang 9 persen. Selain itu, manfaat jalan kaki untuk lansia lainnya adalah dapat menurunkan risiko kematian.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada Mei 2019 menyebutkan bahwa mereka yang berjalan kaki 4.400 langkah per hari memiliki angka kematian lebih rendah dibanding wanita yang secara fisik tidak aktif. Manfaat berjalan kaki akan lebih terasa jika dilakukan lebih dari 7.500 langkah.

Artikel Lainnya: Bolehkah Lansia Olahraga Pilates?

Jadi, jangan anggap sepele manfaat berjalan kaki. Meski tidak semua wanita lansia dapat berlari atau berolahraga dengan intensitas yang lebih berat, Anda tetap bisa menerapkan pola hidup aktif yang dapat menjaga kesehatan, seperti jalan kaki, berkebun, dan lainnya.

Perlu diingat, durasi olahraga untuk lansia tidak boleh terlalu lama. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan durasi waktu untuk lansia melakukan olahraga dengan intensitas sedang adalah selama 150 menit dalam seminggu. Sedangkan untuk olahraga dengan intensitas berat selama 75 menit dalam seminggu.

Nah, kini Anda telah mengetahui manfaat jalan kaki untuk lansia. Jalan kaki ternyata dapat mencegah penyakit jantung pada wanita di kemudian hari. Jadi, jangan lupa untuk menggiatkan kembali aktivitas jalan kaki Anda demi kesehatan tubuh.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat jalan kaki untuk lansia atau informasi kesehatan lainnya, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kami melalui layanan Live Chat 24 jam di KlikDokter. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar