Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sederet Masalah yang Akan Terjadi Jika Anda Kurang Tidur

Sederet Masalah yang Akan Terjadi Jika Anda Kurang Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Bila Anda kurang tidur, banyak masalah kesehatan yang akan muncul.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia, sama halnya dengan makan, minum, dan bernapas. Ada banyak sekali manfaat kesehatan dari tidur, mulai dari untuk meningkatkan energi hingga menjaga sistem kekebalan tubuh. Lalu, apa saja dampak kurang tidur bagi tubuh?

Jika ingin sehat dan tidak mudah sakit, Anda harus memperhatikan kecukupan waktu tidur. Tubuh memiliki “hak” untuk beristirahat agar keesokan harinya Anda bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

 

1 dari 2 halaman

Dampak Kurang Tidur

Tidur adalah kebutuhan wajib setiap manusia. Hal ini bukan tanpa alasan, kekurangan tidur bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Apa saja masalah kesehatan yang bisa muncul akibat kurang tidur? Berikut di antaranya:

1. Berubah Menjadi Orang yang Pikun

Manusia membutuhkan tidur rapid eye movement (REM) yang cukup agar otak memiliki kemampuan yang terus tajam. Ini artinya, saat berhasil mengalami fase tidur REM, Anda juga berhasil memindahkan informasi dari memori jangka pendek ke jangka panjang. Bila kebutuhan tidur REM tidak terpenuhi, memori secara otomatis akan terganggu.

Artikel lainnya: Bagaimana Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda?

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung Hingga Stroke

Jika Anda kurang istirahat, maka Anda dapat memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami berbagai penyakit, di antaranya penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Jadi, jangan sepelekan dampak begadang!

3. Berhubungan dengan Kecelakaan

Mengantuk berhubungan dengan kecelakaan kerja maupun kecelakaan lalu lintas. Seseorang dengan rasa kantuk berlebihan karena kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecelakaan kerja. Fokus Anda saat menyetir tentu akan berkurang drastis, sedangkan saat menyetir konsentrasi sangatlah dibutuhkan.

4. Mudah Tersinggung

Layaknya wanita yang sedang PMS, orang yang kurang tidur juga menjadi lebih mudah tersinggung. Mengapa? Karena saat Anda kurang tidur, terjadi gangguan pada area otak amigdala yang terlibat dalam emosi, seperti takut, cemas, dan gairah.

Artikel lainnya: Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

5. Kulit Terlihat Kusam

Tidur sangat memainkan peran penting dalam regenerasi sel kulit. Bila Anda sering kekurangan waktu tidur, kemampuan alami kulit dalam memperbarui diri otomatis akan berkurang. Akibatnya kulit Anda jadi terlihat kusam.

6. Berat Badan Meningkat

Dampak kurang tidur bagi kesehatan lainnya adalah berat badan jadi meningkat. Ini karena durasi tidur memengaruhi perkembangan hormon yang berkaitan dengan berat badan, yaitu ghrelin dan leptin.

Pada orang yang sering begadang, tingkatan ghrelin (hormon yang meningkatkan nafsu makan) cenderung tinggi. Sedangkan, hormon leptin (hormon yang menekan nafsu makan) justru rendah.

7. Gairah Seks Menurun

Selain menurunkan kadar testosteron pada pria, kualitas tidur yang buruk turut menurunkan gairah seks. Bahkan, satu studi melaporkan bahwa hormon seks akan menurun sebanyak 10–15 persen pada mereka yang tidur kurang dari 5 jam dalam sehari.

Artikel lainnya: Benarkah Main Ponsel Sebelum Tidur bisa Sebabkan Insomnia?

8. Menurunkan Nalar

Dampak kurang tidur yang satu ini tak bisa disepelekan. Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan kemampuan dalam menilai suatu keadaan, alias menurunkan nalar.

9. Meningkatkan Risiko Depresi

Gangguan tidur seperti insomnia berhubungan dengan depresi. Pasien dengan insomnia disebut memiliki peningkatan risiko sebanyak lima kali untuk menjadi depresi.

10. Meningkatkan Risiko Kematian

Berdasarkan sebuah penelitian di Inggris, orang yang kurang tidur memiliki peningkatan risiko untuk mengalami kematian. Kematian yang terjadi khususnya berkaitan dengan penyakit kardiovaskular.

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, mulailah berbenah diri, salah satunya dengan menjadikan tidur yang berkualitas sebagai prioritas.

Jangan begadang jika memang tidak benar-benar diperlukan. Akan lebih baik bila Anda tidur selama 7–8 jam setiap malam.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar efek begadang atau masalah kesehatan lainnya, dapat berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar