HomeGaya hidupDiet dan NutrisiKopi Ternyata Dapat Membuat Kulit Lebih Sehat
Diet dan Nutrisi

Kopi Ternyata Dapat Membuat Kulit Lebih Sehat

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 31 Mar 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda pencinta kopi? Tak hanya nikmat, kopi ternyata memberi manfaat baik bagi kesehatan kulit Anda.

Kopi Ternyata Dapat Membuat Kulit Lebih Sehat

Anda punya kebiasaan minum kopi tiap hari? Ya, gaya hidup rutin mengonsumsi kopi mulai makin banyak diminati. Selain rasanya yang nikmat, banyak orang meneguk kopi untuk meningkatkan konsentrasi dan mood  untuk bekerja. Namun ternyata kopi punya manfaat lain, yaitu dapat membuat kulit lebih sehat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat baik kopi bagi kesehatan kulit Anda.

1. Melindungi kulit dari rosasea

Rosasea merupakan peradangan kulit yang ditandai dengan bintik-bintik seperti jerawat dengan dasar kulit berwarna kemerahan. Oleh kebanyakan orang, rosasea sering dianggap merupakan jenis jerawat.

Sebuah studi yang melibatkan 82.737 orang dipublikasikan di JAMA Dermatology. Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kafein dari kopi memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami rosasea. Belum diketahui jelas apa yang menyebabkan hal tersebut. Namun, diduga bahwa kafein menyebabkan berkurangnya peradangan di kulit.

2. Menurunkan risiko kanker kulit

Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung vitamin B3 (niasin) yang tinggi. Hal ini terutama berlaku untuk kopi yang berasal dari biji kopi yang dipanggang. Pada jenis kopi tersebut, terdapat zat bernama trigonelin yang diubah menjadi vitamin B3 setelah biji kopi dipanggang. 

Vitamin B3 tersebut berkontribusi dalam menurunkan risiko kanker kulit, terutama jenis karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Selain itu, vitamin B3 juga diduga bisa mencegah pertumbuhan tumor lain di kulit.

3. Mengurangi mata panda

Mata panda merupakan lingkaran hitam di sekitar mata, terutama di daerah bawah mata. Meski belum banyak penelitian membuktikannya, kandungan kafein di dalam kopi secara kimiawi dapat melebarkan pembuluh darah sehingga diyakini dapat mengurangi gelapnya lingkaran hitam di sekitar mata.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, perlu dibuat racikan kopi dengan minyak zaitun dengan cara mencampurkan setengah sendok teh kopi dengan minyak zaitun dan campurkan hingga rata di telapak tangan Anda. Setelah itu, oleskan di bagian yang mengalami mata panda tanpa perlu digosok-gosok. Diamkan selama 5 sampai 10 menit lalu bilas sekitar mata dengan air hingga bersih.

4. Merangsang regenerasi kulit

Kopi yang dioleskan ke kulit bisa membantu membuang kulit mati dan merangsang regenerasi kulit. Hal ini bisa membantu kulit terlihat lebih segar. Selain itu, jika kopi dioleskan dengan teknik pemijatan kulit yang baik, aliran kelenjar limfe juga bisa lebih lancar sehingga kulit lebih sehat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kopi perlu dibuat menjadi sejenis masker dengan cara sederhana, yaitu dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air hangat. Jika memiliki kulit kering, Anda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun pada campuran tersebut. Selanjutnya, oleskan masker kopi tersebut pada kulit yang sudah dibersihkan. Hindari menggosok kulit terlalu kuat, melainkan cukup dipijat dengan lembut. Setelah beberapa menit, bilas kulit hingga bersih.

Agar khasiatnya lebih maksimal lagi, sangat baik untuk meminum kopi tanpa menggunakan gula. Usahakan pula untuk tak menggunakan whipping cream. Hal ini penting karena gula dan whipping cream justru bisa memunculkan penyakit seperti diabetes atau kolesterol tinggi.

Sementara itu, jika ingin mengoleskan kopi ke kulit, kopi apa saja boleh digunakan asalkan bukan kopi decaf. Hal ini karena manfaat baik masker kopi untuk kulit justru berasal dari kafein yang terkandung di dalamnya.

[RS/ RVS]

kafeinkesehatan kulitkulitgulakopirosasea

Konsultasi Dokter Terkait