Sukses

Mana Lebih Bagus untuk Kulit, Air Beras atau Air Mawar?

Dikenal sejak dulu sebagai “ramuan” kecantikan kulit alami, manakah yang terbaik: air beras atau air mawar?

Klikdokter.com, Jakarta Dalam usaha untuk tampil menawan, merawat kulit tentunya tak boleh dilupakan. Beragam cara perawatan kulit pun dilakukan, mulai dari perawatan mahal jutaan rupiah hingga perawatan murah meriah ala rumahan. Bicara soal perawatan rumahan, ada dua bahan alami yang kerap digunakan sejak dulu di Indonesia, yakni air beras dan air mawar. Jika harus memilih salah satu di antara itu, manakah yang terbaik untuk kecantikan kulit?

Tentang air beras untuk kecantikan kulit

Sebelum menjawab hal tersebut, dilansir dari The Indian Spot, air beras itu sendiri dinilai dapat mencerahkan kulit dan mengencangkan kulit. Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

“Selama ini, air rebusan beras memang diyakini oleh mayoritas orang sebagai bahan alami untuk membuat wajah menjadi lebih cerah dan juga menjaga kelembapan.”

Metode merawat kulit dengan air beras paling banyak diterapkan di Asia, khususnya Asia Timur seperti Jepang dan Korea untuk membantu mengurangi hiperpigmentasi dan penuaan dini akibat sinar matahari.

“Tapi sekali lagi, manfaat yang disebutkan di sini hanya berdasarkan pengalaman dari sebagian besar orang. Belum ada bukti ilmiah yang benar-benar menyatakan bahwa air beras mampu membawa perubahan positif pada kulit seseorang. Sehingga, hasilnya masih bersifat subjektif,” dr. Astrid menegaskan.

Salah satu produk kecantikan yang menggunakan air beras sebagai bahan utamanya adalah toner. Jika Anda mengunjungi drugstore yang menjual beragam produk kecantikan, pasti tak kesulitan untuk mendapatkan toner yang terbuat dari air beras. Namun, selain membelinya di drugstore terkemuka, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Caranya, rebus air dalam panci bersih. Saat sudah cukup panas, masukkan 4 sdm beras lalu rebus hingga mendidih selama 10 menit. Usai dididihkan – rebusan beras akan berwarna putih susu – kemudian saring. Lalu, tinggal masukkan ke dalam botol bersih.

1 dari 2 halaman

Tentang air mawar dan manfaatnya

Berbeda dengan air beras yang lebih fokus untuk mencerahkan dan melembapkan, menurut dr. Astrid, air mawar ini disinyalir dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit Anda. Kerap dijadikan sebagai toner juga, air mawar dipercaya bisa memberikan sejumlah manfaat pada rambut, mata, dan gigi.

Saat Anda menatap layar gawai dalam waktu yang lama, pasti akan terasa lelah. Nah, dengan mengompres mata dengan kapas air mawar, bisa membantu mengurangi kelelahan tersebut. Sedangkan pada gigi, berkumur dengan air mawar dipercaya dapat menghilangkan bau mulut dan meredakan peradangan gusi.

Jika Anda ingin membuat toner air mawar ala rumahan, caranya juga cukup mudah. Namun, Anda mesti menambahkan minyak vitamin E ke dalam rebusan kelopak mawar. Pertama, bilas kelopak-kelopak mawar sampai bersih, lalu rebus dengan api yang sangat kecil. Biarkan mendidih sampai warna dari kelopak mawar juga memudar. Setelah itu, simpan di dalam wadah dan berikan beberapa tetes minyak vitamin E ke air mawar.  

Mana yang terbaik untuk kulit?

Menurut dr. Astrid cukup sulit untuk mengatakan mana yang paling baik untuk menjaga kesehatan kulit di antara air beras dan air mawar. Seperti yang sudah dikatakan di atas, selama ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa keduanya benar-benar membawa perubahan positif bagi kulit. Soal manfaat yang selama ini digadang-gadang oleh keduanya, hanya berdasarkan hasil pengalaman mayoritas orang sehingga itu sangat bersifat subjektif.

Namun, bukan berarti kedua bahan alami ini tidak benar-benar bermanfaat. Jika ingin memilih mana yang terbaik, dr. Astrid lebih menyarankan Anda untuk memilih berdasarkan kebutuhan.

“Misalnya, yang Anda ingin capai itu kulit yang cerah, bersih, lembut, dan lembap, maka pakailah produk yang mengandung air beras. Tapi kalau yang disasar itu adalah untuk mengatasi permasalahan yang lebih kompleks seperti kemerahan atau peradangan, lebih baik pilih produk yang mengandung air mawar,” tutur dr. Astrid.

Sebenarnya tak mengapa bila Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, tetapi dr. Astrid lebih merekomendasikan Anda menggunakan toner berbahan dasar air beras atau air mawar yang sudah terstandar oleh BPOM supaya lebih aman. Pasalnya, bila Anda menggunakan ramuan homemade yang kurang higienis (entah airnya yang tidak bersih atau wadah perebusan atau botol penyimpanannya yang tidak bersih), itu justru bisa menimbulkan alergi atau permasalahan kulit lainnya, seperti jerawat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar