Sukses

Kenali Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan

Tea tree oil kerap diandalkan untuk mengatasi jerawat. Ini dia serangkaian manfaat tea tree oil lainnya untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Dalam hal kecantikan, tea tree oil sudah lama diandalkan untuk mengatasi masalah jerawat. Tea tree oil berasal dari tanaman Meleluca alternifolia asal Australia (ya, bukan berasal dari teh yang biasa Anda minum). Sebetulnya tak hanya untuk jerawat, ada juga manfaat tea tree oil lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Dulunya, suku Aborigin Australia memanfaatnya dengan meremas daunnya, lalu mengoleskan minyak yang keluar ke kulit untuk mengobati luka atau infeksi. Selain itu, tentara Australia pada saat Perang Dunia I mengandalkannya sebagai disinfektan. Sekarang, tea tree oil bisa ditemukan dalam bentuk minyak esensial, begitu juga menjadi campuran dalam produk seperti sabun, losion, obat kumur, sampo, dan produk pembersih.

Untuk jerawat, menurut studi yang dipublikasikan di “Indian Journal of Dermatology, Venerology and Leprology”, mengoleskan tea tree oil empat kali sehari terbukti efektif mengurangi derajat keparahan lesi jerawat, serta enam kali lebih efektif untuk mengurangi jerawat dibandingkan dengan plasebo.

Ada pula tinjauan pustakan lainnya yang diterbitkan oleh American Society of Microbiology, bahwa tea tree oil mampu meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri P. acnes dan S. epidermidis penyebab jerawat.

Ditambahkan juga oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, tea tree oil juga dapat menjadi alternatif obat jerawat benzoil peroksida, yang sering kali menimbulkan keluhan kulit kering, iritasi, serta rasa terbakar. Meski demikian, penggunaan tea tree oil tetap harus berhati-hati.

“Beberapa orang bisa mengalami iritasi dan risiko alergi,” ungkap dr. Nadia.

1 dari 3 halaman

Rangkaian manfaat tea tree oil

Dilansir dari Livestrong, tea tree oil mengandung bahan aktif terpinen-4-ol hingga 43 persen. Senyawa tersebut dikenal memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiinflamasi, dan antiseptik. Ini mungkin disebabkan karena kemampuan terpinen-4-ol untuk menstimulasi sel darah putih, sel sistem imun yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh terhadap penyakit infeksi dan zat asing.

Sifat-sifat itulah yang membuat tea tree oil menjadi minyak esensial yang sebaiknya tersedia di rumah.

Selain untuk jerawat, inilah manfaat tea tree oil lainnya.

  1. Penyembuhan luka

Laporan awal tentang aktivitas antimikroba dari tea tree oil diterbitkan pada tahun 1920-an. Temuan itu mengungkapkan bahwa minyak tersebut 11 kali lebih efektif daripada fenol, bahan kimia yang banyak digunakan sebagai disinfektan pada saat itu. Meski demikian, sampai saat ini banyak ilmuwan yang masih berusaha melakukan penelitian untuk mendapatkan hasil yang benar-benar pasti terkait penyembuhan luka.

  1. Perawatan kulit berminyak

Produksi minyak berlebih bisa berujung pada kulit berminyak, yang pada akhirnya bisa bikin pori-pori membesar dan timbulnya jerawat. Kondisi tersebut juga jadi menyulitkan aplikasi kosmetik dan tabir surya. Menurut studi tahun 2016 dalam “Journal of Dermatology Research and Therapy”, tea tree oil mengandung astringen yang mungkin efektif untuk menghilangkan kelebihan minyak pada kulit, sehingga aplikasi produk kosmetik menjadi lebih mudah dan tahan lama.

Anda yang memiliki kulit berminyak bisa menggunakan produk toner atau losion yang mengandung tea tree oil. Atau, Anda juga bisa mencampurkan tea tree oil ke dalam produk perawatan Anda. Karena tea tree oil bisa membuat kulit kering, baiknya penggunaan dimulai dengan jumlah kecil sehari sekali untuk melihat bagaimana kulit Anda bereaksi. 

  1. Obat kumur untuk radang gusi

Minyak pohon teh menawarkan alternatif alami untuk meredakan rasa sakit dan perdarahan yang berhubungan dengan gingivitis (penyakit gusi). Sebuah studi pada 2014 di jurnal “Oral & Implantology” menemukan bahwa tea tree oil adalah obat kumur yang lebih efektif untuk mengurangi peradangan dan perdarahan pada partisipan studi dengan gingivitis, daripada obat kumur yang mengandung chlorhexidine, senyawa kimia yang umum digunakan dalam obat kumur komersial.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Kutil di penis

Dijelaskan oleh dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang dimiliki tea tree oil juga dapat memerangi virus HPV si penyebab kutil di penis. Meski demikian, penggunaannya tetap harus di bawah pengawasan dokter.

“Ini penting untuk mengetahui apakah Anda mengalami alergi terhadap bahan tersebut, yang nantinya bisa bikin kutil kelamin mengalami peradangan atau makin parah.

  1. Manfaat lainnya

Meski penelitiannya masih minim, tapi ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa tea tree oil juga bisa berguna untuk mengatasi:

  • Ketombe
  • Kutu
  • Dermatitis kontak
  • Athlete’s foot
  • Herpes simpleks
  • Jamur kuku
  • Gigitan serangga

Menurut studi tahun 2013 yang tertuang dalam “Journal of Applied Microbiology”, sifat antibakterinya juga umum digunakan untuk deodoran alami dan pembersih rumah. Tak hanya itu, sifat antijamurnya juga bisa digunakan sebagai alternatif ramah lingkungan untuk menyimpan buah dan sayuran. Bahkan, beberapa orang melaporkan bahwa tea tree oil juga dapat mengusir nyamuk dan kutu.

Ada pula yang menggunakan tea tree oil sebagai aromaterapi, tapi belum ada bukti bahwa menghirup aromanya memiliki manfaat lain selain relaksasi. Beberapa orang merekomendasikan tea tree oil untuk meredakan hidung tersumbat, batuk, serta melawan pilek dan flu. Namun, belum ada penelitian tentang menghirup tea tree oil, serta terdapat risiko reaksi alergi.

Tea tree oil juga dikaitkan dengan potensi pengobatan kanker. Dalam studi tahun 2012 yang terbit di “Journal of Dermatologic Science”, ditemukan bahwa ketika tea tree oil diaplikasikan pada tumor di bawah kulit pada tikus, minyak ini ditemukan dapat menghambat pertumbuhan tumor dan menyebabkan regresi tumor dalam satu hari. Dalam tiga hari, tumor tak terdeteksi. Tak hanya itu, dalam sebuah artikel ulasan di jurnal medis “Cancer Therapy & Oncology” menyebut, tea tree oil mungkin efektif sebagai tambahan untuk obat kemoterapi. Namun, butuh penelitian lebih lanjut.

Dengan banyaknya manfaat tea tree oil untuk kesehatan sekaligus kecantikan, mungkin sudah saatnya Anda “berinvestasi” dengan selalu menyediakan minyak ini di rumah atau di tas. Meski beberapa manfaatnya masih membutuhkan penelitian hingga mendapatkan bukti sahih, paling tidak minyak ini bisa selalu Anda andalkan untuk mengatasi kulit berminyak dan jerawat atau obat kumur antibakteri.

(RN/ RVS)

60 Komentar

  • Angelia Thong

    Sit libero nulla et dolore dicta. Molestiae quidem libero tenetur recusandae. Iure iste voluptas sunt consectetur.

  • Angelia Thong

    Reprehenderit non dolore ut dolorum repellendus tempore quod. Et dignissimos et voluptatem voluptatem enim. Et incidunt magnam libero reiciendis et aut quibusdam.

  • Nadil Kaya

    Debitis laudantium blanditiis dolores laboriosam vitae dolores corporis. Dolorem perferendis qui quo illo non. Cupiditate quae quia rem ipsum. Ut ea placeat quas est alias id.