Sukses

Ayah Merokok, Picu Radang Tenggorokan pada Anak?

Kebiasaan ayah merokok dinilai bisa membuat anak lebih rentan mengalami radang tenggorokan. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Rokok dapat menjadi asal mula berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, seorang pria yang sudah menjadi ayah dan memiliki kebiasaan merokok di rumah dinilai bisa mengakibatkan anak-anaknya lebih rentan terhadap penyakit, salah satunya radang tenggorokan.

Memang, ayah tersebut mungkin tidak merokok di depan sang anak. Tetapi pada kenyataannya, sisa zat berbahaya setelah merokok bisa menempel di pakaian, rambut, dan kulit. Artinya, anak bisa saja menjadi perokok tangan ketiga.

Sebagai informasi, perokok tangan ketiga adalah mereka yang menghirup residu dari sisa-sisa asap rokok yang menetap pada area atau permukaan benda yang terpapar rokok atau asapnya. Asap rokok itu sendiri terdiri dari ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

"Baik orang yang merokok maupun mereka yang menjadi perokok pasif, zat-zat dari asap rokok itu bisa menempel di pakaian, rambut, atau kulit. Nah, jika ayah sehabis merokok tidak cuci tangan, ganti baju, atau mencuci bersih tubuhnya, lalu menggendong anak, si anak juga rentan menjadi perokok pasif," jelas dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

"Asap rokok akibat merokok di dalam rumah adalah penyebabnya. Di sisi lain, merokok di luar rumah juga belum tentu aman. Bisa saja asapnya masuk ke dalam rumah," lanjut dr. There.

Lantas, benarkah anak yang menjadi perokok ketiga, rentan mengalami radang tenggorokan? Selama ini Anda mungkin tahu bahwa radang tenggorokan lebih banyak disebabkan oleh virus dan bakteri. Tapi ternyata, rokok juga bisa menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami radang tenggorokan.

"Biasanya itu (merokok) bisa menyebabkan sesak napas, radang tenggorokan, batuk, dan pilek. Selain itu, anak juga bisa menjadi alergi dan malah jadi perokok pasif," dr. There menegaskan.

Bagaimana solusinya?

Sebagai seorang ayah, sudah sepatutnya Anda turut menjaga kesehatan keluarga di rumah. Jika Anda seorang perokok, pikirkan cara-cara agar kebiasaan buruk tersebut tidak merugikan keluarga, terutama si Kecil. Jangan sampai anak Anda mengalami beragam penyakit – termasuk radang tenggorokan – akibat kebiasaan tidak sehat yang Anda lakukan. Jadi, demi melindungi keluarga dari risiko penyakit, ayah wajib berhenti merokok.

Jika dirasa berat, lakukanlah secara bertahap. Akan tetapi, jika Anda memang belum siap meninggalkan kebiasaan buruk tersebut sepenuh hati, setidaknya cobalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas asap rokok. Berikut caranya:

  • Hanya merokok di luar rumah atau jauh dari lingkungan tempat si Kecil berada.
  • Mandi, keramas, dan cuci pakaian segera setelah masuk ke rumah agar tak ada zat beracun dari asap rokok yang menempel.
  • Jangan pernah merokok di dalam mobil, meski dengan jendela yang terbuka lebar, apalagi bila ada si Kecil di dalamnya.

Selalu ingat bahwa kebiasaan merokok yang ayah lakukan sangat mungkin untuk menjadi penyebab radang tenggorokan pada anak. Hal ini khususnya bila ayah yang merokok tidak segera membersihkan diri dari residu zat-zat beracun pada rokok dengan berbagai upaya yang telah disarankan di atas. Bahkan, tak sekadar radang tenggorokan, ayah yang memiliki kebiasaan merokok dan tidak membersihkan diri setelahnya juga berpotensi membuat si Kecil menderita asma.

(NB/ RVS)

41 Komentar

  • Tiara Andini

    Dolor ut saepe quia cumque sapiente nihil. In vero labore ab voluptates alias nesciunt pariatur. Optio ut error aliquam illo consequatur laudantium.

  • Tiara Andini

    Consectetur quis ut ex ullam libero. Adipisci consequatur assumenda fuga eum nesciunt. Illum dolores dolores explicabo officiis. Placeat iste et possimus dolorum cumque harum.

  • tuperi

    Quos possimus tenetur dolore et. Soluta dolores et ut officia quos optio. Expedita ab qui quos aut.