Sukses

Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Konsumsi Sayuran

Rutin konsumsi sayuran setiap hari selain baik untuk kesehatan fisik juga bemanfaat untuk kesehatan mental Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Satu langkah mudah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental adalah menambah “warna” pada isi piring Anda. Tentu yang dimaksud warna bukan pewarna buatan, melainkan warna alami dari sayur dan buah. Manfaat sayuran bagi tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Sayuran sangat kaya akan kandungan mikronutrien seperti vitamin dan mineral, serat, dan antioksidan.

Mikronutrien merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil tetapi memegang peranan penting untuk proses berbagai metabolisme. Serat dalam sayuran bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sementara, antioksidan dalam sayuran berfungsi untuk membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Rupanya, manfaat sayuran tidak berhenti di situ saja. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa sayuran juga baik untuk kesehatan mental. Penelitian di Inggris membuktikan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi sayur setiap hari merasa lebih nyaman dan sejahtera.

Hasil serupa juga tampak pada penelitian di Australia dimana peningkatan konsumsi sayur dan buah ternyata diikuti dengan peningkatan rasa senang, sejahtera, dan nyaman akan diri sendiri. Konsumsi sayuran dan buah juga diketahui dapat menurunkan risiko depresi dan gangguan cemas.

Belum ada teori yang secara pasti dapat menjelaskan bagaimana konsumsi sayuran dapat meningkatkan kesehatan mental. Sejauh ini, alasan yang diyakini adalah adanya vitamin C dan E dalam sayur dan buah mampu menurunkan kadar senyawa peradangan dalam tubuh yang biasanya meningkat pada kondisi gangguan mental dan depresi. Namun, untuk memastikan hal tersebut masih diperlukan penelitian lebih lanjut dalam skala besar.

Selain mengonsumsi sayuran setiap hari, hal-hal berikut dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental:

  1. Olahraga. Berolahraga dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh yang akan menimbulkan rasa nyaman dan senang. Berbagai penelitian telah membuktikan dampak positif olahraga terhadap kesehatan mental, seperti mengurangi rasa cemas, serangan panik, dan depresi.
  1. Istirahat cukup. Lembur, begadang, dan aktivitas sehari-hari yang berat membuat Anda rentan mengalami kelelahan yang bila dibiarkan terus-menerus akan memengaruhi kesehatan mental. Karena itu, usahakan untuk selalu cukup beristirahat dengan tidur malam setidaknya 6-8 jam per hari. Kalaupun Anda harus begadang karena tuntutan pekerjaan, jangan begadang beberapa hari berturut-turut.
  1. Bergabung dalam komunitas. Setiap manusia membutuhkan manusia lainnya karena salah satu kebutuhan dasar manusia adalah untuk berkomunikasi, diterima oleh orang lain, dan memiliki relasi dengan sesamanya. Karena itu, pastikan Anda selalu bersosialisasi dengan rekan kerja Anda, tetangga, keluarga, atau komunitas seminat. Sosialisasi yang sehat dapat menjadi ruang untuk melepaskan emosi-emosi yang negatif sehingga mental Anda dapat lebih sehat.
  1. Lakukan hobi. Sesibuk apa pun, sisihkanlah sedikit waktu untuk hobi Anda. Melakukan hobi akan membantu melepaskan penat dan mempersiapkan mental Anda untuk kembali bekerja.
  1. Berdoa dan beribadah. Studi menunjukkan bahwa berdoa dan beribadah serta kegiatan spiritual lainnya akan meningkatkan kesehatan dan ketahanan mental Anda menghadapi berbagai masalah.

Demi kesehatan mental Anda, sebaiknya jangan absen mengonsumsi sayuran setiap hari. Usahakan ada satu porsi sayuran dan buah di setiap waktu makan Anda. Makan sayur setiap hari dikombinasikan dengan kiat-kiat di atas akan menolong Anda tetap sehat, baik fisik maupun mental.

[RS/ RVS]

6 Komentar

  • Rizkha Jelita

    Dolorem omnis iure laboriosam voluptas eum. Possimus molestiae quos illum ducimus nesciunt sed. Rerum veritatis architecto quasi doloremque et dolores. Iure blanditiis enim aut.

  • Rizkha Jelita

    Doloremque eligendi ducimus fuga. Id vitae nobis provident quis. Maxime quia animi ratione et sed cum molestias at. Fugiat nam aspernatur repellendus velit quae sunt.

  • Rizkha Jelita

    Quidem aliquid ad facere fuga. Nulla sequi voluptatem consectetur vitae. Quas inventore aut eveniet ut.