Sukses

Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat mengganggu aktivitas Anda? Tak perlu khawatir. Ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Hidung tersumbat atau mampet adalah gejala yang sering muncul saat seseorang mengalami flu atau alergi. Meski terlihat sepele, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas bahkan menurunkan kualitas hidup. 

Hidung tersumbat terjadi akibat peradangan di saluran pernapasan, sehingga struktur di dalam hidung mengalami pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat flu, alergi, maupun sinusitis.

Namun, jangan khawatir. Anda dapat mencoba melakukan beberapa pengobatan rumahan untuk mengurangi gejala. 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat Anda lakukan:

1 dari 13 halaman

1. Gunakan Humidifier

Humidifier adalah sebuah alat yang dapat mengubah air menjadi uap, yang kemudian diembuskan ke udara untuk meningkatkan kelembapan ruangan. Alat ini dapat Anda gunakan di rumah atau di kantor untuk mengatasi hidung tersumbat.

Kondisi udara yang lembap dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus Anda, serta mengencerkan lendir di sinus. 

2 dari 13 halaman

2. Mandi Air Hangat

Anda bisa mandi menggunakan air hangat untuk menangani hidung yang mampet. Hal ini akan membantu mengencerkan lendir serta mengurangi peradangan di sinus. 

Meski tidak menjamin akan menghilangkan hidung mampet seutuhnya, mandi air hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman selama beberapa saat.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat

3 dari 13 halaman

3. Minum Air yang Cukup

Untuk mengatasi hidung tersumbat, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan minum air secara cukup. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi air putih secara berkala setiap harinya. 

Cairan akan membantu mengatasi peradangan serta mengencerkan dahak, sehingga pernapasan akan terasa lebih lega. Anda dapat menggunakan air dengan suhu biasa atau air hangat.

Jika Anda juga mengalami nyeri tenggorokan, minuman hangat seperti teh dapat meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan. 

4 dari 13 halaman

4. Kompres Hangat pada Hidung

Kompres hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat sinusitis dan melegakan hidung. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan waslap yang dibasahi air hangat.

Untuk membuat kompres hangat, pertama-tama rendam handuk dalam air hangat. Selanjutnya, peras air dari handuk, lalu lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi Anda.

5 dari 13 halaman

5. Pijat Hidung dan Pipi

Salah satu cara meredakan hidung tersumbat bisa dengan pijat hidung dan pipi. Tindakan ini dapat dilakukan bersamaan atau setelah Anda mengompres hangat di area tersebut. 

Lakukan pijatan dengan jari telunjuk. Pijat bagian tepi hidung selama 30 detik dan diulang sampai beberapa kali hingga Anda merasa lebih baik.

6 dari 13 halaman

6. Semprot Hidung dengan Air Garam

Menggunakan semprotan garam hidung dapat meningkatkan kelembapan di lubang hidung Anda, sehingga bisa menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat. 

Anda dapat menggunakan produk saline nasal spray yang memang mengandung air garam. Cairan garam juga dapat membantu mengencerkan lendir Anda. 

Artikel lainnya: Penyebab Hidung Tersumbat tapi Tidak Pilek

7 dari 13 halaman

7. Cuci Hidung

Cobalah untuk rutin melakukan cuci hidung dengan cairan garam. Anda dapat menggunakan alat khusus cuci hidung dan mengisinya dengan cairan garam khusus. Setelah itu, alirkan cairan tersebut dari masing-masing lubang hidung. 

Cuci hidung dapat menjadi cara melegakan hidung tersumbat sekaligus membersihkan saluran pernapasan. Anda mungkin perlu konsultasi dengan dokter mengenai prosedur yang tepat dalam melakukan terapi ini, agar manfaatnya lebih optimal.

8 dari 13 halaman

8. Hirup Uap Rebusan Air

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan menghirup uap panas dari air rebusan. 

Anda dapat menggunakan air biasa atau air yang sudah dicampurkan herbal, misalnya daun mint, atau diteteskan dekongestan alami, seperti minyak kayu putih. 

Minyak kayu putih mempunyai sifat antibakteri, antiinflamasi dan antinyeri, sehingga menghirup uap yang diberi minyak kayu putih dapat membantu mengurangi gejala hidung mampet.

9 dari 13 halaman

9. Konsumsi Makanan Hangat

Anda mungkin sudah tahu, konsumsi sup hangat dapat membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat. Uap yang keluar dari sup bisa melegakan saluran pernapasan Anda, seperti halnya mandi air panas.

Karena itu, sup ayam dapat menjadi pilihan makanan hangat saat Anda sedang flu. Bahkan, ada penelitian yang mengatakan bahwa sup ayam membantu meringankan peradangan yang terkait dengan hidung tersumbat dan flu biasa.

10 dari 13 halaman

10. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mudah mengatasi hidung tersumbat, khususnya bila disertai keluhan lendir kental di belakang tenggorokan.

Selain itu, berkumur dengan air garam dapat meringankan gejala nyeri tenggorokan yang bisa muncul bersamaan dengan hidung tersumbat.

Artikel lainnya: Hidung Sering Tersumbat, Waspada Sinusitis Akut!

11 dari 13 halaman

11. Konsumsi Makanan Pedas

Bagi Anda yang suka mengonsumsi makanan pedas, cara ini bisa Anda gunakan untuk melegakan hidung tersumbat, lho. 

Ternyata, kandungan kapsaisin di dalamnya dapat membantu membersihkan sinus dan mengencerkan lendir, sehingga menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Tapi ingat, jangan terlalu banyak makan pedas agar tidak memunculkan masalah baru, yaitu gangguan pencernaan.

12 dari 13 halaman

12. Menggunakan Obat Dekongestan

Selain cara-cara alami di atas, penggunaan obat dekongestan juga bisa menjadi pilihan Anda dalam mengatasi hidung tersumbat. 

Obat dekongestan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan saluran hidung yang teriritasi.

Ada banyak pilihan obat dekongestan yang bisa dibeli secara bebas. Bahkan beberapa saline spray juga ada yang mengandung dekongestan. 

Meski dijual bebas, penggunaannya tidak boleh terlalu lama (lebih dari seminggu), karena dapat memperparah keluhan hidung tersumbat.

Itu dia cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba di rumah. Cukup mudah, bukan?

Apabila keluhan berlanjut, terasa semakin berat, ingus atau lendir hidung semakin kental dan berwarna hijau disertai bau, atau muncul keluhan lainnya, ada baiknya segera berobat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya yang menarik dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

[RS]

2 Komentar

  • Ran******Mudo

    Autem nihil aliquid minima commodi eum facere. Labore autem sint pariatur vero minima. Dignissimos omnis possimus sint at quo molestias quo sit.

  • Ran******Mudo

    Sapiente repudiandae ratione est ea accusantium voluptatem consectetur porro. Deserunt sunt qui rem quo consequatur eius eius. Tempora reiciendis aspernatur harum adipisci eos.