Sukses

Pola Makan Tepat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu cara menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan menjalankan pola makan yang sehat. Namun, seperti apa pola makan yang tepat? Simak di sini.

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Artinya, Anda harus memerhatikan segala makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari agar kesehatan ginjal selalu terjaga. 

Pasalnya, pola makan yang buruk adalah salah satu faktor risiko penyakit ginjal kronis.

Hal itu dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dipimpin oleh Alex Chang, MD, MS dari John Hopkins University.

Dokter Chang dan tim peneliti menemukan orang-orang dengan fungsi ginjal normal, tetapi kualitas asupan makanan hariannya buruk, lebih berisiko tinggi mengalami penyakit ginjal di kemudian hari.

“Tidak seperti riwayat keluarga, pola makan adalah faktor risiko penyakit ginjal kronis yang dapat dimodifikasi dan dikendalikan. Dengan memperbaiki pola makan dan mempertahankan berat badan tetap normal, orang-orang dapat melindungi dan mencegah kerusakan ginjal di masa depan," tegas Dr. Chang, dikutip dari National Kidney Foundation. 

Pola makan sehat yang dianjurkan adalah dengan mengontrol jumlah protein, natrium, fosfor, dan kalium, tanpa mengabaikan kalori. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah pola makan sehat yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan ginjal: 

1 dari 5 halaman

1. Kurangi Natrium atau Garam

Supaya ginjal selalu sehat, hindari mengonsumsi garam secara berlebihan. Dalam sehari, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi garam sebanyak 2.300 miligram atau maksimal sekitar satu sendok teh. 

Selain garam, sumber natrium yang harus diperhatikan adalah makanan kaleng, makanan berpengawet, serta berbagai jenis saus dan kecap yang sering digunakan sebagai penyedap rasa. Sebab, makanan olahan tersebut umumnya mengandung kadar garam yang tinggi.

2. Kurangi Mengonsumsi Daging Merah

Daging merah mengandung kadar protein yang tinggi. Protein merupakan nutrisi penting yang baik untuk pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh. 

Protein sebetulnya aman dikonsumsi, asalkan sesuai dengan usia dan kondisi masing-masing orang. 

Namun, seiring bertambahnya usia atau saat mengalami penyakit ginjal, konsumsi protein harus diperhatikan jumlahnya agar tak memberatkan ginjal. 

Lansia atau penderita penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi protein berlebih karena zat tersebut bisa menumpuk dan membuat kerja ginjal semakin berat.

Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan asidosis atau perubahan kondisi darah yang menjadi lebih asam.

Artikel Lainnya: Punya Penyakit Ginjal, Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini

2 dari 5 halaman

3. Hindari Minum Soda

Minuman bersoda memiliki kandungan kalori yang tinggi dan tidak memberikan gizi apa pun ke tubuh Anda. 

Terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda dan mengandung tinggi gula dapat menyebabkan obesitas serta diabetes. Kedua kondisi tersebut merupakan faktor risiko penyakit ginjal.

Selain itu, minuman bersoda juga mengandung zat aditif fosfor yang membahayakan kesehatan ginjal. Oleh karena itu, hindari minuman bersoda dan minuman manis agar ginjal tetap terjaga baik. 

4. Jangan Mengonsumsi Makanan Olahan

Keripik kentang, krim keju, dan makanan olahan lainnya memang kudapan paling pas untuk dinikmati sore hari. 

Kendati demikian, makanan olahan tersebut kaya akan natrium dan zat aditif fosfor yang mengancam kesehatan ginjal Anda. Maka itu, hindari atau kurangi konsumsi makanan olahan tersebut terhindar dari penyakit ginjal.

Artikel Lainnya: Haruskah Penderita Gagal Ginjal Cuci Darah Seumur Hidup?

3 dari 5 halaman

5. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis kekinian memang banyak digemari masyarakat. Sayangnya, makanan dan minuman manis tersebut mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan diabetes dan obesitas

Misalnya yang disinggung di atas, keduanya bisa menyebabkan penyakit ginjal.Untuk menjaga kesehatan ginjal, maka Anda perlu membatasi konsumsi gula dari makanan dan minuman manis. 

Terlebih, bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki penyakit diabetes melitus, asupan gula harus lebih dibatasi!

6. Kurangi Makanan Berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan risiko kegemukan, bahkan obesitas (sangat gemuk). 

Berbagai penelitian menunjukkan obesitas dapat menyebabkan seseorang terkena berbagai penyakit diabetes dan hipertensi. Keduanya adalah faktor risiko penyakit ginjal kronis!

Karena itulah, mengurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang digoreng, mengandung santan, udang, dan telur puyuh, dapat membahayakan kondisi ginjal. 

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Kesehatan Ginjal agar Tetap Sehat

4 dari 5 halaman

7. Banyak Minum Air Putih

Setiap orang setidaknya harus minum sebanyak dua  liter atau delapan gelas air putih dalam sehari. 

Jika mengonsumsi air kurang dari itu, ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring darah dan racun di dalam tubuh. 

Jika ginjal melakukan tugas berat secara berkelanjutan, fungsinya bisa mengalami penurunan. Akibatnya, dapat terjadi gangguan fungsi hingga gagal ginjal. Nantinya, Anda harus menjalani cuci darah rutin seumur hidup.

Sudah tahu, kan, mengubah pola makan jadi sehat adalah kunci untuk mencegah sakit ginjal? 

Apabila masih ada yang ingin diketahui tentang masalah ginjal, konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar