Sukses

8 Tips Menjaga Kesehatan agar Tak Mudah Sakit

Memasuki musim pancaroba, daya tahan tubuh bisa jadi melemah. Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan agar Anda tak mudah sakit.

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki musim pancaroba seperti saat ini, Anda mungkin akan lebih mudah sakit. Oleh sebab itu, lakukan upaya menjaga kesehatan agar tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim kemarau pada 2019 akan dimulai pada awal April.

Artinya, pada saat ini sedang terjadi pancaroba atau peralihan musim yang ditandai dengan angin kencang, debu yang bertebaran, hujan yang tak menentu, hingga cuaca yang tiba-tiba terik. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, cuaca seperti inilah yang akan membuat Anda lebih mudah jatuh sakit.

"Musim pancaroba identik dengan musim sakit karena adanya perubahan tekanan, komposisi, serta suhu udara. Suhu udara yang secara cepat menjadi lembap atau dingin membuat perkembangan virus dan bakteri juga lebih cepat," ujarnya.

Tak perlu cemas. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti berikut ini agar tak mudah sakit di musim pancaroba seperti sekarang ini:

1. Makan sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin yang membantu Anda mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tikus, makan sayuran hijau dapat mengirim sinyal kimia ke tubuh yang diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang efisien.

3. Istirahat yang cukup

Dijelaskan oleh dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, tidur berkualitas dalam durasi cukup sangat penting untuk menjaga performa tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan tidur dalam sehari, keseimbangan hormonal dan sistem imunitas tubuh akan senantiasa terjaga.

Tidur cukup juga amat membantu Anda dalam memperbaiki sel-sel tubuh. Jadi sebaiknya, tidurlah selama 6–8 jam dalam sehari," ujarnya.

3. Aktif bergerak

Tetap aktif dengan olahraga teratur seperti berjalan kaki tiga kali seminggu selama 30 menit dapat membantu mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres serta melepas hormon yang berkaitan dengan stres, dan mempercepat sirkulasi sel darah putih yang melawan penyakit. Sehingga, tubuh pun dapat melawan berbagai penyakit, termasuk flu yang kerap menyerang di musim pancaroba.

4. Pastikan Anda cukup vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pertumbuhan tulang yang buruk, masalah kardiovaskular, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Oleh sebab itu, konsumsilah sumber vitamin D yang baik seperti kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi.

Selain itu, Anda juga dapat membeli suplemen vitamin D di toko bahan makanan atau apotek setempat. Pilih suplemen yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda sangat penting untuk menciptakan daya tahan tubuh yang optimal.

5. Konsumsi vitamin C

Hingga kini memang belum ada bukti bahwa vitamin C dapat mengurangi keparahan atau mempercepat penyembuhan penyakit.

Namun, sebuah penelitian tahun 2006 dalam European Journal of Clinical Nutritions menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal pilek dan flu, terutama pada mereka yang sedang stres.

6. Kelola stres dengan benar

Selama bertahun-tahun, para dokter curiga akan adanya hubungan antara stres mental kronis dan penyakit fisik. Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh National Academy of Sciences, cara yang efektif untuk mengatur stres adalah dengan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu, mulai sekarang cobalah berlatih yoga atau meditasi untuk menghilangkan stres, daripada Anda melakukan pelarian lewat makanan atau minum alkohol. Dengan demikian, hidup Anda menjadi lebih tenang dan terbebas dari stres.

7. Jangan minum alkohol

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum alkohol dapat merusak sel dendritik tubuh, yakni komponen yang cukup vital dalam sistem kekebalan tubuh.

Meningkatnya konsumsi alkohol dari waktu ke waktu dapat menyebabkan peningkatan paparan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus karena daya tahan tubuh pun semakin menurun.

8. Dapatkan vaksin flu

Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan agar semua orang yang berusia di atas enam bulan mendapatkan vaksin flu yang rutin diberikan setiap tahunnya. Cara ini amat baik untuk mencegah flu yang mungkin saja menyerang saat masa pancaroba.

Menjaga kesehatan amat penting untuk dilakukan demi menunjang aktivitas harian Anda, terutama di musim pancaroba saat ini. Agar tak mudah sakit, ikuti berbagai tips di atas dan imbangi upaya tersebut dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • Dini Agustini Puteri

    terima kasih informasinya.perkenalkan Saya Dini Agustini Puteri (1722500067) Kelompok : SI5B , Matakuliah :Rekayasa Web. jangan lupa kunjungi website kampus saya (https://www.atmaluhur.ac.id)