Sukses

Sering Makan Gado-gado Picu Asam Urat?

Gado-gado adalah makanan favorit banyak orang. Namun sayang, makan gado-gado konon bisa memicu asam urat!

Klikdokter.com, Jakarta Gado-gado merupakan salah satu menu makanan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Makanan tradisional ini antara lain berisi aneka sayuran, tempe, dan tahu, kemudian disiram dengan saus kacang. Namun sayang, meski lezat dan mengandung banyak sayur, ada yang mengatakan bahwa makan gado-gado bisa memicu asam urat. Lalu, bagaimana ahli medis menanggapi hal ini?

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, sebaiknya tahan dulu ‘tuduhan’ Anda terhadap gado-gado. Menurut dr. Dyan Mega, penyebab utama dari munculnya keluhan asam urat adalah makanan yang mengandung kadar purin sangat tinggi. Namun, ketimbang sayuran, kandungan purin yang lebih banyak dapat Anda temukan dalam jeroan.

“Ketimbang sayuran hijau atau kacang-kacangan –seperti gado-gado, jeroanlah yang memiliki kadar purin yang paling tinggi. Jadi, yang lebih mungkin untuk memicu asam urat dengan cepat adalah jeroan, bukan gado-gado,” ujar dokter yang kerap disapa Ega itu.

Faktor risiko asam urat

Akan tetapi, tentu hal itu akan berbeda apabila sedari awal Anda sudah memiliki faktor risiko, seperti kadar asam urat yang sudah di ambang batas dan lanjut usia. Ketika Anda memiliki kadar asam urat yang di ambang batas, makanan berpurin sedang pun bisa memicu timbulnya nyeri dan bengkak sendi asam urat.

Akan tetapi, Anda yang tidak memiliki faktor risiko, gado-gado tidak akan menyebabkan asam urat selama dikonsumsi dalam jumlah wajar. “Bila Anda mengonsumsi gado-gado setiap hari dengan porsi yang berlebihan, barulah bisa menyebabkan timbulnya asam urat,” dr. Ega menegaskan.

Faktor lain yang memicu terjadi pengkristalan asam urat ialah jenis kelamin (cenderung pria), riwayat keluarga, serta konsumsi obat-obatan –seperti diuretic tiazid dan aspirin. Anda yang termasuk dalam risiko di atas memang mesti lebih selektif dan hati-hati dalam memilih menu makanan.

Sayuran tetap penting

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc dari KlikDokter, Anda sebaiknya tidak berhenti makan sayur hanya karena dugaan gado-gado bisa menyebabkan asam urat. Menurut dia, sayur kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat penting bagi tubuh Anda. Selain itu, sayuran juga dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga metabolisme tubuh.

Namun yang penting menurut dr. Nitish, Anda dapat mengontrol konsumsi beberapa sayuran yang memiliki kadar purin sedang. Antara lain, asparagus, bayam, daun singkong, kangkung, dan biji melinjo. Sayuran tersebut memiliki kadar purin sebanyak 9-100 mg purin per 100 gram.  Selain itu, hindari pula ikan berlemak dan makanan laut, seperti udang, kepiting, dan kerang, karena bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Jadi, Anda yang penggemar gado-gado tidak perlu risau. Makanan kesukaan Anda ini bukanlah penyebab utama timbulnya gangguan asam urat. Namun, bila Anda memiliki faktor risiko asam urat, batasilah konsumsi sayuran dan protein nabati berpurin sedang. Dan yang terpenting, konsumsilah apa pun secukupnya, termasuk gado-gado.

[HNS/RH]

0 Komentar

Belum ada komentar