Sukses

Selain Meditasi Saat Nyepi, 5 Aktivitas Ini Baik untuk Otak

Daripada berdiam diri sepanjang hari saat hari raya Nyepi, yuk lakukan aktivitas sederhana ini untuk memelihara kesehatan otak!

Klikdokter.com, Jakarta Hari raya Nyepi mengharuskan umat Hindu tidak bepergian dan tidak melakukan kesibukan yang berarti, tidak mengeluarkan kegaduhan, serta tidak menyalakan api (sumber cahaya lain, termasuk lampu). Gunanya, agar dalam sunyi dan gelap, umat Hindu bisa merenungkan segala perbuatan di dunia dan menyucikan diri. Umumnya, meditasi sering dilakukan saat Nyepi. Namun, bagi Anda yang tidak ingin meditasi atau tidur seharian, ada beberapa referensi kegiatan yang baik untuk otak dan bisa Anda lakukan sebelum hari gelap.

Asah otak dengan kegiatan simpel ini

Meditasi memang umum dilakukan saat Nyepi. Namun beberapa aktivitas lain seperti dilansir Everyday Health, berikut, juga bisa menjadi pilihan.

  • Berinteraksi dengan permainan kata

Permainan kata yang dimaksud di sini adalah membaca. Membaca berita, baik di surat kabar maupun berita online, merupakan kegiatan awal yang baik untuk melatih kemampuan otak. Bahkan, menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc dari KlikDokter, membaca (dongeng atau ensiklopedia) merupakan stimulan yang tepat dalam mengembangkan sel saraf otak secara maksimal.

John E. Morley, MD., Direktur Divisi Kedokteran Geriatri dari St Louis University, mengatakan bahwa bermain sudoku dan permainan kata-kata, seperti membaca komik strip, juga baik dilakukan.

  • Mendengarkan musik dan belajar alat musik (bagi yang tidak merayakan Nyepi)

Bosan di rumah karena tidak ada rencana bepergian di hari libur Nyepi? Biarkanlah musik mengalun di rumah Anda! Sebab, mendengarkan musik, menyanyikannya, dan belajar bermain alat musik dapat memelihara fungsi otak sehingga Anda akan terhindar dari masalah kepikunan. Meski demikian, jika tetangga Anda sedang merayakan Nyepi, hormati ibadah mereka dengan memelankan volume musik Anda, ya.

  • Belajar masak dari resep baru (bagi yang tidak merayakan Nyepi)

Ingin mencoba kuliner baru, tapi malas ke luar rumah? Bagi Anda yang tidak merayakan Nyepi, cobalah membuat masakan sendiri dari resep terbaru! Pasalnya, dikutip dari Everyday Health, memasak melibatkan banyak indera, seperti penciuman, sentuhan, penglihatan, dan rasa.  Dampaknya, semua bagian otak Anda pun bekerja aktif.

  • Perbaiki kemampuan tangan dan mata Anda

Lakukan hobi baru yang melibatkan keterampilan motorik halus, seperti merajut, menggambar, melukis, dan menyusun puzzle. Dengan begitu, imajinasi serta kreativitas Anda akan lebih berkembang dan Anda bisa menuangkan imajinasi ke dalam bentuk yang lebih konkret.

  • Lakukan aktivitas olahraga (untuk yang Tidak Merayakan Nyepi)

Terlalu terbiasa dengan olahraga kardio, seperti berlari atau bersepeda? Anda yang tidak merayakan Nyepi dapat mencoba olahraga yang mengaitkan tubuh dan pikiran, misalnya yoga. Dengan begitu, Anda tetap dapat membakar kalori, menghilangkan pegal, sekaligus melepas penat dan beban pikiran. Bagi Anda yang baru mencoba yoga, mungkin latihan pertama akan membuat tubuh Anda sedikit sakit. Tapi jika sudah dilakukan beberapa kali, pasti tubuh akan jauh lebih segar!

Selain meditasi, cukup banyak aktivitas yang baik dilakukan untuk mengasah otak saat hari raya Nyepi. Bagi Anda yang merayakan Nyepi, pilih aktivitas yang tidak terlalu berat dan tak melibatkan banyak suara, ya. Sebab, hal tersebut merupakan pantangan saat menyepikan diri. Sedangkan bagi Anda yang tidak merayakan Nyepi, eksplorasilah segala aktivitas yang mengasah otak. Dengan begitu, saat Anda kembali masuk kerja, kemampuan serta kualitas pekerjaan Anda tidak menurun akibat libur.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar