Sehat dan Bugar

Selain Meditasi Saat Nyepi, 8 Aktivitas Ini Baik untuk Otak

Daripada berdiam diri sepanjang hari saat hari raya Nyepi, yuk lakukan aktivitas sederhana ini untuk memelihara kesehatan otak!

Selain Meditasi Saat Nyepi, 8 Aktivitas Ini Baik untuk Otak

Tanggal 11 Maret 2024 merupakan Hari Raya Suci Nyepi Saka 1946, hal tersebut mengharuskan umat Hindu tidak berpergian dan tidak melakukan kesibukan yang berarti, tidak mengeluarkan kegaduhan, serta tidak menyalakan api (sumber cahaya lain, termasuk lampu).

Gunanya, agar dalam sunyi dan gelap, umat Hindu bisa merenungkan segala perbuatan di dunia dan menyucikan diri. Umumnya, meditasi sering dilakukan saat Nyepi.

Namun, bagi Kamu yang tidak ingin meditasi atau tidur seharian, ada beberapa referensi kegiatan yang baik untuk otak dan bisa Kamu lakukan sebelum hari gelap.

Meditasi memang umum dilakukan saat Nyepi. Namun beberapa aktivitas lain seperti dilansir Everyday Health, berikut, juga bisa menjadi pilihan.

1. Berinteraksi dengan Permainan Kata

Permainan kata yang dimaksud di sini adalah membaca. Membaca berita, baik di surat kabar maupun berita online, merupakan kegiatan awal yang baik untuk melatih kemampuan otak.

Bahkan, menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc dari KlikDokter, membaca (dongeng atau ensiklopedia) merupakan stimulan yang tepat dalam mengembangkan sel saraf otak secara maksimal.

John E. Morley, MD., Direktur Divisi Kedokteran Geriatri dari St Louis University, mengatakan bahwa bermain sudoku dan permainan kata-kata, seperti membaca komik strip, juga baik dilakukan.

2. Mendengarkan Musik dan Belajar Alat Musik 

Bosan di rumah karena tidak ada rencana bepergian di hari libur Nyepi? Biarkanlah musik mengalun di rumah Kamu! Sebab, mendengarkan musik, menyanyikannya, dan belajar bermain alat musik dapat memelihara fungsi otak sehingga Kamu akan terhindar dari masalah kepikunan.

Meski demikian, jika tetangga Kamu sedang merayakan Nyepi, hormati ibadah mereka dengan memelankan volume musik Kamu, ya.

3. Belajar Masak dari Resep Baru 

Ingin mencoba kuliner baru, tapi malas ke luar rumah? Bagi Kamu yang tidak merayakan Nyepi, cobalah membuat masakan sendiri dari resep terbaru!

Pasalnya, dikutip dari Everyday Health, memasak melibatkan banyak indera, seperti penciuman, sentuhan, penglihatan, dan rasa. Dampaknya, semua bagian otak Kamu pun bekerja aktif.

4. Perbaiki Kemampuan Tangan dan Mata Kamu

Lakukan hobi baru yang melibatkan keterampilan motorik halus, seperti merajut, menggambar, melukis, dan menyusun puzzle. Dengan begitu, imajinasi serta kreativitas Kamu akan lebih berkembang dan Kamu bisa menuangkan imajinasi ke dalam bentuk yang lebih konkret.

5. Lakukan Aktivitas Olahraga 

Terlalu terbiasa dengan olahraga kardio, seperti berlari atau bersepeda? Kamu yang tidak merayakan Nyepi dapat mencoba olahraga yang mengaitkan tubuh dan pikiran, misalnya yoga.

Dengan begitu, Kamu tetap dapat membakar kalori, menghilangkan pegal, sekaligus melepas penat dan beban pikiran. Bagi Kamu yang baru mencoba yoga, mungkin latihan pertama akan membuat tubuh Kamu sedikit sakit. Tapi jika sudah dilakukan beberapa kali, pasti tubuh akan jauh lebih segar!

6. Menggambar atau Melukis 

Gunakan waktu luang ini untuk menyalurkan kreativitas Kamu, karna menggambar dan melukis merupakan aktivitas yang membantu Kamu untuk relaksasi dan meningkatkan konsentrasi. Melukis dan menggambar juga dapat meningkatkan mood Kamu, karna hormon endorfin yang meningkat.

7. Bermain Game Tradisional

Bermain game tradisional dirumah juga baik untuk otak, permainan yang bisa Kamu lakukan dirumah seperti congklak, bola bekel, gobak sodor, bentengan dan lain lain.

Permainan tradisional tersebut mampu meningkatkan keterampilan sosial, membantu meningkatkan keterampilan komunikasi, kerjasama dan empati.

8. Menonton Film 

Untuk mengisi waktu luangmu Kamu juga bisa menonton film kesukaan Kamu. Menonton film mampu meningkatkan empati, merangsang imajinasi, meningkatkan koneksi emosional dan Kamu juga mendapatkan pelajaran hidup dari film tersebut.

Genre film yang baik untuk otak yaitu dokumenter, drama, thriller, fiksi ilmiah, misteri dan musikal. Selain meditasi, cukup banyak aktivitas yang baik dilakukan untuk mengasah otak saat hari raya Nyepi.

Bagi Kamu yang merayakan Nyepi, pilih aktivitas yang tidak terlalu berat dan tak melibatkan banyak suara, ya. Sebab, hal tersebut merupakan pantangan saat menyepikan diri. Sedangkan bagi Kamu yang tidak merayakan Nyepi, eksplorasilah segala aktivitas yang mengasah otak.

Dengan begitu, saat Kamu kembali masuk kerja, kemampuan serta kualitas pekerjaan Kamu tidak menurun akibat libur. Jika Kamu ada pertanyaan tentang tema diatas Kamu bisa gunakan layanan Tanya Dokter dan jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu.

[HNS/ RVS]

meditasiKesehatan otakDaya IngatYogaOtakHari Raya NyepiNyepi

Konsultasi Dokter Terkait