HomeInfo SehatOtot dan SendiLakukan 9 Hal Ini Saat Anda Nyeri Lutut
Otot dan Sendi

Lakukan 9 Hal Ini Saat Anda Nyeri Lutut

Krisna Octavianus Dwiputra, 28 Feb 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan abaikan nyeri lutut yang Anda alami karena bisa sangat menggangu aktivitas. Lakukan beberapa hal ini saat lutut Anda terasa nyeri.

Lakukan 9 Hal Ini Saat Anda Nyeri Lutut

Jika berbicara nyeri sendi, salah satu yang paling sering dialami adalah nyeri lutut. Nyeri lutut bisa terjadi karena berbagai faktor. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika merasakan sakit nyeri lutut.

Nyeri lutut yang tidak ditangani bisa sampai menggangu aktivitas sehari-hari Anda. Menurut dr. Muhammad Anwar Irzan kepada KlikDOkter, sendi lutut adalah bagian sendi yang paling sering mengalami nyeri. Hal ini terjadi karena sendi lutut merupakan sendi yang menopang hampir seluruh berat badan seseorang. Berjalan, berlari, melompat, naik-turun tangga, tidak lepas dari bantuan sendi lutut.

"Di saat seseorang memiliki berat badan berlebih, sendi lutut dituntut untuk bekerja lebih keras. Inilah salah satu alasan mengapa nyeri sendi sering terjadi di lutut," ujar dr. Anwar Irzan.

Namun, nyeri lutut tak sekadar sampai di situ saja. Seiring bertambahnya usia, kemampuan sendi lutut juga akan semakin menurun. Dalam kondisi seperti ini, nyeri dan kekakuan sendi lutut akibat peradangan disebut dengan osteoartritis.

Meski begitu, saat Anda nyeri lutut, hal itu bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana di bawah ini:

  1. Melakukan latihan

Beberapa latihan, terutama latihan kardio memperkuat otot-otot yang mendukung lutut Anda dan meningkatkan fleksibilitas. Latihan beban dan peregangan juga perlu dilakukan. Untuk kardio, beberapa pilihan yang baik termasuk berjalan, berenang, dan sepeda statis. Sementara itu, tai chi juga dapat membantu meringankan kekakuan dan meningkatkan keseimbangan.

  1. Jangan perbesar risiko jatuh

Lutut yang sakit atau tidak stabil dapat membuat Anda lebih mungkin terjatuh, yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan lutut. Kendalikan risiko jatuh Anda dengan memastikan rumah Anda cukup terang, menggunakan pegangan tangan di tangga, dan menggunakan tangga yang kokoh atau kursi jika Anda harus meraih sesuatu dari rak yang tinggi.

  1. Gunakan metode RICE

Gunakan metode RICE. Ini adalah Rest (istirahat), Ice (kompres es), Compress (membalut lutut), dan Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri). Metode ini baik untuk nyeri lutut yang disebabkan oleh cedera ringan atau radang sendi.

Selanjutnya

  1. Jangan mengabaikan berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan bisa mengurangi tekanan pada lutut Anda. Anda bahkan tidak perlu mencapai berat "ideal" Anda. Penurunan berat badan sedikit saja bahkan bisa memberikan perbedaan.

  1. Jangan malu menggunakan alat bantu jalan

Kruk atau tongkat dapat menghilangkan tekanan dari lutut Anda. Belat lutut juga dapat membantu lutut Anda untuk tetap stabil.

  1. Pertimbangkan akupunktur

Pengobatan tradisional Tiongkok ini secara luas digunakan untuk meredakan berbagai jenis rasa sakit dan dapat membantu sakit lutut. Nantinya, jarum-jarum akupuntur akan ditempatkan di sekitar lutut Anda yang sakit.

  1. Perhatikan kenyamanan sepatu Anda

Ini terutama bagi orang yang sering berolahraga dan sepatu sebagai "senjatanya". Sol yang empuk dapat mengurangi stres pada lutut Anda. Untuk osteoartritis lutut, dokter sering merekomendasikan sol khusus yang Anda masukkan ke sepatu. Untuk menemukan sol yang sesuai, bicarakan dengan dokter Anda atau ahli terapi fisik.

  1. Hitung suhu

Untuk 48 hingga 72 jam pertama setelah cedera lutut, gunakan kompres dingin untuk meredakan pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Kantung plastik berisi es atau ice pack dapat membantu Anda. Gunakan selama 15 hingga 20 menit dalam tiga atau empat kali sehari. Bungkus kompres es Anda dengan handuk agar tidak terlalu dingin pada kulit Anda.

Setelah itu, Anda dapat "memanaskan" lutut Anda dengan mandi air hangat, menggunakan bantal pemanas, atau handuk hangat selama 15 hingga 20 menit, tiga atau empat kali sehari.

  1. Jangan goyang sendi Anda

Hindari latihan atau olahraga yang membuat lutut bekerja keras, seperti berlari, melompat, dan kickboxing. Juga hindari melakukan squat-jump. Itu karena membuat banyak tekanan pada lutut Anda. Ini dapat memperburuk rasa sakit dan, jika tidak dilakukan dengan benar, menyebabkan cedera.

Itu adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami kondisi nyeri lutut. Pastikan Anda juga berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk mendapatkan perawatan yang lebih menyeluruh.

[RN/ RVS]

lututAkupunkturalat bantu jalanBerat BadanNyeri LututnyeriNyeri SendiSendi

Konsultasi Dokter Terkait