Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Kebanyakan Makan Buah, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!

Jangan Kebanyakan Makan Buah, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!

Buah memang mengandung ragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, Anda tetap tidak dianjurkan makan buah terlalu banyak. Ini bahaya kebanyakan makan buah.

Buah adalah salah satu jenis makanan dengan ragam nutrisi penting, yang dapat mendatangkan manfaat kesehatan. Meski demikian, medis ternyata tidak menganjurkan Anda untuk kebanyakan makan buah, lho!

Tidak dimungkiri, buah memang kaya akan kandungan vitamin, cairan, antioksidan, dan serat. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, buah tetap mesti dikonsumsi dalam batas wajar. 

Dengan kata lain, apabila Anda malah kebanyakan makan buah, manfaat-manfaat yang terkandung di dalamnya bisa benar-benar hilang. Selain itu, Anda pun akan lebih berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan.

Artikel Lainnya: 4 Bahaya Buah Nangka bagi Ibu Hamil

1 dari 3 halaman

Bahaya Kebanyakan Makan Buah bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat kebanyakan makan buah.

  1. Defisiensi Zat Besi dan Seng

Buah memang kaya akan vitamin dan mineral. Namun, makanan sehat ini tidak dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi dan seng. 

Padahal, kedua jenis nutrisi tersebut memegang peran yang penting dalam menunjang kesehatan tubuh.

  1. Asam Lambung dan GERD

Beberapa jenis buah yang asam juga dapat menyebabkan produksi asam lambung berlebih. 

Buah-buahan yang sangat asam, seperti jeruk, lemon, nanas bahkan dapat membuat asam lambung bergejolak, naik hingga ke kerongkongan, dan menyebabkan nyeri serta sensasi terbakar di dada. Kondisi ini dikenal sebagai GERD (Gastroesophageal reflux disease).

  1. Diare

Beberapa jenis buah mengandung fruktosa, yang jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan terjadinya diare. Beberapa contoh buah yang dimaksud adalah anggur dan jus apel.

  1. Gula Darah Tinggi

Terdapat jenis buah tertentu yang mengandung gula tinggi, salah satunya anggur. 

Buah kecil berwarna keunguan ini mengandung gula yang lebih tinggi sehingga jika dikonsumsi secara berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Atas dasar ini pula, penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi anggur.

  1. Kontraksi Rahim

Nanas adalah salah satu buah yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, apalagi secara berlebihan. 

Pasalnya, buah ini mengandung zat bromelain yang bisa melunakkan dan memicu kontraksi rahim sehingga berpotensi menyebabkan keguguran bila dikonsumsi secara berlebihan.

Artikel Lainnya: 10 Makanan Sehat ini Tidak Boleh Anda Makan Berlebihan

2 dari 3 halaman

Porsi Konsumsi Buah yang Aman

Segalah sesuatu yang dikonsumsi berlebihan bisa mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan. Karenanya, jika Anda hanya ingin merasakan manfaat buah tanpa efek sampingnya, pastikan untuk membatasi porsi saat mengonsumsinya. 

Rekomendasi umum asupan buah harian adalah sekitar 160 gram atau 2 cup. Sedangkan untuk asupan buah dan sayuran harian adalah 400 gram per hari. Jika diperkirakan, takaran tersebut setara dengan seperempat piring buah setiap kali makan. 

Sekarang Anda sudah tahu bahwa kebanyakan makan buah bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, bukan? Mulai saat ini, perhatikan lagi porsi buah yang Anda konsumsi. 

Pastikan agar tidak berlebihan, supaya manfaatnya tidak berubah menjadi efek samping merugikan.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikan konsumsi buah dalam jumlah cukup dengan penerapan gaya hidup sehat, agar manfaatnya bisa dirasakan dengan lebih optimal lagi.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai kebanyakan makan buah, efek banyak makan buah, atau hal-hal lain yang menyakut kesehatan, tak perlu sungkan untuk ngobrol langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar