Sukses

4 Makanan Sehat untuk Merayakan Valentine

Deretan makanan sehat ini bisa Anda jadikan pilihan sebagai menu untuk merayakan Valentine bersama pasangan. Yuk, intip ada apa saja.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian besar pasangan, Hari Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari menjadi salah satu hari yang dinanti. Setiap pasangan tentu memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan rasa sayangnya di hari tersebut. Menyajikan makanan sehat bisa jadi salah satu caranya.

Mulai dari makan malam romantis, pergi ke tempat kenangan bersama atau merencanakan kejutan spesial untuk pasangan, banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk merayakan hari kasih sayang. Namun apapun rencana Anda nanti, pilihan makanan sehat ini bisa menjadi alternatif saat makan bersama kekasih untuk merayakan Valentine:

  1. Dark chocolate

Menjelang Hari Valentine, cokelat menjadi salah satu makanan favorit yang banyak dicari orang. Tak hanya memberikan kado cokelat pada kekasih, banyak juga orang yang memberikan cokelat kepada teman, keluarga atau kerabatnya sebagai simbol kasih sayang.

Meski rasanya enak dan membuat ketagihan, namun sebaiknya pilihlah jenis cokelat hitam atau dark chocolate yang lebih rendah kalori dan rendah lemak ketimbang jenis cokelat lainnya. Para ahli merekomendasikan konsumsi cokelat sebaiknya yang berkadar minimal 70 persen.

  1. Anggur merah atau red wine

Anggur merah atau red wine sering kali menjadi pelengkap makanan saat makan malam romantis bersama pasangan. Menurut studi yang dipublikasikan oleh the American Society for Microbiology pada tahun 2016, disebutkan bahwa resveratrol yang berasal dari kulit anggur merah dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Meski secara penelitian red wine bermanfaat untuk kesehatan, namun sebaiknya tetap batasi konsumsinya hanya sekitar 5 ounce atau sekitar 140 ml (atau 1/2 gelas).

  1. Salad buah

Anda dan pasangan sedang berdiet namun tetap ingin makan malam di hari Valentine? Salad buah bisa menjadi pilihannya. Buah mungkin biasanya dipilih sebagai pencuci mulut dan dimakan paling terakhir. Tapi sekarang cobalah ubah urutan makan Anda.

Jadikan buah sebagai menu pertama saat makan. Salad yang terdiri atas berbagai macam buah-buahan tak hanya kaya akan vitamin, tetapi juga tinggi akan serat serta membuat Anda dan pasangan cepat kenyang.

  1. Yoghurt rendah lemak

Di berbagai tempat kini bertebaran gerai yang menjual yoghurt dengan berbagai varian rasa dan topping. Yoghurt pun menjadi “naik kelas” dari sekedar minuman botolan menjadi menu kekinian dengan berbagai taburan unik mulai dari kacang, mochi, buah-buahan, hingga biskuit.

Yoghurt kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan Anda. Tak hanya itu, makanan sehat ini juga mengandung kalsium, vitamin B2, B12, potassium dan magnesium yang baik untuk tubuh Anda. Nah, yoghurt rendah lemak ini bisa dijadikan salah satu menu sehat untuk rayakan Valentine bersama pasangan.

Cara sehat untuk merayakan Valentine

Merayakan hari kasih sayang tak selalu harus makan enak dan bersantai-santi. Untuk hidup yang lebih sehat, tak ada salahnya sedikit berkreasi dengan momen perayaan Anda dan pasangan menjadi lebih sehat.

Saat makan bersama pasangan, utamakan memilih menu yang tinggi serat dan rendah lemak. Misalnya, ketimbang makan tenderloin steak yang tinggi lemak, pilihlah dada ayam panggang atau salmon steak.

Untuk makan malam, cobalah pesan menu utama untuk dibagi berdua dengan pasangan. Tak hanya membuat suasana menjadi lebih romantis, kalori yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi lebih sedikit.

Selain itu, jangan jadikan Hari Valentine sebagai alasan untuk malas berolahraga. Tetaplah luangkan waktu untuk berolahraga paling tidak 30 menit. Anda juga bisa mengisi hari kasih sayang dengan berolahraga bersama pasangan. lo.

Perayaan Valentine mungkin biasa dimanfaatkan sebagai momen untuk bebas makan apapun dan melakukan segala hal yang disuka dengan pasangan. Tapi ingat, kesehatan Anda tetap yang utama. Menu makanan sehat di atas bisa menjadi pilihan Anda dan pasangan di Valentine kali ini. Tapi ingat, tetap perhatikan porsi makan Anda agar tidak berlebihan, ya. Selamat Hari Valentine!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar