Sukses

Cara Cermat Memilih Doula yang Tepat

Sedang hamil dan berencana menggunakan jasa doula? Perhatikan hal-hal berikut ini agar Anda tidak salah pilih.

Klikdokter.com, Jakarta Adanya kondisi tertentu terkadang membuat ibu hamil membutuhkan bantuan seorang doula. Alhasil, Anda pun meminta rekomendasi dari dokter kandungan, saudara, ataupun teman yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa doula.

Kendati lebih praktis dan hemat waktu, Anda sebaiknya tidak langsung menyetujui setiap tawaran doula yang datang. Sebab, tak semua yang cocok bagi orang lain, juga cocok untuk Anda. Maka dari itu, akan lebih baik bila Anda memperhatikan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk mempekerjakan doula:

  • Sesuai kebutuhan

Doula terdiri atas dua jenis, yakni birth doula dan postpartum doula. Nah, bila membutuhkan bantuan nonmedis dari seseorang yang bisa menyemangati, memberikan edukasi dan perhatian ekstra sebelum melahirkan, berarti yang Anda perlukan adalah birth doula.

Sementara itu, bila Anda ingin bantuan nonmedis usai persalinan berlangsung, terutama edukasi seputar merawat bayi baru lahir, menyusui, dan lain sebagainya, berarti yang Anda butuhkan adalah postpartum doula.

Jadi, sesusaikan dulu dengan kebutuhan sebelum memilih jenis doula. Hal ini supaya doula yang dipekerjakan bisa memberikan pelayanan yang maksimal, sehingga Anda juga memiliki pengalaman yang aman dan nyaman terhadapnya.

  • Berasal dari perusahaan atau yayasan tepercaya

Doula yang berasal dari yayasan atau perusahaan tepercaya umumnya memiliki keterampilan yang lebih. Selain itu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda pun lebih mudah meminta pertanggungjawaban dan memprosesnya secara hukum, karena doula tersebut berasal dari perusahaan yang profesional.

Jika seandainya kondisi perusahaan atau yayasan bukan menjadi prioritas, dikutip dari WebMD, setidaknya cari tahulah terlebih dahulu reputasi dan pengalaman dari doula yang hendak Anda pekerjakan. Dengan begitu, Anda bisa menilai kelayakakan doula tersebut dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi.

  • Chemistry atau kecocokan

Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda tentu akan menemui beberapa doula untuk berkenalan dan bertukar pengalaman. Anda dapat memanfaatkan momen tersebut sebagai waktu untuk menilai chemistry atau kecocokan. Sebab, akan percuma bila doula tersebut memiliki pengalaman segudang tetapi Anda tidak merasa nyaman dan akrab saat berinteraksi dengannya.

Ingatlah bahwa doula adalah orang yang akan sepanjang waktu bersama Anda. Doula juga yang akan memberikan dukungan psikis maupun mental pada diri Anda selama atau setelah kehamilan. Jika dari interaksi sederhana saja sudah tidak “klik”, pasti akan sulit untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan doula tersebut.

  • Mengerti keadaan

Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, meski doula tidak memiliki kemampuan dan wewenang terhadap segala tindakan medis terkait kehamilan dan setelah kelahiran, tetapi setidaknya ia mesti tahu tanda-tanda kegawatan yang mesti segera dirujuk ke rumah sakit.

“Ya, jadi kepeduliannya bukan sekadar memberi semangat dan meringankan kecemasan. Ada baiknya bila doula itu juga mengerti tanda-tanda kegawatan pada ibu hamil atau ibu yang baru selesai melahirkan. Kalau hanya sekadar perhatian tanpa mengetahui gejala apa-apa, hal itu bisa merugikan si ibu,” jelas dr. Fiona.

  • Pengertian dari keluarga

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah pengertian dari pasangan, orang tua, atau pihak keluarga lainnya. Pasalnya, tak sedikit pihak keluarga yang merasa tidak dianggap atau tidak berguna ketika Anda memutuskan untuk menyewa jasa doula.

Semisal Anda sudah bertekad bulat untuk memanfaatkan jasa doula, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu hal tersebut kepada pihak keluarga. Berikan mereka pengertian bahwa Anda memang membutuhkan orang selain keluarga untuk membantu segala kebutuhan kala hamil atau setelahnya. Tetapi ingat untuk tidak bersikap menghakimi seakan-akan mereka tidak berguna, sehingga Anda membutuhkan orang lain.

Demikian beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mempekerjakan doula. Dengan menerapkan tips cermat di atas, diharapkan Anda bisa mendapatkan doula yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Memilih doula sama seperti memilih teman dekat. Tak cuma asal baik dan ramah, tetapi sebaiknya ada pula kecocokan di antara kedua belah pihak. Dengan demikian, Anda bisa benar-benar terbuka dalam menyampaikan segala keluhan yang terjadi saat kehamilan ataupun setelah persalinan.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar