Sukses

Tips Memilih Minyak Ikan yang Tepat untuk Jantung Sehat

Minyak ikan sangat baik dikonsumsi untuk mendapatkan jantung sehat. Dengan banyaknya produk di pasaran, bagaimana cara memilihnya?

Klikdokter.com, Jakarta Untuk menjalankan hidup sehat, salah satunya bisa dilakukan dengan menjaga pola makan bernutrisi seimbang. Namun, asupan ikan dan minyak ikan sangat disarankan oleh para ahli karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Dengan demikian, jantung sehat dan kualitas hidup pun meningkat.

Dalam menu makanan sehari-hari, Anda pun disarankan memilih makanan yang mengandung lima jenis kelompok makanan. Kelima jenis tersebut adalah biji-bijian, sumber protein, buah, sayur, serta susu dan produk turunannya. Konsumsi omega-3 secara rutin memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menurunkan risiko aritmia (irama jantung tidak teratur) yang berpotensi fatal.
  • Menurunkan trigliserida yang menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah, hingga berisiko menimbulkan serangan jantung.

Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan omega-3 harian Anda dengan mengonsumsi ikan untuk menjaga kesehatan jantung. Lalu, bagaimana bila Anda sulit makan ikan?

Solusi asupan omega-3 selain ikan

AHA (American Heart Association) menyarankan untuk memperbanyak konsumsi ikan, terutama ikan berlemak, setidaknya dua kali dalam seminggu. Namun, sebagai alternatif, saat ini banyak tersedia suplemen minyak ikan.

Nah, suplemen minyak ikan di pasaran muncul dalam berbagai merek. Jangan sampai salah pilih. Perhatikan berbagai hal berikut ini saat memilih suplemen minyak ikan.

  1. Kandungan omega-3

Kandungan omega-3 dalam minyak ikan adalah zat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, saat akan membeli minyak ikan, perhatikan kandungan omega-3 di dalamnya.

Biasanya, kandungan ini tercantum dalam bentuk EPA (asam eicosapentanoat) dan DHA (asam docosahexanoat). Jumlah total EPA dan DHA dalam minyak ikan yang Anda beli adalah jumlah omega-3 yang Anda konsumsi setiap memakan suplemen tersebut.

Menurut National Health & Medical Research Council, untuk mengurangi risiko penyakit kronis dan menjaga kadar kolesterol, Anda membutuhkan 610 mg untuk EPA dan DHA dalam sehari.

Takaran ini sesuai dengan dosis konsumsi Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg, yakni 600 mg sehari.

  1. Sumber minyak ikan

Ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi antara lain teri (anchovies), sarden, tuna dan tenggiri (mackerel).

  1. Kontaminan

Walaupun baik sebagai sumber omega-3, namun ikan juga dapat menjadi sumber merkuri, demikian juga dengan minyak ikan. Oleh karena itu, hindari konsumsi minyak ikan yang dibuat dari ikan-ikan besar seperti ikan hiu, king mackerel, tilefish dan todak (swordfish). Ikan-ikan ini umumnya memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Polusi air dari limbah industri juga dapat mengkontaminasi ikan, misalnya saja polutan polychlorinated biphenyl (PCB). Paparan PCB pada manusia diketahui memiliki efek buruk, misalnya menimbulkan gangguan hormonal, penekanan sistem imunitas tubuh, dan berbagai perubahan pada sistem saraf.

Oleh karena itu, pilihlah ikan yang berasal dari laut dalam, sehingga aman dari polusi yang ada di permukaan air, dan dibuat oleh produsen minyak ikan terpercaya. Umumnya, mereka akan mengetes produknya secara rutin untuk memantau berbagai kontaminan yang mungkin ditemukan pada minyak ikan.

  1. Tidak berbau

Wajar apabila ada sedikit bau ikan atau bau amis pada suplemen minyak ikan Anda. Namun, lain ceritanya apabila produk minyak ikan tersebut berbau tengik.

Hal ini bisa menjadi penanda terjadi oksidasi pada minyak ikan, yang menandakan minyak ikan sudah tidak berguna lagi atau bahkan dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

Di sisi lain, bau amis pada minyak ikan dapat menimbulkan rasa kurang nyaman bagi beberapa orang. Jika Anda termasuk dalam kategori tersebut, pilihlah produk yang tidak berbau atau hanya menggunakan bahan alami untuk mengurangi bau amis, seperti lemon dan vanila.

Salah satu suplemen minyak ikan yang bisa Anda andalkan adalah Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg. Dengan berbagai keunggulan, suplemen ini akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

1 dari 2 halaman

Kenapa harus Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg?

Berbagai merek suplemen minyak ikan beredar di pasaran. Namun, Anda harus jeli dalam memilih. Berikut ini adalah lima poin keunggulan Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg yang menjadi alasan kuat mengapa Anda harus memilih Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg dibanding suplemen lainnya:

  1. Berpengalaman selama 85 tahun

Kemunculan Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg berawal dari Maurice Blackmores yang membuka sebuah klinik di Queensland, hingga akhirnya pada 1962, perusahaan Blackmores terdaftar sebagai perusahaan obat yang menggunakan bahan alami.

Karena konsisten dalam kualitas dan pelayanan, maka suplemen Blackmores mendapatkan berbagai penghargaan termasuk dari Reader’s Digest, yang membuatnya sebagai merek vitamin dan suplemen terpercaya di Australia.

  1. Menggunakan bahan baku berkualitas tinggi

Produksi Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg diuji dan diawasi oleh berbagai badan internasional seperti WWF, sehingga kualitas serta kemurnian minyak ikan terjamin. Selain itu juga aman dikonsumsi oleh orang dewasa, anak-anak, maupun wanita hamil dan menyusui (sesuai dengan dosis yang dianjurkan).

  1. Telah melalui uji klinis

Suplemen Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg diformulasikan berdasarkan penelitian yang didukung oleh Blackmores Institute, sehingga telah terbukti aman untuk dikonsumsi dan jelas khasiatnya untuk kesehatan jantung.

  1. Berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan

Terbuat dari ikan kecil seperti sarden, anchovies dan mackerel sebagai ikan yang turut berperan penting dalam menjaga ekosistem, sehingga kontaminasinya lebih rendah dan kelestarian ekosistem pun terjaga.

  1. Memiliki layanan customer service yang cepat tanggap

Dengan layanan pelanggan yang prima, tentunya Anda sebagai konsumen akan lebih banyak terbantu untuk mengetahui lebih lanjut tentang suplemen Blackmores.

Selain berbagai poin keunggulan di atas, suplemen Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg tidak berbau, karena dilengkapi ekstrak lemon dan vanila. Sehingga, Anda tidak akan merasa enek saat mengonsumsinya. Sebagai nutrisi terbaik dari alam, suplemen ini juga memiliki level merkuri yang minimal, sehingga aman dikonsumsi.

Setelah menyimak berbagai pemaparan di atas, kini Anda sudah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih suplemen minyak ikan. Apalagi, dengan adanya Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg yang telah berpengalaman selama puluhan tahun dan teruji klinis.

Tunggu apa lagi? Ayo mulai rutin konsumsi suplemen minyak ikan Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg untuk mendapatkan jantung sehat. Tak hanya itu, suplemen ini juga membantu menjaga fungsi mata dan otak, serta berperan sebagai zat antiradang untuk mengatasi pembengkakan sendi akibat osteoarthritis.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar