Diet dan Nutrisi

Manfaat Lotus untuk Kesehatan

dr. Andika Widyatama, 28 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukan hanya cantik untuk dipandang, tanaman lotus nyatanya membawa manfaat bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak di sini!

Manfaat Lotus untuk Kesehatan

Tanaman lotus telah lama digunakan di Asia Timur dan Asia Tenggara sebagai hidangan maupun pengobatan tradisional. Di Indonesia, tanaman ini pun banyak ditemui. 

Lotus biasa ditemui di sungai ataupun danau. Bagian-bagian lotus mulai dari biji, batang, daun, hingga bunganya memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Di samping kaya kandungan vitamin dan mineral, lotus juga dapat menjadi sumber asupan karbohidrat dan serat. Yuk, kita simak apa saja manfaat lotus bagi kesehatan tubuh.

1. Menangani Diare

Manfaat lotus yang paling umum dalam pengobatan tradisional Tiongkok adalah untuk menghentikan diare. Caranya, rendam biji lotus dalam air hangat selama beberapa jam, tambahkan gula batu, lalu minum saat hangat.

Namun, sebaiknya jangan hanya mengandalkan pengobatan tradisional ini.

Bagaimanapun juga, penyebab diare mesti dikenali sehingga terapi yang tepat bisa dilakukan. Ingat, penyebab diare bermacam-macam. Bisa karena infeksi virus, bakteri, alergi makanan, atau efek samping obat-obatan.

2. Menetralkan Gula dan Lemak Darah

Ada banyak makanan yang secara alami dapat menetralkan kadar gula darah dan lemak darah. Salah satunya adalah bagian akar lotus.

Akar lotus mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mengelola dua komponen yang memicu penyakit kardiovaskular.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu zat gizi yang banyak ditemukan pada lotus adalah kalium. Zat ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan serta menjaga pembuluh darah tetap terbuka lebar (vasodilatasi).

Jadi, salah satu manfaat lotus adalah membantu menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.

4. Memperlancar Pencernaan

Serat dan karbohidrat kompleks yang ditemukan pada akar lotus dapat membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Apabila Anda sering mengalami masalah pencernaan, terutama sembelit, Anda bisa coba mengonsumsi bahan makanan yang satu ini.

5. Mengatasi Peradangan

Peradangan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung

Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2013 menyebut, biji dari varietas lotus merah dan putih dapat membantu sensasi peradangan.

Ini berkat senyawa plumule dalam lotus yang diketahui memiliki efek antiperadangan dan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa meredakan gejala peradangan dan membuat tubuh kembali nyaman.

6. Mengobati Batuk

Bagian biji lotus juga bermanfaat bagi kesehatan. Terutama dalam mengatasi keluhan batuk.

Pemberian lotus untuk mengatasi batuk dapat dicampur dengan madu yang merupakan antiradang juga.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Batang tanaman lotus kaya akan vitamin C, yang bisa bantu menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Untuk mendapatkan manfaat lotus yang satu ini, Anda bisa merebus akar dan batangnya selama 10 menit.

8. Meredakan Gejala Haid

Daun dan ekstrak akar lotus sudah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk membantu melancarkan siklus menstruasi, menghentikan perdarahan berlebih, dan meredakan nyeri haid

Biasanya, akar, daun, dan batangnya dijadikan jus atau sup untuk dikonsumsi menjelang menstruasi. Namun, sayangnya tidak banyak penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

9. Menghilangkan Jerawat

Anda dapat menambahkan lotus ke dalam minuman teh hijau. Ini dipercaya bisa membantu mengurangi sebum (minyak) berlebih penyebab jerawat.

Namun, imbangi juga dengan kebiasaan rajin membersihkan muka, tidak sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, serta pakai obat jerawat agar jerawat yang membandel bisa segera hilang.

10. Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang

Lotus mengandung banyak nutrisi, tapi rendah kalori. Oleh karena itu, bahan makanan ini menyehatkan tanpa menambah kalori secara berlebihan.

Kandungan seratnya yang tinggi membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemungkinan ngemil di antara waktu makan utama.

11. Menyehatkan Kulit

Vitamin A, yang banyak ditemukan pada lotus, diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A juga baik untuk penyembuhan luka.

Selain itu, kandungan antioksidannya disebut-sebut dapat melindungi kulit dari paparan radiasi ultraviolet sinar matahari serta menangkal radikal bebas.

12. Mencegah Infeksi Gusi

Salah satu manfaat lotus, terutama bagian daunnya, adalah untuk mencegah infeksi gusi. 

Daun lotus mengandung senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, yaitu kuersetin. Di mana, sifat anti bakteri tersebut dapat mencegah pula terjadinya infeksi gusi.

13. Menghambat Penyebaran Kanker

Kandungan neverine dalam biji lotus dapat menghambat penyebaran sel-sel kanker paru. Selain itu, pada sebuah studi, daun lotus juga dapat membunuh sel-sel kanker paru.

14. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan karbohidrat kompleks pada lotus dapat menurunkan kadar gula dan kolesterol darah. Dengan begitu, lotus bisa memengaruhi dalam penurunan tekanan darah.

Lotus juga berkontribusi menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium di dalamnya. Pada akhirnya, tekanan darah yang terkontrol akan membuat jantung bekerja secara efisien.

15. Mencegah Kecemasan

Tidak hanya secara fisik, lotus juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jiwa. Menurut sebuah studi, lotus bisa digunakan sebagai anti cemas dan anti depresi. Dengan begitu, konsumsi lotus membantu dalam meningkatkan kualitas kesehatan jiwa.

Kini Anda sudah tahu apa saja manfaat lotus, mulai dari biji hingga akarnya. Jadi tunggu apalagi, yuk coba masukkan lotus ke dalam menu harian Anda!

Ketahui informasi kesehatan menarik lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat konsultasi dengan dokter secara daring melalui fitur Tanya Dokter.

[RS]

LotusObat Tradisional

Konsultasi Dokter Terkait