Sukses

Manfaat Lotus untuk Kesehatan

Bukan hanya cantik untuk dipandang, tanaman lotus nyatanya membawa manfaat kesehatan bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak di sini!

Tanaman lotus telah lama digunakan di Asia Timur dan Asia Tenggara sebagai hidangan maupun pengobatan tradisional. Di Indonesia, tanaman ini pun banyak ditemui. Manfaat lotus bagi kesehatan juga beragam!

Salah satu tanaman yang berusia panjang (perenial) ini punya lebih dari 100 spesies. Mungkin jenis yang paling Anda tahu adalah single-flower lotus dengan jumlah kelopak sekitar dua belas buah. Jenis lainnya termasuk double-flower lotus, di mana jumlah kelopaknya bisa lebih dari seratus buah, begitu juga varietas pink dan merah.

 

1 dari 2 halaman

Manfaat Lotus untuk Kesehatan

Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat lotus untuk tubuh, berikut ini penjelasannya.

Artikel Lainnya: Ini Dia 5 Manfaat Sehat Mengonsumsi Safron

  • Mengatasi Diare

Salah satu manfaat lotus yang paling umum dalam pengobatan tradisional Tiongkok adalah untuk menghentikan diare.

Cara mencoba obat alami ini adalah: rendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, tambahkan gula batu, lalu minum.

Tapi sebaiknya jangan hanya mengandalkan pengobatan tradisional ini saja. Bagaimanapun juga, penyebab diare mesti dikenali, sehingga terapi yang tepat bisa dilakukan.

Ingat, penyebab diare bermacam-macam. Bisa karena infeksi virus, bakteri, alergi makanan, efek samping obat-obatan, atau malnutrisi.

Artikel Lainnya: Miliki Kulit Sehat dengan Minyak Biji Bunga Matahari

Nah, bila Anda cuma bergantung pada lotus padahal diarenya disebabkan oleh infeksi bakteri yang butuh antibiotik, maka diare akan tetap berulang.

  • Menetralkan Gula Darah dan Lemak Darah

Ada banyak makanan yang secara alami dapat menetralkan kadar gula darah dan lemak darah. Salah satunya adalah bagian akar lotus.

Akar lotus mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mengelola dua komponen yang memicu penyakit kardiovaskular.

  • Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu zat gizi yang banyak ditemukan pada lotus adalah kalium. Zat ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan serta membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka lebar (vasodilatasi).

Artikel Lainnya: Benarkah Aroma Lavender Efektif Atasi Stres?

Jadi, salah satu manfaat lotus adalah membantu menjaga tekanan darah tetap seimbang dalam batas normal.

  • Memperlancar Pencernaan

Serat dan karbohidrat kompleks yang ditemukan pada akar lotus dapat membantu memelihara sistem pencernaan tetap sehat.

Apabila Anda sering mengalami masalah pencernaan, terutama sembelit, Anda bisa mencoba mengonsumsi bahan makanan yang satu ini.

  • Membantu Menangani Peradangan

Peradangan biasanya disertai dengan sensasi panas dan nyeri. Sebuah studi dalam “Journal of Ethnopharmacol” tahun 2013 menyebut, biji dari varietas lotus merah dan putih dapat membantu sensasi peradangan tersebut.

Artikel Lainnya: Manfaat Teh Bunga Sepatu untuk Turunkan Hipertensi

Manfaat lotus tersebut berasal dari senyawa plumule yang diketahui memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa meredakan gejala peradangan dan membuat tubuh kembali nyaman.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Batang tanaman lotus kaya akan vitamin C, yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Untuk mendapatkan manfaat lotus yang satu ini, Anda bisa merebus akar dan batangnya selama 10 menit.

  • Meredakan Gejala Haid

Daun dan ekstrak akar lotus sudah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk membantu melancarkan siklus menstruasi, menghentikan perdarahan berlebih, dan meredakan nyeri haid.

Biasanya, akar, daun, dan batangnya dijadikan jus atau sup untuk dikonsumsi menjelang menstruasi. Namun, sayangnya tidak banyak penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Artikel Lainnya: Dikenal Pahit, Bunga Pepaya Punya Manfaat Manis untuk Kesehatan

  • Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat lotus untuk wajah dan kecantikan juga bisa dirasakan. Salah satunya adalah dengan menambahkan lotus ke dalam minuman teh hijau. Ini dipercaya bisa membantu mengurangi sebum yang berlebih penyebab jerawat.

Namun, imbangi juga dengan kebiasaan rajin membersihkan muka, tidak sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, serta pakai obat jerawat agar jerawat yang membandel bisa segera hilang. Dengan begitu, manfaat lotus tersebut bisa maksimal.

Bila tak tertarik untuk mencampur lotus ke dalam teh hijau, cari saja produk perawatan kecantikan yang mengandung ekstrak lotus. Produk tersebut mesti terbukti aman dan sesuai dengan jenis kulit.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang

Lotus mengandung banyak nutrisi, tapi rendah kalori. Oleh karena itu, bahan makanan ini menyehatkan tanpa menambah kalori secara berlebihan. Kandungan seratnya yang tinggi membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemungkinan ngemil diantara waktu makan utama.

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Biji Lotus untuk Kesehatan

  • Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin A, yang banyak ditemukan pada lotus, diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A sendiri memiliki sifat antioksidan serta baik untuk penyembuhan luka.

Popularitas manfaat bunga lotus di bidang kecantikan juga cukup luas. Kandungan antioksidannya disebut-sebut dapat melindungi kulit dari paparan radiasi ultraviolet sinar matahari dan membantu menangkal radikal bebas.

Tanaman lotus yang penuh manfaat telah diperbolehkan untuk digunakan, baik sebagai bahan makanan maupun pengobatan, oleh Kementrian Kesehatan Tiongkok.

Dari segi keamanan dan efek samping, lotus dianggap cukup aman dikonsumsi sebagai makanan. Meski demikian, data tentang penggunaannya sebagai obat masih terbatas. Jadi, jika ingin memperoleh manfaat lotus untuk kesehatan, Anda bisa menyantapnya dalam bentuk masakan.

Tanaman lotus mungkin tak banyak dijumpai di pasaran. Namun, Anda bisa mencarinya di toko (online maupun offline) bahan makanan Asia atau Tiongkok, atau di restoran hidangan Cina. Masih ingin menggali lebih dalam tentang manfaat lotus, tanyakan saja lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter!

(RN/ RH)

2 Komentar