Sukses

Manfaat Sehat Gula Merah yang Jarang Diketahui

Gula merah memiliki rasa manis yang khas dan berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat gula merah? Simak khasiatnya di sini

Penggunaan gula merah rupanya semakin populer, ya! Gula ini memang memiliki rasa yang unik dan khas, sehingga lezat dicampurkan ke dalam makanan dan minuman.

Manfaat gula merah berasal dari penambahan molases atau tetesan tebu. Bahan tersebut mengandung potassium, kalsium, magnesium, dan vitamin B.

Berkat kandungan gula merah tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat sehatnya bagi tubuh. Berikut ini beberapa khasiat gula merah atau gula jawa:

1 dari 13 halaman

1. Mengurangi Nyeri Perut Saat Haid

Potassium yang terkandung pada gula merah dapat membantu otot rahim lebih relaks. Hal ini sangat bermanfaat bagi wanita, karena mampu mengurangi kontraksi yang muncul ketika haid datang.

Anda dapat mengonsumsi gula merah dengan melarutkannya di dalam teh hangat. Minuman ini dapat membuat perut terasa lebih nyaman.

2 dari 13 halaman

2. Meningkatkan Energi

Salah satu manfaat gula merah untuk kesehatan adalah meningkatkan energi. Jika badan sedang lemas dan tidak bertenaga, konsumsilah kopi atau teh yang dicampur gula merah dengan porsi yang disesuaikan.

Terlebih ketika merasa lemas karena hipoglikemia, olahan dengan kandungan gula merah dapat membantu meningkatkan energi. Anda pun bisa kembali berenergi!

Artikel lainnya: Berapa Banyak Takaran Gula untuk Orang Diabetes?

3 dari 13 halaman

3. Memperbaiki Sistem Saluran Cerna

Manfaat makan gula merah dapat membantu meringankan masalah pada saluran cerna, seperti konstipasi, diare, maupun nyeri perut. 

Selain itu, ada pula manfaat gula merah untuk lambung, khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat sakit mag. Konsumsi olahan gula merah dianggap dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4 dari 13 halaman

4. Antiseptik

Manfaat gula jawa untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai antiseptik. Gula merah memiliki efek antiradang dan antimikroba, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

Meski begitu, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan luka agar proses pemulihan dapat terjadi lebih cepat, ya.

5 dari 13 halaman

5. Mencegah Asma

Siapa sangka, manfaat gula merah untuk pernapasan juga ada, lho. Gula merah memiliki sifat antialergi. Khasiat ini dapat mencegah serangan asma berulang, batuk, pilek, dan bersin-bersin. 

Dengan potensi sebagai antialergi, reaksi yang timbul ketika terpapar alergen (pemicu alergi) hingga terjadi serangan asma dapat berkurang. Oleh karena itu, konsumsi gula merah juga baik untuk sistem pernapasan.

6 dari 13 halaman

6. Mengurangi dan Mencegah Jerawat

Untuk manfaat gula merah yang satu ini, Anda bisa menggunakannya sebagai masker ataupun dikonsumsi langsung. Tips ini akan mengurangi risiko kemunculan jerawat di wajah maupun tubuh.

Namun, jangan hanya bergantung pada gula merah. Jagalah kebersihan wajah dan tubuh dengan baik agar risiko kulit berjerawat dapat lebih rendah.

Artikel lainnya: Gula Bit vs Gula Tebu, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

7 dari 13 halaman

7. Mencegah Anemia

Gula merah merupakan sumber zat besi. Konsumsi rutin gula merah pada porsi yang cukup dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin (Hb), sehingga mampu mencegah anemia.

Pola makan dengan gizi seimbang juga merupakan hal penting untuk membantu mencegah anemia. Anda bisa mengonsumsi makanan dengan gula merah diimbangi makanan sehat lainnya.

8 dari 13 halaman

8. Mengeksfoliasi Kulit

Gula merah jenis brown sugar (menyerupai pasir) yang bertekstur seperti scrub dapat digunakan untuk proses eksfoliasi, lho. Perawatan ini bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga terbebas dari kulit kusam maupun kasar.

Proses eksfoliasi dengan brown sugar dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit Anda bisa lebih halus.

9 dari 13 halaman

9. Tinggi Mineral

Gula merah juga memiliki berbagai kandungan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Beberapa contohnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium.

Dengan mengonsumsi 1 sdt gula merah yang dicampur teh, 20 persen kebutuhan zat besi dan kalsium bisa terpenuhi. Nikmat dan menyehatkan, bukan?

10 dari 13 halaman

10. Membantu Meredakan Flu

Manfaat gula merah juga dapat berperan dalam penyembuhan flu. Ketika mengalami flu, konsumsi olahan minuman yang menggunakan jahe dan gula merah dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh.

Minuman gula merah dan jahe juga bisa membantu tubuh Anda lebih hangat dan terasa nyaman. Imbangi konsumsinya dengan makanan-makanan sehat lainnya, ya.

11 dari 13 halaman

11. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Setelah Melahirkan

Bagi Anda yang baru saja melahirkan, konsumsi gula merah juga bisa membantu memulihkan kondisi tubuh. Setelah melahirkan bayi, khasiat gula merah dapat membantu mempercepat pemulihan. 

Selain itu, manfaat gula jawa ini juga dapat menghilangkan rasa kram selama kehamilan. Para bumil, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi gula merah atau produk olahannya selama dalam batas wajar.

Artikel lainnya: Gula Sukrosa vs Laktosa, Mana yang Lebih Baik bagi Anak?

12 dari 13 halaman

12. Membantu Mencukupi Nutrisi Anak

Makanan menggunakan gula merah dapat membantu meningkatkan nutrisi anak. Yang perlu diingat, tetap harus dibatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

Menurut American Heart Association (AHA), gula, baik putih ataupun merah, sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 100 kalori per hari untuk wanita dan 150 kalori per hari untuk pria.

Apabila ingin menikmati segala manfaat gula merah untuk kesehatan, pastikan konsumsinya tidak lebih dari jumlah yang telah disebutkan, ya. Jika berlebihan, bukan tak mungkin yang akan didapatkan hanyalah efek samping.

Yuk, download aplikasi KlikDokter untuk tahu apa saja bahan makanan sehat yang perlu Anda konsumsi. Konsultasi langsung dengan dokter juga bisa lewat Live Chat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar