Sukses

Kiat Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak

Waktu berkualitas orang tua dengan anak sangat diperlukan. Berikut ini beberapa ide aktivitas seru bersama si Kecil yang bisa Anda coba.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai orang tua, menghabiskan waktu bersama anak adalah hal yang wajib dilakukan. Tujuannya agar orang tua dapat selalu mengikuti perkembangan anak hingga dewasa. Selain itu, menyempatkan waktu berkualitas bersama anak akan membantu merekatkan hubungan Anda dengan buah hati.

Sering kali Anda kesulitan mencari waktu berkualitas dengan si Kecil ketika dihadapkan dengan berbagai kesibukan sehari-hari. Waktu akan terasa begitu cepat, hingga tak terasa tiba-tiba anak Anda sudah mulai beranjak dewasa.

Padahal, waktu berkualitas sangat penting dalam pola asuh anak. Menurut Harley A. Rotbart, M.D, dokter anak yang juga penulis di Parents.com, anak-anak perlu melihat siapa orang tuanya dan bagaimana orang tua menjalani hidupnya. Sebagai gantinya, mereka akan membantu Anda sebagai orang tua untuk lebih melihat siapa diri Anda.

Namun, alih-alih mengkhawatirkan berapa menit yang dapat Anda habiskan bersama anak-anak Anda setiap hari, lebih fokuslah untuk mengubah waktu yang singkat tersebut menjadi momen yang tak terlupakan. Berikut ini adalah beberapa cara menghabiskan waktu berkualitas dengan anak Anda:

1. Fokus dengan anak Anda

Di tengah kesibukan, biasanya orang tua akan membiarkan anaknya bermain sendiri tanpa pengawasan. Hal ini akan membuat Anda kehilangan masa-masa perkembangan si Kecil.

Oleh sebab itu, cobalah luangkan waktu untuk fokus kepada si Kecil untuk sesekali waktu. Perhatikanlah anak Anda saat bermain dan dengarkan mereka bercerita. Anda akan terkagum-kagum dengan perkembangan si Kecil. Cara ini akan lebih baik daripada menjaga anak Anda tapi sambil mengerjakan hal lain.

2. Makan malam yang bertemakan sesuatu

Makan malam di rumah bersama seluruh keluarga adalah hal yang spesial. Tapi akan lebih istimewa bagi anak-anak bila Anda merancang tema makan malam agar tidak monoton. Anda bisa makan malam dengan menu chinese food, pasta, spesial telur, atau umbi-umbian.

Ubah dapur Anda menjadi tempat pembuatan sushi atau dapur bertemakan makanan Italia seminggu sekali. Ketika anak merasa bahagia, ia juga akan bersemangat dalam membagi cerita mereka di meja makan.

Cara lainnya, Anda dapat mengajak si Kecil untuk turut andil dalam menyiapkan menu makan malam. Mintalah anak Anda membawakan makanan ke meja atau membantu memasukkan bumbu ke dalam makanan. Momen ini akan dikenangnya sebagai momen yang menyenangkan.

3. Memperbaiki barang yang rusak bersama

Jangan pernah memperbaiki keran yang bocor, mengganti ban mobil, atau mengecat pagar tanpa anak-anak Anda. Memperbaiki segala sesuatu yang berhubungan dengan rumah adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka. Sambil memperbaiki, Anda sekaligus dapat mengajarkan mereka tentang alat dan gunanya dalam kehidupan pada saat yang sama.

4. Berjalan kaki bersama

Waktu Anda mungkin habis di perjalanan untuk mengantarkan anak ke sekolah. Sayangnya, kesempatan berinteraksi dengan anak menjadi sedikit karena Anda harus fokus saat berkendara. Cobalah untuk sesekali berjalan kaki bersama, entah ke taman dekat rumah atau ke tempat yang lain.

Berjalan dengan anak-anak Anda adalah cara yang bagus untuk memperbanyak momen interaksi spontan bersama si Kecil. Bicarakan tentang ke mana Anda akan mengajaknya pergi, apa yang ia pikirkan soal tempat tujuan, dan apa saja yang ia lihat di jalan. Pegang tangan si Kecil agar suasana semakin hangat.

5. Coba permainan anak

Jika anak Anda sangat suka bermain video game, daripada kesal melihatnya terus bermain, lebih baik mainlah bersama anak Anda. Memainkan game yang disukai anak bisa membuat anak Anda merasa lebih dekat dengan orang tuanya. Pada akhirnya, anak akan merasa mendapatkan dukungan dengan Anda bermain bersamanya. Tetapi ingat, tetapkan batas waktu, jangan sampai kegiatan virtual mereka menurunkan prestasi dan semangat belajar mereka.

6. Sajikan makanan yang disukai si Kecil sebagai pembuka pembicaraan

Makanan yang disukai anak adalah pembuka percakapan yang akan terus dikenang si Kecil. Anak-anak Anda mungkin tidak ingat semua topik diskusi atau lelucon yang ada, tetapi mereka akan selamanya mengingat bahwa mereka pernah melakukan pembicaraan dengan Anda pada momen tersebut.

Nah, itu adalah berbagai cara seru untuk menciptakan waktu berkualitas bersama anak. Tapi yang terpenting adalah bagaimana hal-hal sederhana akan dapat diingat oleh si Kecil, sekaligus sebagai media belajar anak. Tunggu apa lagi? Yuk, atur waktu bermain bersama si Kecil minggu ini!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar