Kesehatan Umum

Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing

dr. Valda Garcia, 28 Jun 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jika kamu atau orang yang kamu kenal digigit anjing, jangan panik atau bahkan menyepelekannya. Segera lakukan langkah pertolongan pertama ini.

Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing

Bagi kamu yang memelihara anjing, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi rabies. 

Rabies atau sering disebut penyakit “anjing gila” adalah infeksi virus yang biasanya ditularkan ke manusia dan hewan melalui gigitan hewan yang terinfeksi.

Selain anjing, hewan seperti kucing, rakun, serigala, dan musang juga bisa menyebarkannya.

Setelah digigit oleh hewan yang terinfeksi, biasanya penderita tidak akan langsung menampakkan gejala rabies. Terdapat waktu inkubasi, yaitu jarak waktu antara gigitan dan gejala, yang umumnya terjadi selama 1-3 bulan. 

Gejala rabies hampir mirip flu dan berlangsung selama 2-10 hari. Setelah gejala muncul, rabies menjadi penyakit yang mematikan. Oleh karena itu, penanganan gigitan anjing sangat penting diterapkan.

Saat digigit anjing, usahakan untuk tidak panik. Segera lakukan langkah pertolongan pertama digigit anjing berikut ini:

1. Cuci Luka dengan Air Mengalir

Penanganan yang pertama kali perlu dilakukan saat digigit anjing adalah mencuci luka. Segera bersihkan luka tersebut dengan air mengalir. Terlebih jika ada luka terbuka.

2. Bersihkan Menggunakan Sabun

Selain menggunakan air mengalir, luka bekas gigitan anjing sebaiknya dibersihkan juga dengan sabun. 

Artikel Lainnya: Bumil Digigit Hewan Liar, Bolehkah Suntik Vaksin Rabies?

3. Lakukan Penekanan pada Daerah Luka

Untuk mencegah infeksi akibat digigit anjing, pertolongan pertama yang tak kalah penting adalah memberikan tekanan pada daerah luka. 

Khususnya bila terdapat perdarahan yang mengalir aktif pada luka gigitan, penekanan tersebut akan membantu perdarahan segera berhenti.

4. Berikan Antiseptik

Tahapan berikutnya adalah gunakan cairan antiseptik untuk membersihkan luka secara maksimal. Ini dilakukan agar infeksi akibat gigitan anjing tidak terjadi.

5. Balut Luka

Luka yang sudah dibersihkan menggunakan antiseptik perlu segera ditutup. Kamu bisa membalut luka dengan kasa steril. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari risiko terjadinya infeksi.

6. Posisikan Lokasi Gigitan

Pastikan kamu memosisikan luka bekas gigitan anjing dengan tepat. Kamu sebaiknya meletakkan bagian yang terluka pada posisi yang lebih tinggi. 

Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Anjing Peliharaan Sakit yang Perlu Kamu Tahu

7. Konsumsi Obat Antinyeri

Bila tahapan pertolongan pertama digigit anjing tersebut telah dilakukan, lalu kamu merasakan nyeri pada luka, maka konsumsi obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bisa membantu. 

8. Periksakan Diri ke Dokter

Berkonsultasi dengan Dokter

Penanganan gigitan anjing memang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mengikuti panduan di atas. Kendati demikian, jangan lupa untuk segera ke dokter terdekat untuk perawatan luka lebih lanjut.

Selain itu, usahakan untuk mendapatkan vaksinasi rabies dalam hitungan beberapa jam setelah insiden digigit anjing. Terlebih jika digigit oleh anjing liar. 

Pasalnya, gigitan anjing, baik kecil maupun besar, sama-sama berisiko untuk menularkan virus rabies

Ingat, cakaran pun bisa menyebarkan virus rabies sehingga penanganan perlu dilakukan dengan baik dan hati-hati. 

Jika mengalami gigitan anjing yang sudah jelas riwayat vaksinasinya atau sudah mendapatkan vaksin rabies, biasanya risiko untuk infeksi rabies jauh lebih rendah.

Untuk mencegah rabies, jika kamu atau hewan peliharaanmu seperti anjing atau kucing belum divaksin rabies, segera dapatkan. 

Hindari juga hewan yang tidak jelas riwayat vaksin rabiesnya atau hewan liar, dan jangan menyentuh langsung hewan liar yang sudah mati.

Munculnya gejala rabies bisa variatif. Ada yang timbul beberapa hari setelahnya, bahkan beberapa minggu setelahnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan follow up secara berkala.

Gejala yang muncul dapat berupa mual, muntah, demam, mengeluarkan air liur, kejang, serta penurunan kesadaran.

Artikel Lainnya: Bahaya Penyakit dari Kucing

Penanganan gigitan anjing sangatlah penting untuk mencegah terjadinya rabies. 

Oleh sebab itu, terapkan pertolongan pertama saat digigit anjing untuk menurunkan risiko infeksi.

Untuk membaca informasi kesehatan lainnya, kamu bisa download aplikasi KlikDokter. Jika butuh konsultasi dengan dokter, kamu dapat menggunakan fitur Tanya Dokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Pertolongan PertamaDigigit AnjingRabies

Konsultasi Dokter Terkait