Sukses

Ini 9 Manfaat Super Buah Golden Berry

Buah golden berry dikenal di seluruh dunia karena manfaatnya sebagai superfood dan bermanfaat bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Golden berry secara ilmiah dikenal sebagai Physalis peruviana. Buah seukuran kelereng dan berwarna kekuningan ini berasal dari Amerika Selatan. Uniknya, golden berry si “beri emas” ini lebih dekat kekerabatannya dengan tomat dan terong, dibanding buah beri pada umumnya. Di Indonesia, buah ini dikenal dengan nama ciplukan.

Golden berry mengandung kadar kalori yang rendah dan sebagian besar terdiri dari vitamin dan mineral. Namun, kekayaan buah ini adalah konsentrasi antioksidan yang tinggi, seperti polifenol dan karotenoid. Tingginya jumlah dua kandungan antioksidan dalam buah ini membuat permintaan beri emas sangat besar di dunia.

Rasa golden berry manis dan asam sehingga populer dicampurkan dalam berbagai kue, permen, serta salad. Buah beri juga bisa dimakan sendiri sebagai kudapan sehat, baik dalam bentuk segar atau kering.

Manfaat super buah golden berry

Buah golden berry memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini manfaat super golden berry, dilansir dari Organic Facts:

1. Kandungan antioksidan yang tinggi

Manfaat paling penting dari golden berry berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Karena itu, buah mungil ini ideal untuk mencegah penyakit kronis, seperti beberapa jenis kanker. Senyawa karotenoid dan polifenol yang terkandung dalam buah ini dapat menetralkan radikal bebas. Ini membuat buah ini menjadi "makanan super". Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa polifenol dapat menghentikan penyebaran berbagai jenis kanker.

2. Antiinflamasi

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam beri emas membantu mengurangi peradangan. Jika Anda menderita radang sendi, asam urat, nyeri otot, sakit kronis,bahkan wasir, senyawa antiinflamasi dalam golden berry dapat meringankan kondisi ini dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kandungan antiinflamasi dalam buah ini mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan peradangan di arteri dan pembuluh darah, serta mencegah perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner. Golden berry juga efektif menurunkan tekanan darah, berdampak pada menurunnya gejala hipertensi dan memberikan kelegaan bagi jantung.

3. Bantu penurunan berat badan

Sebagai makanan rendah kalori (hanya 53 kalori per 100 gram), golden berry adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang diet. Buah berwarna kuning keemasan ini menyediakan sebagian besar kebutuhan nutrisi harian Anda, tapi tidak menyumbang lemak atau kalori negatif.

4. Kolesterol seimbang

Banyak orang menganggap lemak sebagai komponen negatif. Namun, manusia membutuhkan berbagai asam lemak esensial yang berperan dalam banyak proses di tubuh. Contohnya, asam oleat dan linoleat dalam beri emas. Mereka dapat menurunkan jumlah LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh dan membangun kembali keseimbangan kolesterol untuk memastikan jantung yang sehat.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Pencegahan kanker

Withanolides jarang disebut dalam diskusi makanan kesehatan, karena sangat jarang ditemukan. Akan tetapi, kandungan withanolides ditemukan dalam golden berry. Senyawa organik unik ini mirip dengan yang ditemukan dalam ginseng.

Withanolides merupakan antioksidan kuat dan agen antiinflamasi yang dapat menginduksi apoptosis atau kematian sel otomatis. Mereka juga dapat memperlambat atau menghambat penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh.

6. Kontrol kadar gula darah

Beberapa senyawa yang ditemukan dalam golden berry dapat memperlambat penguraian dan asupan gula sederhana dari karbohidrat. Dampaknya, tubuh dan aliran darah tidak dibanjiri dengan gula, dan reseptor insulin pun diatur dengan benar. Fluktuasi kadar gula darah yang drastis adalah penyebab utama diabetes. Ini artinya, mengonsumsi golden berry adalah metode pencegahan yang efektif dan pengobatan untuk diabetes tipe II.

7. Tingkatkan kesehatan hati dan ginjal

Kandungan withanolides dalam golden berry telah dikaitkan dengan mengurangi jaringan parut hati dan menghambat laju degradasi hati. Selain itu, buah ini dikaitkan dengan kesehatan ginjal yang optimal karena membantu menghilangkan racun dengan merangsang buang air kecil dan membuang kelebihan lemak, garam, dan racun dari sistem limfatik.

8. Meningkatkan fungsi penglihatan

Karena kandungan karotenoid yang tinggi, beri emas ini sering direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan mata. Karotenoid dapat menghilangkan stres oksidatif pada sistem okular, mencegah perkembangan katarak, dan memperlambat timbulnya degenerasi makula. Artinya, penglihatan Anda tetap bekerja baik seiring bertambahnya usia.

9. Memperkuat sistem imun

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam golden berry menjadikannya sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C (asam askorbat) merangsang produksi sel darah putih sekaligus memiliki sifat antioksidan tertentu. Selain itu, vitamin C adalah komponen utama dalam produksi kolagen, yang membantu dalam memperbaiki dan memproduksi sel, jaringan, organ, dan pembuluh darah.

Itu adalah khasiat super dari buah golden berry. Hanya saja, jangan makan golden berry yang belum matang karena bisa beracun. Jika Anda menderita khawatir akan kemungkinan alergi terhadap buah ini namun ingisn menikmati manfaatnya, konsultasikan dulu pada dokter Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar