Sukses

Bunga Saffron, Rempah Mahal Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Bunga saffron disebut sebagai rempah paling mahal di dunia. Sebenarnya, apa manfaat saffron untuk kesehatan? Yuk, cari tahu!

Pernahkah Anda mendengar istilah saffron? Rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus ini ternyata telah digunakan sejak zaman dahulu, karena dianggap memiliki beberapa manfaat kesehatan

Saffron sering disebut sebagai rempah paling mahal di dunia, karena membutuhkan banyak tenaga untuk memproduksi dan memanennya.

Di balik harganya yang mahal, apakah manfaat saffron benar-benar ada? Ya! Berikut ini beberapa manfaat saffron untuk kesehatan tubuh Anda:

1 dari 6 halaman

1. Antioksidan yang Kuat

Saffron memiliki berbagai kandungan yang bersifat sebagai antioksidan. Rempah ini pun terbukti dapat melawan radikal bebas dan stres oksidatif.

Antioksidan di dalam saffron, yakni krosin dan krosetin, adalah senyawa yang memberinya warna merah. Ada pula senyawa antioksidan lain, yakni safranal, yang memberi rasa dan aromanya khas.

Kaempferol yang juga ditemukan dalam kelopak bunga saffron dapat pula mengurangi peradangan dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Ekstrak Kayu Manis Bisa Atasi PCOS?

2. Memperbaiki Suasana Hati dan Gejala Depresi

Saffron sering dijuluki “bumbu matahari”, karena dapat bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati.

Faktanya, manfaat saffron dapat dirasakan lebih efektif dibandingkan dengan plasebo dalam menangani depresi derajat ringan hingga sedang. Rempah ini bahkan disebut memiliki manfaat yang setara dengan obat depresi.

2 dari 6 halaman

3. Potensi Melawan Kanker

Karena memiliki kemampuan untuk menetralkan radikal bebas, saffron disebut dapat berperan dalam memberantas sel kanker usus besar.

Krosin yang merupakan antioksidan utama dalam saffron juga membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi.

Meski menjanjikan, manfaat saffron dalam melawan kanker sebenarnya masih bersifat dugaan. Artinya, butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat tersebut.

4. Mengurangi Gejala Premenstrual Syndrome (PMS)

Premenstrual syndrome (PMS) merupakan gejala yang dapat mengganggu wanita secara fisik, emosional, dan psikis. Kondisi ini terjadi sebelum dimulainya fase menstruasi.

Pemberian ekstrak saffron sebanyak 30 miligram setiap hari pada populasi wanita berusia 20 hingga 45 tahun ditemukan dapat menurunkan gejala PMS berupa mudah tersinggung, nyeri kepala, ngidam, dan nyeri.

3 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Gairah Seksual

Manfaat bunga saffron untuk meningkatkan libido ternyata bukan isapan jempol belaka.

Dalam suatu penelitian, konsumsi 30 miligram saffron per hari selama 4 minggu ditemukan mampu memperbaiki gejala disfungsi ereksi pada pria yang mengalami efek samping obat anti-depresan.

Pada wanita, efeknya dapat mengurangi nyeri saat berhubungan seksual, serta meningkatnya libidio dan lubrikasi.

Artikel Lainnya: 10 Manfaat Lotus untuk Kesehatan

6. Mengurangi Nafsu Makan

Makan camilan tidak sehat adalah kebiasaan yang dapat memicu kenaikan berat badan. Dengan mengonsumsi ekstrak saffron, para wanita dapat merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan camilan bisa berkurang.

Wanita yang mengonsumsi ekstrak saffron selama 8 minggu juga ditemukan mengalami penurunan berat badan lebih signifikan apabila dibandingkan dengan konsumsi plasebo.

4 dari 6 halaman

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Pada penelitian menggunakan tikus dengan diabetes, ekstrak saffron disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Rempah ini pun ditemukan bisa membuat sensitivitas insulin meningkat.

8. Memperbaiki Penglihatan pada Orang Dewasa

Saffron diduga dapat bantu memperbaiki pandangan pada orang dewasa yang mengalami degenerasi makula — gangguan penglihatan akibat usia.

5 dari 6 halaman

9. Memperbaiki ingatan dewasa dengan penyakit Alzheimer

Karena memiliki kandungan antioksidan yang kuat, saffron memiliki potensi dalam meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang mengalami penyakit Alzheimer.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian pada hewan dan tes tabung menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalam saffron mampu menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah pembuluh darah tersumbat.

Hal tersebut dapat bantu menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Manfaat saffron untuk kesehatan ternyata sangat beragam. Tertarik dengan manfaat tersebut? Jika ya, Anda mesti siap-siap merogoh kocek agak dalam.

Agar bisa sepenuhnya menikmati manfaat saffron, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter sebelum Anda mengonsumsinya.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar