Diet dan Nutrisi

11 Manfaat Bunga Saffron, Rempah Mahal yang Baik dan Sehat

dr. Valda Garcia, 27 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menjadi rempah paling mahal di dunia, saffron punya manfaat yang melimpah untuk kesehatan. Mulai dari untuk mengurangi gejala PMS hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

11 Manfaat Bunga Saffron, Rempah Mahal yang Baik dan Sehat

Pernahkah kamu mendengar tentang saffron? Rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus ini ternyata telah dimanfaatkan sejak dahulu kala karena dianggap memiliki manfaat kesehatan.

Saffron mendapat julukan rempah paling mahal di dunia, karena membutuhkan banyak tenaga untuk memproduksi dan memanennya.

Apalagi, manfaat saffron untuk kesehatan juga benar-benar melimpah. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa khasiat bunga saffron adalah sebagai berikut:

1. Antioksidan

Saffron memiliki berbagai kandungan yang bersifat sebagai antioksidan. Rempah ini pun terbukti dapat melawan radikal bebas dan stres oksidatif.

Antioksidan di dalam saffron, yakni krosin dan krosetin, adalah senyawa yang memberinya warna merah. Ada pula senyawa antioksidan lain, yaitu safranal, yang memberi rasa dan aroma khas.

Kaempferol yang ditemukan dalam bunga saffron juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan dalam tubuh.

2. Memengaruhi Suasana Hati 

Sehatkah Berhubungan Seksual setelah Bertengkar Hebat?

Ternyata, bunga saffron berkhasiat untuk memperbaiki suasana hati atau mood. Ini membuat saffron sering dijuluki sebagai “bumbu matahari”.

Faktanya, penggunaan saffron dapat dirasakan lebih efektif dibandingkan plasebo dalam menangani depresi derajat ringan hingga sedang. Bahkan, rempah ini disebut memiliki manfaat yang setara dengan obat depresi.

Artikel Lainnya: Inilah Tips Konsumsi Saffron untuk Ibu Hamil

3. Berpotensi Melawan Kanker

Karena memiliki khasiat untuk menetralkan radikal bebas, saffron disebut berpotensi dalam memberantas sel kanker usus besar.

Meski menjanjikan, manfaat saffron dalam melawan kanker sebenarnya masih bersifat dugaan. Artinya, butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut.

4. Mengatasi Gejala Premenstrual Syndrome (PMS)

Salah satu manfaat saffron untuk kesehatan adalah dapat menangani gejala premenstrual syndrome (PMS). Kondisi ini terjadi sebelum dimulainya fase haid. 

Pemberian ekstrak saffron sebanyak 30 miligram setiap hari pada wanita berusia 20-45 tahun ternyata dapat menurunkan gejala PMS berupa mudah tersinggung, sakit kepala, ngidam, dan nyeri.

5. Meningkatkan Gairah Seksual

Seorang Pria sedang Bahagia

Dalam suatu penelitian, konsumsi harian 30 miligram saffron selama 4 minggu dapat menangani gejala disfungsi ereksi pada pria. Khususnya yang disfungsi ereksi akibat efek samping obat antidepresan.

Pada wanita, saffron dapat menurunkan rasa sakit ketika berhubungan seks, serta menaikkan libido. 

Artikel Lainnya: Tanaman Herbal Rumahan, Kenali Manfaat dan Efek Sampingnya

6. Mengurangi Nafsu Makan

Kegunaan saffron yang satu ini tentunya menguntungkan bagi kamu yang sedang diet.

Dengan mengonsumsi ekstrak saffron, kamu dapat merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan camilan berkurang.

Dalam sebuah studi, wanita yang mengonsumsi ekstrak saffron selama 8 minggu ditemukan mengalami penurunan berat badan lebih signifikan dibandingkan dengan konsumsi plasebo.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tahukah kamu, salah satu manfaat bunga saffron untuk kesehatan adalah bisa menurunkan gula darah? 

Sebuah penelitian dilakukan pada tikus dengan diabetes dan hasilnya ekstrak saffron dapat menurunkan kadar gula darah. Sensitivitas insulin juga mengalami peningkatan. 

Namun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan doktermu bila kamu punya diabetes dan ingin mengonsumsi saffron untuk turunkan gula darah.

8. Memperbaiki Penglihatan pada Pasien Degenerasi Makula

Persepsi Warna Menurun pada Penderita Katarak

Saffron diduga dapat memperbaiki penglihatan pada orang dengan degenerasi makula. Ini merupakan gangguan penglihatan yang dialami oleh orang lanjut usia. 

Menurut ahli, saffron dinilai mampu meningkatkan ketahanan jaringan. Manfaat yang satu ini ada berkat kandungan antioksidan, antiperadangan, dan neuroprotektif dalam saffron. 

Artikel Lainnya: Manfaat Minum Air Jahe bagi Kesehatan

9. Memperbaiki Ingatan pada Pasien Alzheimer

Karena mengandung antioksidan yang kuat, saffron diduga memiliki potensi dalam meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa dengan penyakit Alzheimer.

Temuan terbaru dari penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa krosin dalam saffron efektif melawan disfungsi kognitif kronis, juga memperlambat penurunan kognitif pada Alzheimer.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian pada hewan dan tes tabung menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam saffron mampu menurunkan kolesterol dan mencegah pembuluh darah tersumbat.

Hal tersebut dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Tak hanya itu, antioksidan dalam saffron dianggap dapat mengurangi risiko seseorang terkena stroke.

11. Baik untuk Kesehatan Kulit

Saffron sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Karena itu, saffron dapat menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi noda hitam pada kulit. 

Penggunaan saffron juga disebut-sebut dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, dan mengurangi jerawat.

Artikel Lainnya: Kunyit Sebabkan Pria Mandul?

Tertarik dengan manfaat saffron untuk kesehatan? Sebenarnya boleh saja untuk mengonsumsinya setiap hari. 

Tapi agar lebih aman dan benar-benar bisa mendatangkan manfaat, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi saffron. 

Pasalnya, sebagian besar khasiat saffron yang disebutkan di atas masih butuh penelitian lebih lanjut. 

Jika ingin bertanya soal topik ini atau masalah kesehatan, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter dengan memanfaatkan layanan Tanya Dokter. 

Untuk #JagaSehatmu, baca artikel kesehatan yang terbaru dengan download aplikasi KlikDokter. 

[RS]

Hari Kesehatan Nasionalherbalrempah

Konsultasi Dokter Terkait