Sukses

Manfaat Dahsyat Semangka untuk Pria

Semangka cocok dimakan untuk melepaskan dahaga pada siang hari. Tapi tak cuma itu, semangka juga punya manfaat khusus bagi pria.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu buah yang digemari banyak orang adalah semangka. Warnanya yang menggugah selera, rasanya yang manis dan kandungan airnya, membuat semangka kerap digunakan sebagai pelepas dahaga di siang hari yang panas. Akan tetapi, yang belum banyak diketahui, rupanya semangka punya manfaat dahsyat bagi pria.

Kandungan sehat dalam semangka

Buah kaya air yang memiliki nama Latin Citrullus lanatus ini merupakan sumber kalium, vitamin C, dan vitamin A yang sangat baik. Semangka juga mengandung beta-karoten konsentrasi tinggi. Kulit semangka - terutama semangka merah - juga mengandung sitrulin phyto-nutrient, yang bermanfaat untuk kesehatan seperti peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh.

Bagian daging buah semangka sekitar 92 persen terdiri dari air. Sebanyak 8 persen sisanya memiliki konsentrasi likopen tertinggi yang ditemukan dalam buah atau sayuran segar, seperti tomat. Likopen termasuk antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas untuk melindungi Anda dari berbagai risiko penyakit degeneratif. Seperti radang sendi, penyakit jantung, hipertensi, stroke, kanker, dan penuaan dini.

Manfaat dahsyat semangka bagi pria

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semangka punya banyak manfaat kesehatan, terutama bagi pria. Kaya akan kandungan vitamin dan mineral, semangka dapat memiliki beberapa efek positif pada pria.

  • Kesehatan prostat

Para peneliti sebelumnya percaya bahwa likopen hanya ada dalam tomat. Akan tetapi, nyatanya semangka ternyata memiliki konsentrasi tertinggi likopen dalam buah atau sayuran segar.

Seperti yang disinggung sebelumnya, likopen telah dikenal sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit, jantung, dan prostat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para dokter di The University of Illinois di Chicago, subjek diuji untuk mengonsumsi likopen selama tiga minggu sebelum menjalani prostatektomi terjadwal. Setelah tiga minggu percobaan, hasil menunjukkan bahwa kerusakan berkurang secara signifikan pada jaringan prostat.

  • Disfungsi ereksi

Mungkin bagi pria, manfaat semangka yang satu ini sangat berguna. Mana ada pria yang mau mengalami disfungsi ereksi? Dan, semangka ampuh untuk mencegah hal itu.

Kulit semangka mengandung konsentrasi tinggi phyto-nutrisi yang disebut sitrulin. Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M's Fruit and Vegetable Improvement Center, telah meneliti sitrulin dan menemukan buah itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Salah satu manfaatnya adalah kemampuan untuk membuat pembuluh darah menjadi rileks, seperti halnya obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Ketika dicerna, sitrulin meningkatkan kadar oksida nitrat. Zat ini berguna untuk melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ini berarti bisa membantu disfungsi ereksi yang dikaitkan dengan masalah pembuluh darah.

  • Menurunkan tekanan darah

Profesor Bahram H. Arjmandi dari The Florida State University melakukan penelitian terkait hal ini. Dia memberikan ekstrak semangka kepada sembilan subjek dengan hipertensi selama enam minggu. Hasilnya, masing-masing subjek menunjukkan tekanan darah yang lebih rendah pada akhir penelitian.

Sitrulin phyto-nutrisi memungkinkan peningkatan aliran darah dalam tubuh. Hal ini dapat membantu orang dengan hipertensi. Mengonsumsi semangka dapat membantu orang yang sebelumnya sangat ketergantungan obat antihipertensi.

Jadi bukan hanya baik untuk menghilangkan dahaga, manfaat semangka secara khusus juga bisa dirasakan kaum pria. Oleh karena itu, para pria, jangan lupa masukkan buah semangka ke dalam menu buah harian Anda ya supaya manfaatnya dapat dirasakan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar