Sukses

Perlukah Anak Diajak Begadang Saat Malam Tahun Baru?

Malam Tahun Baru identik dengan begadang untuk menantikan detik-detik pergantian tahun. Lalu, perlukah mengajak anak untuk begadang juga?

Klikdokter.com, Jakarta Momen pergantian tahun tak jarang dilewati dengan cara begadang. Kebanyakan dari mereka - mungkin termasuk Anda - ingin menyambut Tahun Baru dengan perayaan bersama keluarga atau orang-orang terkasih atau sekadar berdoa bersama. Akan tetapi, bagaimana dengan Anda yang punya anak, perlukah anak diajak juga untuk begadang pada malam Tahun Baru?

Ternyata hal itu tidak disarankan sama sekali. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, anak tidak boleh begadang karena mereka butuh tidur cukup untuk masa pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, anak akan lebih rewel ketika kurang tidur. Ini tentu akan menyusahkan Anda sebagai orang tua.

"Sebaiknya anak tidak begadang karena tidur itu penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Hormon pertumbuhan (growth hormone) banyak keluar dalam tubuh waktu malam hari saat anak tidur dalam (deep sleep)," ujar dr. Sepri.

"Kalau anak begadang, produksi hormon ini akan terganggu sehingga pertumbuhan anak tidak optimal. Contohnya, anak jadi pendek. Selain itu, kalau anak kurang tidur biasanya besoknya anak akan lebih rewel, gelisah, dan mudah marah. Apalagi kalau anak usia sekolah, jadi susah untuk berkonsentrasi," dia menjelaskan.

Menurut dr. Sepri, berdasarkan hal-hal di atas, anak-anak tidak usah ikut begadang pada malam pergantian tahun. Mungkin tidak perlu diajak juga, mereka akan coba mengikuti Anda yang akan begadang. Akan tetapi, Anda harus membujuk anak-anak untuk tidur sebelum Anda melanjutkan aktivitas pergantian malam tahun baru.

"Jadi, sebaiknya anak tidak usah diajak begadang pada saat malam pergantian tahun," tegas dr. Sepri.

Tips begadang bagi orang dewasa

Nah, untuk para orang dewasa yang begadang pada saat Tahun Baru, jangan sampai Anda mengalami badan lemas dan lesu. Ini adalah masalah yang biasanya muncul ketika sehabis begadang.

Lalu, bagaimana mengatasi badan lemas usai begadang? Berikut tips mengatasi badan lemas setelah begadang versi dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

1. Tetap terhidrasi

Jangan sampai Anda begadang tapi kekurangan cairan. Menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi adalah salah satu cara paling mudah agar badan tidak lemas. Hal ini karena salah satu penyebab badan lemas adalah kurangnya cairan atau minum air. Cukupi kebutuhan cairan Anda yang disarankan minimal 2 liter per hari.

2. Seimbangkan makanan

Jika Anda begadang pada malam pergantian tahun, jangan sembarangan mengonsumsi makanan. Jika biasanya, malam pergantian tahun akan dirayakan dengan makanan yang dibakar – misalnya ayam bakar atau sate - imbangi dengan  mengonsumsi buah dan sayuran.

3. Berjemur di bawah sinar matahari

Jika ada kesempatan untuk bangun pada pagi hari, cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari. Anda dapat sekadar berjemur atau berjalan pagi hari selama 30 menit.

Menurut dr. Alvin, berjemur dapat membantu Anda menstabilkan ritme sirkadian Anda, sehingga nantinya Anda dapat tidur nyenyak pada malam harinya. Berjemur juga baik untuk menjaga kadar vitamin D tubuh Anda, karena aktivasi vitamin D memerlukan sinar matahari. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Nah, Anda berencana menghabiskan malam pergantian tahun dengan begadang? Boleh-boleh saja, tapi sebaiknya anak Anda tidak usah ikut begadang. Itu karena waktu tidur malam adalah saat-saat berharga untuk hormon pertumbuhan anak bekerja.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar