Sukses

Hidangkan 5 Makanan Sehat Ini di Hari Natal

Hari Natal sudah di depan mata. Saatnya untuk merayakannya dengan makan-makan. Berikut ini adalah ide makanan sehat yang bisa Anda sontek.

Klikdokter.com, Jakarta "Selamat Hari Natal, Selamat Hari Natal, Selamat Hari Natal dan Tahun Baru". Lagu ini mulai berkumandang di mana-mana, terutama di pusat-pusat perbelanjaan. Bagaikan tanda bahwa Hari Natal siap untuk dirayakan. Namun demikian, meski sedang bergembira, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan menghidangkan makanan sehat dan bergizi tinggi.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, Natal biasanya identik dengan makanan manis. Menurutnya, meski sedang merayakan Natal, sebaiknya makanan manis tersebut dikurangi atau dibatasi, terutama yang mengandung pemanis buatan.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menghidangkan makanan sehat sebagai menu makanan keluarga. Berikut ini sederet makanan sehat yang bisa Anda hidangkan saat Hari Natal, sekaligus sebagai penyeimbang menu makanan lain yang mengandung gula dan kalori tinggi.

1. Salad dengan minyak zaitun

Mungkin agak unik mendengar salad dengan dressing minyak zaitun atau juga biasa disebut olive oil. Ini karena biasanya salad bercampur dengan mayones. Untuk kali ini, coba ganti mayones Anda dengan olive oil.

Melansir dari The Telegraph, konsumsi salad dengan minyak zaitun dapat melindungi jantung Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi udara dan membantu menurunkan tekanan darah.  Para peneliti telah menunjukkan bahwa asupan dua sendok teh minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi efek polusi udara pada jantung.

Sementara itu, sebuah studi lainnya juga menunjukkan bahwa olive oil dapat menurunkan tekanan darah ketika dimakan dengan sayuran tertentu. Jadi, salad dengan minyak zaitun ternyata perpaduan yang sangat sehat.

2. Aneka buah

Buah harus dihidangkan ketika merayakan Hari Natal. Di tengah banyaknya makan berlemak dan tinggi kalori, buah bisa menjadi penyeimbang asupan Anda. Dengan kandungan serat, vitamin, dan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya, pencernaan Anda yang kacau akibat campuran makanan yang tidak terkendali, bisa stabil kembali.

Sementara itu, kandungan vitamin dalam buah-buahan sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Cobalah makan jeruk, anggur, pepaya, dan stroberi. Selain rasanya enak, deretan buah-buahan tersebut rendah kalori.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi sebagai salah satu makanan sehat di Hari Natal sebagai sumber nutrisi dan antioksidan. Bahkan, ada satu penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

Jenis kacang-kacangan yang cukup baik adalah almond. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, almond merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Takaran 1 ons almond (setara dengan 28 gram) mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 32 persen mangan dari asupan yang disarankan, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup. Almond juga mengandung antioksidan, sehingga bisa menstablikan gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan baik untuk kesehatan kulit.

4. Yoghurt

Keistimewaan kandungan yoghurt membuatnya wajib untuk dikonsumsi pada Hari Natal. Menurut WebMD, yoghurt merupakan hasil olahan susu. Dengan mengonsumsi yoghurt, Anda sama saja mengonsumsi protein hewani, yaitu sekitar 9 gram protein dalam 6 ons yoghurt. Selain protein, nutrisi lain juga terkandung di dalam yoghurt, seperti kalsium, vitamin B2, vitamin B12, potasium, dan magnesium. 

Tak hanya itu, kandungan probiotik dalam yoghurt juga sangat baik. Probiotik adalah bakteri baik yang secara normal terdapat dalam sistem saluran cerna manusia. Dengan mengonsumsi bakteri baik ini, tentunya sistem pertahanan tubuh akan meningkat, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit, khususnya yang menyerang saluran cerna.

2. Ikan salmon

Jika biasanya saat Hari Natal Anda menyantap daging sapi, kambing, atau ayam, kali ini coba hidangkan ikan salmon. Selain bisa dipanggang, ikan salmon juga bisa dijadikan sebagai sushi ketika masih mentah.

Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, ikan salmon bagus untuk otak. Karena di dalam ikan salmon terdapat kandungan omega-3 yang disertai dengan vitamin A, D, dan selenium. Beragam zat ini berfungsi mencegah kerusakan sistem saraf dan bekerja sebagai antidepresan, sehingga menenangkan otak.  Selai itu, ikan salmon juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung, membantu kesulitan tidur, dan baik untuk kesehatan mata.

Nah, berbagai makanan di atas adalah deretan menu makanan sehat yang bisa Anda hidangkan saat perayaan Hari Natal. Pastikan Anda juga memiliki istirahat yang cukup dan tetap beraktivitas fisik agar tubuh tetap bugar selama berkumpul bersama keluarga. Selamat Hari Natal.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar