HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi11 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, Apa Saja?
Diet dan Nutrisi

11 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, Apa Saja?

dr. Theresia Yunita, 04 Jan 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya memiliki rasa yang sedap saat dijadikan olahan, manfaat kembang kol untuk kesehatan juga sangat beragam. Apa saja? Yuk, cari tahu!

11 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, Apa Saja?

Jika kamu sering mengonsumsi capcai, pasti tidak asing dengan kembang kol. Sayuran yang dikenal pula sebagai brokoli putih ini memang lezat disantap sebagai tumisan. 

Tak hanya itu, kembang kol memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, lho. Khasiat tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalam kembang kol. Berikut manfaat kembang kol untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. 

1. Menurunkan Risiko Kanker

Jangan Keliru, Kenali Beda Kista dan Tumor

Kembang kol kaya antioksidan yang diduga bisa menurunkan risiko terkena kanker. Penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali ini salah satunya dipicu oleh kadar radikal bebas berlebih di dalam tubuh. 

Nah, untuk mengurangi risiko terjangkit kanker, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti bunga kol. 

Kembang kol mengandung banyak antioksidan glukosinolat dan isothiocyanate. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kedua antioksidan tersebut dipercaya bisa mencegah perkembangan sel kanker usus besar, paru-paru, payudara, maupun prostat.

Artikel lainnya: Makanan Sehat Ini Efektif Mencegah Kanker Usus

2. Bantu Kurangi Tanda-Tanda Penuaan

Khasiat kembang kol berikutnya, yaitu diyakini bisa bantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Manfaat ini masih berasal dari kandungan glukosinolat dan isothiocyanate dalam kembang kol.

Kedua antioksidan tersebut dapat melindungi sel-sel tubuh dari peradangan dan radikal bebas. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan bisa berkurang sehingga kulitmu tampak lebih awet muda.

3. Membuang Racun dari Tubuh

Glukosinolat dan isothiocyanate dalam kembang kol dipercaya bisa membantu proses detoksifikasi alias pembuangan racun dari tubuh secara alami.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kembang kol diduga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Khasiat ini berasal dari kandungan antioksidan karotenoid dan flavonoid di dalam bunga kol. 

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada Kemungkinan Virus Corona Terlindungi dari Imun Tubuh

Kembang kol memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Antioksidan vitamin C dalam sayuran ini diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil, kamu tidak mudah terkena penyakit infeksi.

Artikel lainnya: Makan Kol Goreng Memang Nikmat, Tapi Ada Dampaknya Tidak Ya?

6. Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Kembang kol mengandung banyak vitamin. Dalam 128 gram kembang kol mentah terdapat nyaris semua vitamin dan mineral yang kamu butuhkan. 

Beberapa vitamin dan mineral yang dimaksud, misalnya serat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, asam pantotenat, kalium, mangan, magnesium, dan fosfor. 

7. Bantu Turunkan Berat Badan

Kembang kol hanya mengandung 25 kalori per cangkir. Sementara, 92 persen berat kembang kol berasal dari air. Selain itu, kembang kol adalah sumber serat baik yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Karena itu, kembang kol dapat kamu gunakan untuk menggantikan biji-bijian dan kacang-kacangan dalam program penurunan berat badan sehingga bisa mengurangi risiko terkena obesitas.

8. Menyehatkan Pencernaan

Terdapat tiga gram serat dalam satu cangkir kembang kol. Jumlah ini setara dengan 10 persen kebutuhan harian kamu. 

Serat diperlukan sebagai asupan untuk bakteri baik dalam usus. Kandungan kembang kol ini pada gilirannya bermanfaat mencegah peradangan. Pasokan serat yang cukup dapat pula meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, lho.

Selain itu, mengonsumsi cukup serat membantu mengurangi risiko terkena sembelit dan radang usus

9. Jaga Kesehatan Saraf dan Otak

Ilustrasi Sistem Saraf

Berikutnya, manfaat bunga kol untuk kesehatan, yaitu membantu menjaga kesehatan saraf dan otak, keutuhan membran sel, pembentukan DNA, serta metabolisme tubuh. 

Khasiat tersebut berasal dari senyawa kolin dalam kembang kol. Satu cangkir kembang kol mengandung 45 miligram kolin.

Artikel lainnya: Makanan dan Minuman Ini Efektif untuk Daya Ingat Anda

10. Meredakan Peradangan

Senyawa glukosinolat dalam kembang kol dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh. Mengonsumsi kembang kol diduga bermanfaat bantu meredakan kondisi radang yang kamu alami.

11. Mendukung Kesehatan Tulang

Manfaat kembang kol bagi kesehatan tulang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran ini secara rutin. Kembang kol kaya vitamin K yang dapat bantu menurunkan risiko mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang) dan patah tulang.

Setelah mengetahui berbagai manfaat kembang kol, apakah kamu tertarik memasukkan sayuran ini ke dalam pola makan harianmu? Jika ya, tetap ingat batasan dalam mengonsumsinya.

Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar khasiat kesehatan sayuran lainnya, gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, solusi #JagaSehatmu.

(ADT/JKT)

SayuranKembang kol

Konsultasi Dokter Terkait