HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBegini Tips Belanja yang Lebih Sehat
Diet dan Nutrisi

Begini Tips Belanja yang Lebih Sehat

dr. Dyah Novita Anggraini, 24 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hati-hatilah dalam berbelanja kebutuhan makanan sehari-hari di supermarket. Ini tips yang bisa Anda lakukan agar belanja Anda lebih sehat.

Begini Tips Belanja yang Lebih Sehat

Kegiatan belanja bulanan, khususnya membeli berbagai kebutuhan makanan, merupakan salah satu hal yang mengasyikkan. Saking asyiknya, terkadang Anda tak terlalu memedulikan kandungan gizi pada makanan yang dibeli di supermarket.

Asalkan kemasannya menarik, terlihat lezat, dan harganya murah, Anda dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam keranjang belanja. 

Padahal, seperti kata sebuah pepatah, Anda adalah apa yang Anda makan. Jadi sudah sepatutnya Anda lebih memperhatikan segala makanan yang Anda beli dan konsumsi demi kesehatan. Lagi pula, kebiasaan makan sehat di keluarga akan menurun pada anak ketika mereka dewasa kelak.

Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan tips belanja sehat berikut ini:

1. Jangan Malas Baca Komposisi

Pertama, tips belanja sehat yang perlu Anda perhatikan adalah cobalah untuk membaca komposisi. Ketika Anda menemukan makanan kemasan di supermarket dengan daftar bahan yang panjang di labelnya, kembalikanlah ke rak. Carilah makanan kemasan yang memiliki komposisi lebih sederhana.

Biasanya, semakin banyak daftar bahan yang dicantumkan, semakin banyak pula jenis gula dan zat aditif kimia yang ditambahkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tampilan, rasa, atau umur simpan makanan itu.

Mulai sekarang, periksalah komposisi makanan yang hendak Anda beli, ya. Sebagian besar makanan berkomposisi sederhana memiliki kualitas gizi dan keamanan yang lebih baik.

Artikel Lainnya: Kiat Aman Belanja Bahan Makanan secara Online

2. Alami” Bukan Berarti “Organik”

Label makanan "alami" dan "organik" cukup banyak dipertukarkan, bukan? Padahal, keduanya berbeda.

Makanan berlabel organik harus memenuhi sejumlah syarat, misalnya daging diklaim sebagai produk organik karena sapi tersebut tidak diberi antibiotik atau hormon dan hanya diberikan pakan rumput segar. Hewan tersebut pun tidak dikurung dalam kandang dan dibiarkan bebas.

Sementara itu, produk alami belum tentu mematuhi persyaratan itu. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih kedua produk tersebut.

3. Perhatikan Soal MSG

Perhatikan betul daftar komposisi pada label makanan siap saji, contohnya sup. Sebab, MSG (monosodium glutamat) kadang-kadang ditulis di bagian paling bawah dan kerap kali disebut dengan nama lain, misalnya protein kedelai, ragi, dan natrium.

MSG adalah versi sintetis dari substansi umami, seperti yang dikenal di Jepang, yang terjadi secara alami di beberapa makanan, termasuk keju parmesan, kecap, dan jamur. MSG, yang cukup banyak digunakan dalam masakan Asia, biasanya berkaitan dengan sakit kepala dan gejala keracunan yang tidak menyenangkan lainnya.

Jadi, ketimbang Anda menumpuk kadar MSG dengan banyak membeli makanan instan, sebaiknya beli dan buat saja dari bahan-bahan segar, mentah, dan alami.

 Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Sehat Belanja Makanan Online?

4. Jangan Tertipu Sereal Sehat Palsu

Jika Anda ingin sereal sarapan yang sehat, abaikan sereal yang langsung mengklaim kata “sehat” pada kemasan mereka.

Carilah sereal yang mengandung gandum utuh sebagai bahan utamanya dan yang tidak memiliki kandungan gula. Lihat juga nutrisi per saji pada label nutrisi dan temukan sereal dengan banyak serat di setiap porsi.

Lalu, mengapa Anda perlu memberi perhatian lebih terhadap sereal? Kini sangat banyak sereal sarapan yang diproses dan diberi tambahan gula. Padahal, mereka sebenarnya adalah biskuit manis berukuran kecil.

5. Hindari Makanan Kemasan yang Mengandung Banyak Air

Air adalah bahan ajaib dalam makanan siap saji. Jika air adalah bahan yang pertama kali Anda lihat pada komposisi, itu berarti, ada banyak zat aditif yang diberikan untuk menambah rasa dan tekstur pada air tersebut.

Artikel Lainnya: Hobi Belanja Bisa Bikin Anda Lebih Sehat

Ketika Anda membeli sup kalengan dan menemukan bahwa air adalah komposisi utamanya, mungkin Anda tidak akan terlalu heran. Padahal sebenarnya, sup tidak mengandung air sebanyak itu, lho!

Selain itu, banyak juga saus salad yang mengandung lebih banyak air daripada bahan yang lain. Padahal, minyak dan air tidak bercampur sehingga pasti dibutuhkan banyak zat tambahan untuk menyatukan keduanya.

6. Pilih Bahan-Bahan yang Segar

Usahakan untuk belanja makanan sehat yang segar. Makanan yang segar memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Pilih sayur dan buah dengan warna yang segar, tidak layu dan busuk. Begitu juga dengan ayam, daging dan ikan, pilihlah yang tidak mengeluarkan bau busuk dan lendir.

Makanan yang tinggi nutrisinya membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Terutama di masa pandemi ini, asupan makanan yang sehat dan bergizi diperlukan untuk menunjang imunitas dan mencegah paparan kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh Anda.

7. Jangan Lupa Makan Sebelum Belanja

Kondisi tubuh yang kelaparan mudah membuat Anda sembarangan dalam memilih makanan atau minuman yang tidak perlu atau berlebihan. Jadi, usahakan untuk makan terlebih dahulu di rumah sebelum Anda berbelanja.

Makanan yang tidak diperlukan biasanya merupakan makanan yang tidak sehat atau makanan yang memiliki bahan pengawet karena dikemas lebih menarik.

Nah, itu dia tips belanja sehat di supermarket. Mulai sekarang, terapkan cara-cara di atas agar Anda tidak mudah terkecoh oleh bungkus dan label kemasan.

Jika Anda memiliki waktu dan tenaga yang lebih, tak ada salahnya membuat sendiri masakan dari bahan-bahan alami dan segar. Nutrisi yang didapat dari bahan makanan alami akan bisa dirasakan maksimal oleh tubuh.

Untuk membaca artikel kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter ya!

[FY]

belanjaTips Sehat

Konsultasi Dokter Terkait