Sukses

Orang Tua juga Perlu Tahu BMI untuk Anak

BMI atau body mass index sering disepelekan. Sekarang, orang tua harus tahu apa itu BMI terutama untuk mengetahui berat ideal anak mereka.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika anak Anda mulai tumbuh dewasa dan tubuh mereka berubah, tidak selalu mudah bagi orang tua untuk mengetahui apakah anak mereka memiliki berat badan yang ideal atau tidak. Body mass index atau BMI adalah cara untuk mengetahui apakah bahwa tinggi dan berat badan sudah ideal atau belum. Dalam hal ini, orang tua harus tahu apa itu BMI dan cara menghitungnya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan penghitungan BMI sudah dilakukan sejak anak berusia 2 tahun. Metode penghitungan ini dapat terus dilakukan sampai anak beranjak dewasa.

BMI untuk anak-anak

Penghitungan BMI menjadi sangat penting untuk mengetahui berapa banyak lemak dalam tubuh Anda. Penghitungan ini berdasarkan berat badan dan berat badan.

Biasanya, BMI akan dihitung dengan rumus Berat Badan / (Tinggi badan x tinggi badan). Sebagai informasi, tinggi badan harus dalam meter dan berat badan dalam kilogram.

Sebagai contoh, berat badan anda adalah 65 kilogram (kg) dan tinggi badan Anda adalah 1,70 meter (m). Cara menghitungnya, 65 kg / (1,70 x 1,70). Hasilnya adalah 22,49 dan ini normal.

Orang dikatakan memiliki massa tubuh normal jika penghitungan BMI ada di kisaran 18,5 sampai 24,9. Jika sudah 25 ke atas bisa dikatakan Anda kegemukan dan obesitas. Sebaliknya, jika kurang dari 18,5, Anda terlalu kurus.

Penghitungan BMI untuk anak  berbeda

Bagi anak-anak, hanya mengukur tinggi dan berat badan saja tidak seakurat mereka yang dewasa. Mengapa? Karena persentase lemak tubuh anak-anak berubah ketika mereka tumbuh. BMI mereka bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin mereka.

Itulah sebabnya ketika para profesional perawatan kesehatan berbicara tentang BMI anak, Anda biasanya tidak akan mendengar angka biasa, seperti yang dipaparkan di atas. Akan tetapi, ahli kesehatan akan menyebut dengan persentil.

Mereka menunjukkan bagaimana BMI anak dibandingkan dengan anak-anak lain pada usia dan jenis kelamin yang sama. Untuk menghitung persentil BMI, ahli kesehatan anak mengambil BMI anak (bersama usia dan jenis kelamin) dan mencarinya di pediatrik kurva pertumbuhan. Ini akan menghasilkan persentil BMI anak. Pengelompokan persentil BMI untuk anak adalah sebagai berikut.

  • Kurang: di bawah persentil ke-5
  • Normal: Persentil ke-5 sampai ke-85
  • Kegemukan: persentil ke-85 hingga ke-95
  • Obesitas: 95 persen atau lebih tinggi
1 dari 2 halaman

Seberapa akurat penghitungan BMI untuk anak-Anak?

Para ahli umumnya mempertimbangkan BMI bagi anak-anak untuk menjadi ukuran lemak tubuh yang baik, setidaknya di antara anak-anak yang memiliki berat badan lebih berat. Akan tetapi, dalam beberapa kasus itu mungkin menyesatkan. Sebagai contoh, anak-anak yang aktif di dunia olahraga atletik, mereka akan memiliki berat badan lebih karena berotot.

BMI anak Anda adalah hal yang penting, tetapi itu hanya bagian dari penggambaran umum. Jika persentil BMI menunjukkan bahwa anak Anda tidak dalam kisaran yang sehat, anak Anda berarti perlu mendapat evaluasi gaya hidup dari dokter anak.

Kalau anak Anda sudah berada pada BMI yang ideal, para ahli merekomendasikan orang tua dan anak-anak dari segala usia dan kategori berat dapat mengikuti pedoman sehat ini untuk menjaga BMI pada persentil yang normal. Sangat mudah untuk mengingatnya sebagai 5-2-1-0 setiap hari.

5: Semua orang di keluarga Anda membutuhkan 5 porsi sayuran dan buah-buahan. Tetap layani mereka bahkan jika anak-anak tidak memakannya. Jika melihat makanan yang sama berulang-ulang, mereka kemungkinan besar akhirnya akan mencobanya. Berikan buah atau sayuran pada waktu konsumsi camilan atau makanan.

2: Batasi menonton TV tidak lebih dari 2 jam sehari. Jika lebih dari 2 jam, Anda berpotensi tidak memiliki aktivitas fisik.

1: Dapatkan 1 jam aktivitas fisik. Tujuannya adalah agar Anda berkeringat. Jika belum sanggup 1 jam aktivitas fisik, coba mulai dari 30 menit, kemudian lakukan penambahan secara berkala.

0: Anda disarankan untuk tidak meminum minuman manis. Pilih air putih dan susu rendah lemak sebagai gantinya.

Itu adalah sekilas tentang BMI untuk anak. Orang tua harus memperhatikan asupan makanan dan aktivitas fisik agar pertumbuhan badan dan pertambahan berat badan anak tetap ideal. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar mendapat penghitungan yang akurat.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar