Sukses

6 Cara Usir Stres bagi Pelajar Sekolah

Bermacam pelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah rentan bikin pelajar sekolah stres. Beberapa cara ini berguna untuk usir stres.

Klikdokter.com, Jakarta Stres bisa menyerang siapa saja, mulai dari pekerja kantoran hingga pelajar sekolah. Namun sebenarnya, jika Anda sudah bisa mengelola stres sejak masih duduk di bangku sekolah, kemungkinan Anda akan lebih mampu mengatasi stres ketika dewasa. Sebab, Anda sudah terbiasa dan tahu cara dalam menghadapi tekanan, tanpa harus terpuruk. Oleh sebab itu, penting bagi pelajar untuk mengetahui kiat usir stres seperti yang dilansir dari Verywell Mind berikut ini.

  • Tingkatkan kesadaran spiritual

Penelitian menunjukkan, meningkatkan kesadaran spiritualitas dapat membuat fisik dan mental menjadi lebih sehat. Banyak orang, terutama manula, menggunakan doa sebagai penghilang stres utama dan strategi untuk kesehatan emosional. Anda dapat menggunakan doa untuk meningkatkan sisi kerohanian Anda, meluapkan segala tekanan, dan meditasi. Setelah beribadah, biasanya kondisi pikiran dan tubuh akan jauh lebih tenang dan nyaman.

  • Selalu berpikir positif

Segala hal yang dialami dalam hidup, baik yang menyenangkan atau tidak, sebenarnya bergantung pada sudut pandang Anda. Melihat banyak hal dari berbagai sudut pandang dan tak melulu berpikiran buruk terhadap orang lain, selain dapat menurunkan kadar stres, juga bisa membawa Anda ke jalan yang lebih terbuka dan lancar. Jadi selalu berpikir positif, ya.

  • Anggap masalah sebagai tantangan, bukan ancaman

Jika Anda mempertahankan sikap bahwa stres adalah tantangan—alih-alih ancaman—Anda akan lebih mampu mengatasinya. Sebab, jika Anda mengatur pikiran bahwa masalah adalah tantangan, Anda akan lebih siap untuk memecahkan masalah.

  • Lakukan hobi yang menyenangkan

Menghindari stres sepertinya tidak mungkin. Karena itu, cara yang bisa Anda terapkan adalah mengimbangi segala tekanan di luar rumah dengan hobi menyenangkan yang bisa Anda lakukan usai waktu sekolah. Lagipula, hobi, seperti menggambar, memelihara hewan kesayangan, atau membuat masakan-masakan sederhana dapat menjadi pengalih perhatian yang baik dari stres dan melatih Anda terus produktif sekaligus tetap bahagia.

  • Tidur yang cukup

Jangan membawa masalah Anda hingga waktu tidur. Sebab, tidur sangat penting bagi kesehatan emosi dan fisik. Jika setelah memejamkan mata Anda masih kesulitan untuk tidur, lakukanlah meditasi atau beribadah terlebih dulu untuk lebih menenangkan pikiran sebelum Anda terlelap. Selain itu, kondisikan kamar dan pencahayaan senyaman mungkin. Biasanya setelah tidur, Anda bisa lebih “santai” dalam menanggapi banyak hal.

  • Berolahragalah bersama teman-teman

Tidak ingin langsung pulang setelah usai sekolah karena tidak ingin membawa masalah ke rumah, boleh-boleh saja.  Asal tidak pulang hingga larut malam, boleh kok, mampir dulu ke lapangan basket, futsal, bulu tangkis, kolam renang umum, bersama beberapa teman Anda untuk berolahraga sebelum pulang. Jadi ketika sampai di rumah, meski badan terasa lelah, kadar stres sudah menurun. Setelah itu, tidur malam pasti jadi lebih nyenyak.

Stres bisa dialami oleh siapa saja, termasuk para pelajar sekolah. Keenam cara di atas, bisa dilakukan untuk mengusir stres yang dialami para pelajar. Intinya, biasakan diri untuk mengatasi rasa stres sejak muda dengan cara-cara yang positif. Dengan begitu, ketika dewasa nanti, Anda sudah “tahan banting” menghadapi segala tekanan sekaligus terhindar dari risiko depresi di kemudian hari.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar