Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Sekadar Bumbu, Asam Jawa juga Berkhasiat bagi Kesehatan

Tak Sekadar Bumbu, Asam Jawa juga Berkhasiat bagi Kesehatan

Asam jawa sudah lama dikenal sebagai bahan masakan. Apa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh? Mari ketahui lengkapnya di sini.

Pasti Anda sudah cukup akrab kan dengan asam jawa? Buah ini banyak digunakan dalam berbagai makanan Indonesia dan dikenal juga dengan nama tamarind.  

Saat buahnya masih muda, daging asam jawa berwarna hijau dan sangat asam. Ketika matang dan dibuka kulitnya, dagingnya berubah menjadi ampas berair yang mirip pasta dan ada tambahan rasa manis. Karena itulah rasa asam jawa menjadi unik, yaitu asam dan manis.

Di samping rasanya yang unik, asam jawa ternyata juga punya sejumlah manfaat kesehatan bila dikonsumsi. Apa saja manfaat asam jawa yang bisa didapat?

1 dari 5 halaman

1. Menyehatkan Saluran Cerna

Asam jawa yang diolah menjadi minuman bisa menyehatkan saluran cerna Anda. Karena, asam jawa bisa menetralkan frekuensi buang air besar.

Saat Anda sembelit, minum asam jawa bisa membuat proses BAB menjadi lebih lancar (efek laksatif). Namun, ketika diare, asam jawa bisa menahan proses buang air yang terlalu sering.

2. Melawan Peradangan

Tidak hanya buahnya, daun dari tumbuhan asam jawa merupakan alternatif yang baik untuk melawan proses inflamasi akut ataupun kronis. Anda bisa menambahkan jus asam jawa ke dalam menu harian untuk mendapatkan manfaat tersebut

Artikel lainnya: Selain Enak, Ini 7 Manfaat Sayur Asam untuk Kesehatan

3. Efek Antimikroba

Ekstrak asam jawa mengandung senyawa alami yang memiliki efek antimikroba. Penelitian menunjukkan, tanaman ini mungkin memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri.

Asam jawa juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit seperti malaria. Senyawa yang disebut lupeol dikaitkan dengan efek antibakteri asam. 

2 dari 5 halaman

4. Pelindung dari Penyakit Kronis

Kandungan magnesium, potassium, zat besi, kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, K, dan C yang terkandung di dalam asam jawa mampu mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya. 

Mengonsumsi minuman atau makanan yang menggunakan campuran asam jawa dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes di kemudian hari.

5. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Buah ini sangat kaya flavonoid dan polifenol yang sangat baik untuk mengontrol kadar HDL dan LDL (kolesterol baik dan jahat) serta trigliserida di dalam darah. Tak hanya membantu mengontrol kolesterol, tetapi kandungan tersebut juga berdampak positif pada sistem kardiovaskular Anda.

Selain itu, zat yang terkandung juga telah menunjukkan efek modulasi yang relevan pada sistem kekebalan tubuh. 

Artikel lainnya: 8 Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan

6. Menurunkan Gula Darah

Meski ada sedikit rasa manis, namun rupanya ekstrak asam jawa juga dapat membantu menurunkan gula darah dan mengurangi lemak pada organ hati. 

Hal ini dikarenakan gula yang terkandung di dalam asam jawa berbeda dengan gula pasir atau gula jenis lainnya.

3 dari 5 halaman

7. Proteksi Organ Hati

Salah satu organ yang paling terpengaruh dalam sistem tubuh kita akibat gaya hidup modern adalah hati. Nah, , ekstrak asam jawa berkhasiat untuk detoksifikasi tubuh dan pencernaan. 

Asam jawa menjadi pilihan yang baik untuk merawat organ hati, tak terkecuali bila terjadi intoksikasi liver akibat alkohol atau kelainan hati berlemak non-alkohol.

8. Bermanfaat bagi Kehamilan

Buah yang lezat ini pun telah digunakan oleh beberapa wanita hamil untuk melawan mual dan muntah di pagi hari. Selain mengatasi mual, asam jawa juga bisa membantu meringankan sembelit saat hamil dengan efek pencahar yang dihasilkan.

Namun, konsumsinya tetap perlu dikonsultasikan dulu ke dokter kandungan untuk menghindari kemungkinan risiko.

Artikel lainnya: 9 Manfaat Air Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan

4 dari 5 halaman

9. Mengendalikan Timbulnya Jerawat

Mengonsumsi asam jawa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Pasalnya, sebagian besar masalah kesehatan berhubungan langsung dengan gangguan metabolisme dan peradangan kronis. 

Nah, khasiat buah ini bertindak dalam mengatur dan menghentikan ketidakseimbangan metabolisme. Persoalan metabolisme pun terkadang menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk jerawat.

Dalam hal ini, senyawa lupeol di dalam asam jawa bisa menjadi antibakteri, antivirus, dan antijamur.

10. Efek Anti-Aging

Banyak wanita cenderung rela menghabiskan banyak uang untuk membeli beragam produk kecantikan demi mengatasi tanda-tanda penuaan. Padahal, bahan-bahan alami pun bisa bikin awet muda, tak terkecuali asam jawa!

Faktanya, konsumsi asam jawa merupakan pilihan mudah untuk tetap sehat dan awet muda karena kandungan antioksidan tinggi di dalamnya dapat mencegah penuaan. 

Selain itu, menggunakan krim atau serum berbahan dasar ekstrak asam jawa juga dapat meningkatkan kecantikan dan keremajaan kulit.

Itu dia beberapa manfaat asam jawa yang baik untuk kesehatan. Bila Anda ingin mendapat manfaat terbaik, sebaiknya jadikan buah tersebut sebagai bumbu masakan alami.

Anda pun bisa mengolah asam jawa menjadi minuman yang disajikan hangat ataupun dingin, tanpa menambahkan gula ke dalamnya. Jangan lupa, hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar asupan herbal, pakai Live Chat dari KlikDokter. Anda juga bisa beli suplemen dan obat-obatan lebih praktis di KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar