Diet dan Nutrisi

Tak Sekadar Bumbu, Asam Jawa juga Berkhasiat bagi Kesehatan

dr. Adeline Jaclyn, 11 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Asam jawa sudah lama dikenal sebagai bahan masakan. Apa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh? Mari ketahui lengkapnya di sini.

Tak Sekadar Bumbu, Asam Jawa juga Berkhasiat bagi Kesehatan

Asam jawa atau sering disebut tamarind adalah makanan Indonesia dan dikenal juga dengan nama tamarind.  Saat buahnya masih muda, daging asam jawa berwarna hijau dan sangat asam.

Ketika matang dan dibuka kulitnya, dagingnya berubah menjadi ampas berair yang mirip pasta dan ada tambahan rasa manis. Karena itulah rasa buah dengan nama Latin Tamarindus indica itu menjadi unik, yaitu asam dan manis.

Di samping rasanya yang unik, herbal ini ternyata juga punya sejumlah manfaat kesehatan bila dikonsumsi. 

Apa saja manfaat asam jawa yang bisa didapat? Cek daftarnya di sini.

1. Menyehatkan Saluran Cerna

Khasiat asam jawa yang pertama adalah menyehatkan saluran cerna. Minuman tamarind dikenal bisa menetralkan frekuensi buang air besar.

Saat Anda sembelit, minum asam jawa bisa membuat proses BAB menjadi lebih lancar (efek laksatif). Namun, ketika diare, minum herbal ini bisa menahan proses buang air yang terlalu sering.

2. Melawan Peradangan

Tidak hanya buahnya, daun dari tumbuhan asam jawa merupakan alternatif yang baik untuk melawan proses inflamasi akut ataupun kronis.

Anda bisa menambahkan jus asam jawa ke dalam menu harian untuk mendapatkan manfaat tersebut.

3. Efek Antimikroba

Ekstrak asam jawa mengandung senyawa alami yang memiliki efek antimikroba. Penelitian menunjukkan, tanaman ini mungkin memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri.

Asam jawa juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit seperti malaria. Senyawa yang disebut lupeol dikaitkan dengan efek antibakteri asam. 

4. Pelindung dari Penyakit Kronis

Kandungan magnesium, potassium, zat besi, kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, K, dan C yang terkandung di dalam asam jawa mampu mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya.

Mengonsumsi minuman atau makanan yang menggunakan campuran asam jawa dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes di kemudian hari.

5. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Buah ini sangat kaya flavonoid dan polifenol yang sangat baik untuk mengontrol kadar HDL dan LDL (kolesterol “baik” dan “jahat”) serta trigliserida di dalam darah.

Tak hanya membantu mengontrol kolesterol, kandungan tersebut juga berdampak positif pada sistem kardiovaskular.

Selain itu, zat yang terkandung juga telah menunjukkan efek modulasi yang relevan pada sistem kekebalan tubuh.

Artikel Lainnya: Tak Hanya untuk Ikan Cupang, Ini Manfaat Daun Ketapang bagi Manusia

6. Menurunkan Gula Darah

Meski ada sedikit rasa manis, rupanya ekstrak asam jawa juga dapat membantu menurunkan gula darah dan mengurangi lemak pada organ hati. 

Hal ini karena gula yang terkandung di dalam tamarind berbeda dengan gula pasir atau gula jenis lainnya.

7. Proteksi Organ Hati

Salah satu organ yang paling terpengaruh dalam sistem tubuh kita akibat gaya hidup modern adalah hati. Nah, ekstrak asam jawa berkhasiat untuk detoksifikasi tubuh dan pencernaan. 

Asam jawa menjadi pilihan yang baik untuk merawat organ hati, tak terkecuali bila terjadi intoksikasi liver akibat alkohol atau kelainan hati berlemak non-alkohol.

8. Bermanfaat bagi Kehamilan

Buah yang lezat ini pun telah digunakan oleh beberapa wanita hamil untuk melawan mual dan muntah di pagi hari.

Selain mengatasi mual, manfaat minum air asam jawa juga bisa membantu meringankan sembelit saat hamil dengan efek pencaharnya.

Namun, konsumsinya tetap perlu dikonsultasikan dulu ke dokter kandungan untuk menghindari kemungkinan risiko.

9. Mengendalikan Timbulnya Jerawat

Mengonsumsi asam jawa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Pasalnya, sebagian besar masalah kesehatan berhubungan langsung dengan gangguan metabolisme dan peradangan kronis. 

Nah, khasiat buah ini bertindak dalam mengatur dan menghentikan ketidakseimbangan metabolisme. Persoalan metabolisme pun terkadang menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk jerawat.

Dalam hal ini, senyawa lupeol di dalam asam jawa bisa menjadi antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Artikel Lainnya: Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui 

10. Efek Anti-Aging

Banyak wanita cenderung rela menghabiskan banyak uang untuk membeli beragam produk kecantikan demi mengatasi tanda-tanda penuaan. Padahal, bahan-bahan alami pun bisa bikin awet muda, tak terkecuali asam jawa!

Faktanya, konsumsi tamarind merupakan pilihan mudah untuk tetap sehat dan awet muda karena kandungan antioksidan tinggi di dalamnya dapat mencegah penuaan.

Selain itu, menggunakan krim atau serum berbahan dasar ekstrak asam jawa juga dapat meningkatkan kecantikan dan keremajaan kulit.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Asam jawa kaya akan serat dan tidak memiliki kandungan lemak. Studi menunjukkan konsumsi bahan alami ini setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung flavonoid dan polifenol. 

12. Mencegah Ulkus Lambung

Ulkus lambung adalah luka yang muncul di lapisan lambung atau bis ajuga terdapat pada usus. Senyawa polifenol yang ditemukan pada asam jawa dapat mencegah terjadinya ulkus. 

Itu dia beberapa manfaat asam jawa untuk kesehatan. Anda bisa mulai menambahkan herbal ini dalam bumbu masakan di rumah.

Ingin berkonsultasi seputar masalah kesehatan? Tanyakan kepada dokter melalui aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

Referensi: 

Healthline. Diakses 2021. What Is Tamarind? A Tropical Fruit with Health Benefits.

Healthshots. Diakses 2021. Did you know imli can help you lose weight? Here are a few benefits of tamarind you mustn’t ignore.

 

NutrisiherbalAsam Jawa

Konsultasi Dokter Terkait