Sukses

3 Sayuran Umbi dan Rimpang yang Paling Sehat

Sayuran umbi dan rimpang jenis tertentu bisa mengundang beragam manfaat sehat bagi tubuh Anda, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini, sayuran yang dianggap sehat adalah yang memiliki daun dan warna hijau saja. Padahal, terdapat jenis sayuran lain yang manfaat sehatnya tak kalah saing. Tahukah Anda sayuran apa yang dimaksud? Ya, sayuran jenis umbi dan rimpang!

Apa saja sayuran umbi dan rimpang paling sehat yang dapat Anda jadikan sebagai konsumsi sehari-hari?

1. Bawang

Bawang adalah salah satu jenis umbi yang populer, berfungsi sebagai bahan pokok dalam banyak masakan. Bawang kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan. Kombinasi ketiga zat gizi tersebut membuat bawang bermanfaat untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, juga membantu mencegah terjadinya penyakit.

Tak hanya itu, studi menyebut bahwa makan 3,5 ons (100 gram) bawang mentah dapat secara signifikan mengurangi tingkat gula darah pada penderita diabetes. Pada penelitian lain, bawang diduga memiliki sifat antikanker yang kuat.

2. Ubi jalar

Ubi jalar adalah umbi-umbian yang lezat, bergizi, dan kaya akan manfaat sehat. Ubi jalar kaya akan serat, vitamin C dan vitamin A. Selain itu, ubi jalar juga menjadi sumber dari beberapa antioksidan, termasuk beta-karoten, asam klorogenat, dan anthocyanin.

Vitamin C pada ubi jalar mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C untuk kesehatan mata, dan antioksidan untuk menangkal dampak buruk radikal bebas.

Tak Cuma itu, sebuah tinjauan dari tiga penelitian menunjukkan bahwa makan 4 gram ekstrak ubi jalar putih setiap hari selama 12 minggu mampu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes.

3. Jahe

Jahe adalah jenis rimpang dari China, yang memiliki kaitan erat dengan sayuran akar lain seperti kunyit. Jahe mengandung antioksidan, termasuk senyawa spesifik bernama gingerol yang mampu memberikan manfaat kesehatan secara signifikan.

Sebuah penelitian pada 1.278 wanita hamil mendapatkan hasil bahwa jahe efektif mengurangi mual dan keluhan morning sickness. Jahe juga disebut dapat mengurangi rasa sakit, menekan laju peradangan, meringankan nyeri haid pada wanita, dan mengurangi gejala pada orang dengan osteoartritis.

Dari tiga sayuran jenis umbi dan rimpang di atas, mana yang paling Anda sukai? Pastikan Anda tetap ingat takaran, dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar