Sukses

Lakukan 6 Langkah Ini agar Selalu Bebas dari Jerawat

Agar terbebas dari jerawat, ternyata cuci muka saja tidak cukup. Lakukan berbagai upaya berikut ini untuk mewujudkannya.

Klikdokter.com, Jakarta Bicara soal jerawat, umumnya cara yang terpikirkan untuk mencegah timbulnya jerawat adalah rajin mencuci muka. Sebab dengan melakukannya, minyak serta bakteri yang menempel pada wajah tidak akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Tapi, jika Anda ingin benar-benar terhindar dari jerawat, masih ada beberapa cara sederhana lain yang bisa Anda lakukan. Dan mungkin, Anda tidak menyangka bahwa cara ini bisa menjauhkan Anda dari masalah kulit yang membandel dan meninggalkan bekas tersebut.

Nah, adapun cara-cara yang dilansir dari Best Health Magazine dalam mencegah jerawat adalah sebagai berikut.

  1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Seorang pakar kulit dan kecantikan mengatakan bahwa sering menyentuh wajah dapat menyebabkan jerawat. Tanpa disadari, sering bersandar pada telapak tangan dapat menciptakan gesekan pada kulit, lalu menciptakan peradangan, dan dapat memindahkan kotoran serta minyak yang mungkin terperangkap di pori-pori Anda.

Jadi sebaiknya, hindari menopang pipi dengan tangan Anda, ya. Apalagi bila Anda belum mencuci tangan sebelumnya.

  1. Mengganti sarung bantal secara rutin

Meski Anda sering mencuci wajah, jangan lupa juga untuk mengganti sarung bantal secara teratur. Jangan salah, sarung bantal juga dapat menyebabkan kulit berjerawat. Sebab, pada sarung bantal terdapat kotoran dan minyak yang menumpuk pada permukaan sarung tersebut.

Dan ketika Anda meletakkan wajah ke bantal pada malam hari, kotoran yang tak terlihat itu dapat menyumbat pori-pori, sehingga menimbulkan jerawat.

  1. Rajin membersihkan layar ponsel

Hati-hati, layar ponsel Anda bisa jauh lebih kotor dari apa yang Anda bayangkan. Bahkan, sudah ada penelitian yang menyatakan bahwa ponsel Anda lebih kotor daripada toilet umum.

Meski tidak tampak secara langsung, rupanya pada layar ponsel terdapat berbagai bakteri yang bisa menimbulkan penyakit kulit, salah satunya jerawat. Hal ini dijelaskan oleh Joshua Zeichner, MD, spesialis kulit sekaligus Direktur dari Cosmetic and Clinical Research.

"Jika Anda tidak membersihkan layar ponsel secara teratur dengan alkohol, lalu meletakkan ponsel ke pipi selama beberapa menit karena ada panggilan telepon, pori-pori dapat tersumbat dan jerawat yang meradang pun bisa muncul," katanya.

Lagipula, lama memegang ponsel kemudian menyentuh pipi juga dapat memindahkan bakteri di layar ponsel ke pipi Anda.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Hindari saling bertukar alat rias dan rajinlah mencucinya

Berbagi alat rias atau kosmetik sama saja berbagi bakteri dengan orang lain. Maka, hindari merias di toko kosmetik atau mencoba produk kosmetik baru secara berlebihan, kecuali Anda mengujinya di punggung tangan Anda.

Selain itu, rutinlah membersihkan kuas ataupun puff. Jika sudah terlalu kotor dan jelek, sebaiknya ganti dengan yang baru. Sebab, membeli kuas atau puff baru tentu lebih murah ketimbang Anda melakukan perawatan jerawat karena kemalasan Anda sendiri.

  1. Lindungi kulit dari polusi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asap, bahan kimia, dan racun di udara dapat menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat. Jika Anda hidup di kota industri, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghindari polusi. Namun, menggunakan tabir surya setidaknya bisa menciptakan penghalang antara kulit dan racun.

Selain itu, mengaplikasikan serum antioksidan atau memakai masker wajah juga dapat membantu memerangi radikal bebas yang merusak wajah Anda.

  1. Tidak menggaruk atau memencet jerawat yang telanjur muncul

Ada kalanya pemilik wajah yang mulus juga berjerawat. Penyebabnya bisa jadi karena pengaruh hormon. Jika Anda pun mengalaminya, hindari memencet atau menggaruk jerawat yang telanjur muncul dengan tangan.

Lebih baik tutup jerawat dengan acne patch dan kontrol diri Anda agar tidak memencet jerawat yang sedang matang-matangnya, supaya tidak meninggalkan bekas.

Demikianlah kebiasaan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari jerawat yang membandel. Untuk perlindungan optimal, imbangi juga upaya Anda dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah ketimbang makanan tinggi karbohidrat. Sebab, terlalu banyak gula di dalam tubuh dapat memicu pelepasan hormon insulin secara berlebihan yang membuat produksi kelenjar minyak berlebih dan menyebabkan jerawat. Yuk, sayangi kulit dengan menerapkan kiat-kiat di atas!

[NP/ RVS]

1 Komentar