Sukses

6 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

Salah satu buah yang kaya akan manfaat adalah pisang. Ketahui berbagai khasiatnya bila dikonsumsi setiap hari.

Klikdokter.com, Jakarta Pisang merupakan salah satu buah favorit para atlet karena bisa dengan cepat mengembalikan stamina saat sedang bertanding. Bagi Anda yang bukan atlet sekalipun juga disarankan untuk makan pisang setiap hari, karena ada manfaat luar biasa yang terkandung di dalamnya.

Bisa dibilang, pisang adalah salah satu buah yang paling disukai di dunia. Menurut data Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), ekspor pisang secara global mencapai sekitar 18 juta ton pada 2015. Bahkan, di Amerika Serikat, pisang adalah salah satu buah favorit dengan rata-rata konsumsi 5 kilogram pisang per tahun pada setiap orang.

Khasiat makan buah pisang

Menurut Laura Flores, ahli gizi asal San Diego, Amerika Serikat, berbagai macam manfaat kesehatan dikaitkan dengan buah ini. Pisang kaya akan kalium dan pektin, yang merupakan serat baik bagi tubuh. Selain itu, pisang juga bisa menjadi sumber magnesium, vitamin C dan vitamin B6.

"Pisang biasa juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi terhadap diabetes tipe-2, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan membantu produksi sel darah putih. Hal ini karena tingginya tingkat vitamin B6 yang terkandung di dalam pisang," kata Flores seperti dikutip dari Livescience.com.

Selain itu, menurutnya pisang yang mengandung antioksidan cukup tinggi dapat memberikan perlindungan dari radikal bebas yang menyerang setiap hari. Dalam kondisi mentah atau terlalu matang sekalipun, pisang memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Sebuah meta-analisis pada 2017 yang diterbitkan oleh Ilmu Kedokteran Prilozi mengungkapkan bahwa pisang hijau mentah dapat mengendalikan masalah pencernaan seperti diare, bisul, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Di sisi lain, penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat nutrisi dalam pisang akan meningkat saat matang. Sebuah studi pada 2009 yang diterbitkan oleh Food Science and Technology Research bahkan menyebutkan pisang dengan bintik-bintik gelap 8 kali lebih efektif dalam meningkatkan kekuatan sel-sel darah putih daripada pisang berkulit hijau.

Sel darah putih inilah yang berfungsi melawan infeksi dari bakteri, jamur, virus dan patogen lainnya. Bila dimakan setiap hari, tentu Anda akan mendapatkan beragam manfaat yang luar biasa.

1 dari 3 halaman

Makan pisang setiap hari

Selain manfaat yang disebutkan sebelumnya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan diperoleh jika Anda makan pisang setiap hari:

1. Jantung yang sehat

Makan pisang bagus untuk menunjang kesehatan jantung Anda. Hal ini karena di dalam pisang terkandung potasium, yaitu elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh dan diperlukan dalam menjaga detak jantung Anda. Kandungan potasium dan sodium yang tinggi dari pisang juga dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular Anda terhadap tekanan darah tinggi.

2. Terhindar dari stres dan depresi

Pisang dapat membantu mengatasi depresi. "Kadar tryptophan yang tinggi akan diubah tubuh menjadi serotonin, sehingga neurotransmiter otak meningkatkan suasana hati menjadi lebih relaks," ucap Flores.

Ditambah, vitamin B6 di dalamnya dapat membantu Anda tidur nyenyak dan kandungan magnesium akan membantu mengendurkan otot. Sehingga, Anda pun akan terhindar dari stres dan depresi.

3. Pencernaan sehat dan penurunan berat badan

Pisang kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan buang air besar (BAB). Menurut Flores, satu pisang dapat menyediakan hampir 10 persen kebutuhan serat harian Anda. Vitamin B6 di dalam pisang juga dapat membantu penurunan berat badan.

Secara umum, pisang adalah makanan penurun berat badan yang baik, karena rasanya manis dan mengenyangkan. Sehingga, pisang dapat membantu Anda mengekang rasa lapar. Para peneliti bahkan menemukan bahwa pati resisten dalam pisang dapat mendukung kesehatan usus dan mengontrol gula darah.

4. Tulang kuat

Menurut sebuah artikel tahun 2009 di Journal of Physiology and Biochemistry, pisang mengandung banyak fructooligosaccharides yang merupakan karbohidrat non digestif penggerak priobiotik. Zat ini ramah terhadap pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Dengan makan pisang tiap hari, tulang pun menjadi lebih kuat.

5. Terhindar dari penyakit kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi pisang secara konsisten dapat melindungi Anda dari kanker ginjal. Sebuah studi di Swedia pada 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal hingga 40 persen, dan pisang menjadi buah yang bekerja sangat efektif.

Dari penelitian yang sama juga dikatakan bahwa wanita yang mengonsumsi 4 hingga 6 buah pisang dalam sepekan bisa mengurangi separuh risiko terkena kanker ginjal. Hal ini dapat terjadi karena tingginya kadar senyawa fenolik antioksidan dalam buah berwarna kuning ini.

6. Mencegah terkena diabetes

Menurut meta-analisis yang diterbitkan di Sleep Medicine Reviews, kurang tidur dapat berkontribusi pada diabetes gestasional. Di sisi lain, pisang dapat membantu mencegah risiko terkena gangguan kesehatan tersebut. Kandungan magnesium dan tryptophan pada pisang dapat membantu Anda memastikan istirahat malam yang baik, sehingga terhindar dari risiko tersebut.

2 dari 3 halaman

Hati-hati overdosis pisang

Berbagai manfaat pisang telah dijabarkan di atas, terutama bila dikonsumsi setiap hari. Meski demikian, bukan berarti Anda boleh makan pisang sebanyak-banyaknya. Sebab, makan pisang secara berlebihan ternyata dapat memicu sakit kepala dan rasa kantuk.

Flores mengatakan bahwa sakit kepala setelah makan pisang terlalu banyak bisa disebabkan oleh asam amino pada pisang yang bekerja melebarkan pembuluh darah. Apalagi bila yang dimakan adalah pisang yang terlalu matang, yang mengandung lebih banyak asam amino daripada pisang lainnya.

Perihal pisang menyebabkan rasa kantuk, Flores pun menjelaskan, "Pisang juga dapat berkontribusi menimbulkan rasa kantuk ketika dimakan berlebihan karena tingginya jumlah tryptophan yang ditemukan di dalamnya." Sementara itu, United States Department of Agriculture (USDA) merekomendasikan takaran makan pisang yang aman adalah sekitar 2 buah pisang per hari.

Terakhir, zat kalium yang terdapat dalam pisang juga sebaiknya Anda waspadai. The University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa konsumsi berlebihan kalium ternyata dapat menyebabkan hiperkalemia, yang ditandai oleh kelemahan otot, kelumpuhan sementara dan detak jantung yang tidak teratur.

Nah, kini Anda telah mengetahui beragam manfaat makan pisang setiap hari. Namun perlu diingat, konsumsilah buah pisang sesuai takaran yang telah dianjurkan, jangan lebih dari itu. Sebab, makan buah pisang terlalu banyak dalam sehari justru dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar