Sukses

3 Cara Ampuh Mengatasi Stres

Mengatasi stres nyatanya tidak sulit. Lakukan kiat-kiat di bawah ini, dan jangan biarkan stres menghadang aktivitas sehari-hari Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Ada kalanya stres datang dan membuat rutinitas sehari-hari Anda berantakan. Stres pun dapat timbul dari berbagai macam faktor, seperti tugas yang menumpuk, omelan dari orang terdekat, hingga kemacetan yang bikin pusing kepala. Untuk mengatasi stres, Anda perlu sejumlah langkah jitu.

Berdasarkan penjelasan dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter, stres dikaitkan dengan penurunan kadar hormon serotonin di dalam tubuh. Serotonin adalah salah satu zat kimia yang berperan dalam pengaturan mood atau suasana hati. Nyatanya, dampak stres bisa sesignifikan itu.

Menurut dr. Nitish, ketika Anda mengalami stres tahap kronis, terjadi perubahan pada sistem otak, terutama area bernama hipotalamus. Area ini berhubungan dengan sistem hormonal otak serta saraf otonom.

Ketika sering menghadapi stres dan sukar mengendalikan kondisi tersebut, Anda berisiko mengalami stres kronis yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Karena setelah respons stres diaktifkan dalam jangka panjang dan tubuh tidak mampu kembali pada keadaan relaksasi, pikiran Anda pun menjadi terbebani.

Studi telah menunjukkan bahwa stres dapat menjadi penyebab atau faktor yang berkontribusi terhadap sebagian besar penyakit serius, karena dapat menurunkan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, ketahui cara-cara untuk mengatasinya.

Lakukan ini saat stres menyerang

Ketika Anda mengalami kondisi stres, Anda menjadi lebih rentan mengalami perubahan mood dan kehilanngan semangat. Hal ini bisa mengakibatkan terganggunya semua aktivitas harian Anda. Oleh karenanya, jangan sampai stres mengendalikan diri Anda.

Dilansir dari Verywellmind.com, lakukan sederet cara ini untuk mengatasi stres.

  • Pergi ke tempat yang tenang

Mencari tempat yang tenang adalah langkah pertahanan yang sangat baik terhadap efek stres kronis. Cara ini cukup efektif membantu Anda dalam menghadapi stres yang sedang dirasakan dan menjaga pikiran Anda tetap sehat.

Strategi umum lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres dengan cepat adalah dengan melakukan latihan pernapasan atau mencari hal-hal yang dapat membuat Anda tertawa.

  • Cari tahu penyebab stres

Langkah ini sedikit lebih individual dan perlu ditelusuri secara mendalam lewat diri sendiri. Sebagaimana dibahas sebelumnya, orang yang stres tidak selalu berada dalam posisi terbaik untuk memecahkan masalah.

Namun setelah menemukan tempat yang lebih tenang, biasanya Anda dapat mulai memikirkan apa yang menyebabkan Anda menjadi stres dan perlahan memikirkan solusinya.

Bila stres yang Anda alami berhubungan dengan relationship, cobalah belajar beberapa strategi komunikasi yang sehat atau keterampilan komunikasi yang tegas. Untuk mengatasi stres karena pekerjaan, Anda dapat mencari segala hal yang menarik dalam pekerjaan Anda saat ini, atau ambil langkah menuju pindah ke pekerjaan baru.

Terakhir adalah penyebab stres yang paling sering, yakni uang. Solusinya, cari sosok yang mampu membantu mengatur perkara finansial Anda.

  • Cari kegiatan rutin yang sesuai hobi Anda

Bagian penting lainnya dari manajemen stres adalah memiliki beberapa kegiatan rutin yang bisa membantu Anda menghadapi penyebab stres. Daripada terus-menerus memikirkan sesuatu yang membebani pikiran, temukan kegiatan yang mampu menghilangkan kondisi tersebut. Sehingga stres yang muncul dapat berkurang karena adanya kegiatan rutin tersebut.

Beberapa kebiasaan rutin ini termasuk meditasi, olahraga, konsumsi makanan sehat hingga melakukan hobi positif. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikolog, sehubungan dengan kondisi stres yang Anda alami.

Setiap orang pada dasarnya bisa mengalami stres. Tak perlu cemas, stres dapat dilawan dengan cara-cara yang tepat. Terapkan berbagai cara ampuh untuk mengatasi stres di atas. Jika Anda merasa perlu, berbagilah dengan teman yang Anda percaya atau berkonsultasi dengan psikolog mengenai kondisi yang Anda alami. Stres yang terkelola dengan benar dapat meningkatkan produktivitas Anda. Dengan demikian, hidup Anda akan terasa lebih menyenangkan dan produktif.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar