Sukses

Manfaat Olahraga Bersama bagi Pasien Penderita Penyakit Serius

Olahraga yang dilakukan secara bersama-sama mampu memotivasi untuk hidup lebih baik. Hal ini pun berlaku bagi pasien dengan penyakit serius.

Klikdokter.com, Jakarta Pasien yang menderita penyakit serius biasanya dianjurkan untuk melakukan olahraga yang sesuai dengan kondisinya. Bila latihan fisik dilakukan secara bersama-sama dengan pasien lainnya, ada manfaat luar biasa yang dapat diperoleh. Salah satunya adalah perasaan mendapat dukungan dari orang-orang di sekitarnya.

Manfaat kesehatan dari olahraga yang dilakukan secara berkelompok sudah lama diungkap oleh beberapa ahli kesehatan. Beberapa organisasi keolahragaan dan medis di seluruh dunia telah mengamini bahwa kegiatan tersebut memberikan keuntungan nyata bagi orang-orang yang menghadapi penyakit serius seperti kanker dan Parkinson.

Manfaat olahraga bagi pasien penderita penyakit serius

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga bersama sangat bermanfaat bagi orang-orang yang terkena penyakit seperti kanker dan Parkinson. Para ahli percaya kelas-kelas latihan di pusat kebugaran medis - dimana banyak orang yang memiliki masalah kesehatan yang sama - cocok dilakukan oleh orang-orang dengan penyakit tersebut.

Kelas-kelas olahraga bersama tersebut seperti sebuah dukungan bagi pasien. Apalagi, manfaat dari olahraga secara beramai-ramai tersebut akan bekerja secara efektif jika ada orang yang mengalami penyakit yang sama. Hal ini dijelaskan oleh Jennifer Ligibel, seorang dokter di pusat kanker Harvard.

“Olahraga bersama membuat orang bergerak. Mereka juga akan memberikan banyak dukungan psikososial dan mendapatkan cerita pengalaman dari orang lain yang telah melalui jenis perawatan yang sama atau jenis trauma psikologis yang sama,” ujarnya.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2015 dan dipimpin oleh Ligibel, mereka meneliti selama 12 minggu aktivitas olahraga bersama yang dilakukan oleh kelompok pasien penyakit kanker di 700 komunitas nasional.

Alhasil, dia menemukan bahwa selain meningkatkan secara fisik, olahraga bersama yang dilakukan para peserta juga meningkatkan kualitas hidup, baik dari segi fungsi fisik, sosial, maupun emosional.

"Benar-benar ada aspek sosial, dan saya pikir ini sangat penting bagi orang-orang yang hidup dengan penyakit kronis," kata Ligibel.

Biasanya, manfaat dari aktivitas ini akan sangat terlihat ketika Anda berolahraga di pusat kebugaran medis, dimana seluruh pesertanya memiliki penyakit yang sama dengan Anda. Pusat kebugaran medis berbeda dengan fasilitas kebugaran komersial karena ada dokter yang fokus melakukan perawatan untuk pencegahan, menawarkan kelas khusus, dan juga mensosialisasikan tentang penyakit tersebut.

Sebagai contoh, di Inggris ada kelas khusus yang dirancang khusus untuk membantu orang dengan penyakit Parkinson. Tujuannya untuk meningkatkan refleks dan memori neuromuskuler, serta memperlambat perkembangan gejala. Kelas-kelas serupa menawarkan dukungan luar biasa bagi para penderita.

"Anda harus memiliki kelompok pendukung yang memahami pengorbanan dan komitmen yang Anda buat sendiri. Siapa yang lebih baik melakukannya? Ya, tentu orang lain yang mengalami hal serupa dengan Anda,” ujar Bob Boone, Presiden dan CEO dari Medical Fitness Association.

1 dari 2 halaman

Tidak ada salahnya olahraga di pusat kebugaran

Salah satu cara untuk mencoba manfaat dari olahraga bersama adalah dengan berolahraga di gym atau pusat kebugaran. Meski memang kondisi kesehatan orang yang datang ke gym bisa berbeda-beda, setidaknya Anda lebih bersemangat ketika ada yang menemani berolahraga.

Meskipun aktivitas ini lebih cocok bagi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan yang serius, tak ada salahnya mencoba berolahraga di pusat kebugaran. Selain itu aan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika Anda menemukan kondisi gym yang nyaman dan penerimaan orang-orang di sekitar sangat baik, Anda yang menderita penyakit serius sekalipun bisa tetap semangat berolahraga.

"Orang biasanya merasa malu dengan bentuk tubuh mereka, takut dihakimi, atau meragukan kemampuan mereka, sehingga enggan masuk ke pusat kebugaran. Tetapi begitu mereka masuk dan menyadari pusat kebugaran tersebut adalah komunitas yang ramah, mereka akan semangat untuk datang lagi lebih intens. Hal ini bisa menjadi motivasi utama bagi orang-orang untuk berolahraga," kata Keith Kaufman, seorang psikolog olahraga di Washington, Amerika Serikat.

Orang yang memiliki penyakit serius atau penyakit kronis memang terkadang terlihat lemah atau mudah lelah. Tapi, bukan berarti orang tersebut tidak perlu berolahraga. Jika Anda memiliki penyakit serius atau mungkin memiliki kerabat yang mengalaminya, ajaklah ia melakukan olahraga bersama di pusat kebugaran. Anda bisa mengajaknya berlatih di pusat kebugaran medis, atau pusat kebugaran komersial. Tapi pastikan latihan yang dijalankan menggunakan program yang sesuai dengan petunjuk dokter.

Bagi para penderita penyakit serius, dukungan adalah hal yang paling penting. Dengan berolahraga bersama, orang-orang tersebut akan merasa semakin bersemangat karena mendapat dukungan untuk menjalani hari-harinya demi mencapai kesembuhannya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar