Sukses

Menu Makan Siang yang Harus Anda Hindari

Banyak cara agar tubuh sehat. Salah satunya bisa dengan memperhatikan menu makan siang Anda. Hindari beberapa makanan ini!

Klikdokter.com, Jakarta Supaya tubuh tetap sehat dan bugar hingga lanjut usia, Anda tentunya harus menjalani pola hidup sehat. Selain rutin berolahraga, tidur cukup, tidak merokok, dan menjauhi stres, pemilihan menu makanan juga sama pentingnya. Mulai hari ini, cobalah untuk menaruh perhatian lebih terhadap menu makan siang Anda dengan menghindari makanan dan minuman ini.

Makan siang bukan hanya sekadar mengisi perut hingga kenyang. Tak hanya kuantitas, kualitas makan juga harus diperhatikan. Demi pola makan yang lebih baik, sebaiknya coret makanan dan minuman ini dari menu makan siang Anda.

  1. Minuman manis

Minuman manis seperti es teh, es buah, atau es soda susu memang menyegarkan dan dapat menghapus dahaga pada siang hari yang terik. Namun minuman manis atau minuman kemasan lainnya mengandung gula tambahan yang jumlahnya banyak. Sebagai contoh, satu kaleng softdrink rata-rata mengandung 35-39 gram gula. Jumlah tersebut setara dengan tujuh sendok teh gula!

Buah memang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun, bila sudah diolah baik menjadi jus buah segar atau jus buah dalam kemasan, rata-rata sudah diberikan gula tambahan yang takarannya tak sedikit.

Gula adalah karbohidrat yang dapat menyumbang banyak kalori ke dalam tubuh Anda. Kalori berlebih yang tidak terpakai akan diubah menjadi lemak yang ditumpuk di dalam tubuh. Program diet gagal, berat badan pun naik.

Selain bisa membuat gemuk, kebiasaan konsumsi gula yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Anda bisa terancam penyakit perlemakan hati dan resistensi insulin, yang bisa berujung pada terjadinya diabetes mellitus.

Diabetes merupakan penyakit yang dapat menyerang berbagai organ tubuh dan menyebabkan komplikasi berat seperti stroke, kebutaan, penyakit jantung, gagal ginjal, kaki diabetes yang jika sudah parah harus diamputasi, kerusakan saraf, dan lainnya.

Daripada minum minuman manis, lebih baik konsumsi air putih atau es teh tawar agar tubuh terhindar dari penyakit-penyakit yang disebutkan di atas.

  1. Piza

Piza adalah salah satu makanan favorit di seluruh penjuru dunia - apalagi dengan topping berisi daging, keju, sosis, dan lain-lain. Meski praktis dan lezat, tapi Anda disarankan tidak terlalu sering mengonsumsi piza yang dijual di restoran cepat saji. Ini karena bahan-bahan yang digunakan biasanya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Tak percaya?

Adonan rotinya dibuat dari tepung gandum yang sudah diproses, begitu pula dengan daging untuk topping yang digunakan—juga diproses, tinggi garam, dan juga tinggi pengawet. Belum lagi kandungan kalorinya yang bisa merusak program diet Anda.

Jika piza adalah salah satu makan favorit Anda, cobalah buat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat. Ajaklah si Kecil untuk berkreasi bersama Anda di dapur. Atau Anda juga bisa pergi ke restoran yang membuat piza secara homemade dan menggunakan bahan-bahan segar yang sehat.

  1. Kue

Ingin menyantap makanan penutup setelah makan siang? Hindari kue. Aneka kue rata-rata sangat manis dan mengandung lemak tinggi, karena terbuat dari bahan-bahan yang kurang baik seperti gula, tepung terigu yang diproses, dan lemak jahat. Daripada makan kue, lebih baik bekali diri dengan menyiapkan buah-buahan segar sebagai dessert.

  1. Kentang goreng

Siapa yang tak suka kentang goreng? Apalagi yang ditambahkan keju lumer atau bubuk penyedap - asin, gurih, bikin nambah terus!

Ketahuilah, kentang goreng sama sekali bukan pilihan menu makan siang yang sehat. Selain tinggi kalori, kentang goreng juga mengandung tinggi lemak dan garam. Itu semua dapat menjadi faktor risiko terjadinya kegemukan, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Sesibuk apa pun Anda, jangan sampai melewatkan makan siang. Meski demikian, utamakan kualitas menu makan siang Anda ketimbang kuantitasnya. Hindarilah makanan dan minuman di atas di dalam menu makan siang Anda. Dengan menerapkan pola makan yang baik, stamina Anda setelah makan siang bisa tetap terjaga, dan tubuh pun akan senantiasa sehat hingga tua!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar